5 Nama Peralatan Dapur Penting yang Biasanya Kamu Lupa

Buat kau yang kini semakin sering di dapur, pasti telah kenal alat-alat selain pisau dapur yang penamaannya telah diketahui siapa pun. Semakin sering masak, semakin bermacam-macam nama peralatan dapur yang jadi incaran selanjutnya. Jangan heran jikalau banyak yang memakai ungkapan Bahasa Inggris pada penamaannya. Itulah sebabnya perlu bagi kita untuk mengetahuinya nama dan fungsinya.


Nama peralatan dapur unik


Tidak cuma untuk kuliner gurih, banyak juga nama peralatan dapur yang lebih khusus peruntukkannya untuk membuat kue atau masakan manis. Pada daftar berikut, tim MAHI sertakan berbagai alat yang umumnya kita lupa dalam penyebutannya tapi penting untuk dimiliki.


1. Colander


Biasanya untuk fungsi yang satu ini orang Republic of Indonesia memakai keranjang plastik. Tapi colander profesional berbentuk layaknya saringan, hanya dalam ukuran lebih besar. Fungsinya bermacam-macam, dari untuk mencuci sayuran hingga mengeringkan pasta yang baru direbus. Selain disebut colander, nama peralatan dapur ini disebut juga cullander sampai pasta strainer. Ya, pasta yang gres direbus bisa ditiriskan di sini juga, lho.


two. Masher


Sepanci kentang ditumbuk dengan menggunakan masher.
Masher, satu alat yang memudahkanmu menciptakan kentang tumbuk untuk hidangan brunch tamat pekan. (Foto: Shutterstock)

Semakin banyak orang Republic of Indonesia yang mengenal masakan mashed murphy alias kentang tumbuk yang sering bersanding dengan steak. Bahkan banyak juga yang membuat hidangan serupa mengunakan karbohidrat yang bersenyawakan kearifan setempat mirip ubi misalnya. Nah, ketimbang letih menumbuk menggunakan garpu, maka gunakanlah Irish potato masher untuk proses lebih mudahnya.


three. Sieve


Disebut juga sebagai sift, alat ini dipergunakan supaya ukuran partikel yang disaring menjadi seragam ukurannya. Lazimnya sieve dipakai untuk menyaring tepung terigu dalam proses menciptakan kue. Tidak heran jika prosesnya dalam Bahasa Inggris disebut selaku  sifting. Versi tradisional menggunakan materi kayu sebagai saringannya, tetapi kini sieve ditemukan juga dalam bentuk logam.


4. Ladle


Meskipun namanya spesifik, sejatinya ladle hanya digunakan untuk menyendok sup atau semur dari dalam panci. Kini ladle hadir dalam berbagai bahan dan ukuran berlawanan. Dari bambu, kayu, melamin, plastik, sampai pastinya logam. Sesuaikan saja dengan budget kita, ukuran panci, dan kebutuhan sehari-hari di rumah.


5. Whisk


Seorang chef tengah menggunakan whisk untuk mengocok telur dalam mangkuk.
Whisk, alat dapur penting yang bisa dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan sekaligus. (Foto: Shutterstock)

Satu alat wajib punya di dapur, terlebih bagi yang ingin mendalami ilmu menciptakan dessert ataupun minuman. Alat kocok yang satu ini bahkan hadir dalam bentuk yang berbeda-beda, diubahsuaikan dengan kebutuhan kita di dapur. Dari sekadar mengocok gabungan tepung sampai putih telur untuk membuat meringue, whisk yakni jawabannya.


Berikut adalah tiga jenis yang terpopuler di antara sekian banyak:



  1. Flat whisk untuk proses masak langsung di wajan

  2. Gravy whisk untuk membuat saus ataupun mengocok gabungan

  3. Baloon whisk untuk kebutuhan mengaduk kebanyakan


Nah, alat-alat apa lagi yang biasanya kita pakai tetapi lupa penamaannya? Atau kini sudah waktunya untuk berinvestasi membelanjakan yang gres? Pastikan untuk berinvestasi alat dapur mod dan penting untuk membantu proses masakmu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel