5 Jenis Saus Steak Terkenal yang Perlu Kamu Coba

Bicara soal saus steak, niscaya kalian semua punya preferensi masing-masing. Sejarah makan-makan steak di Indonesia sejatinya tidak mampu lepas dari tiga saus terkemuka – barbecue, mushroom, dan black pepper. Untuk yang baru-gres mengenal steak, saus BBQ adalah pilihan kondusif alasannya rasa asam anggun gurih yang menyenangkan. Bagi yang lebih berani dengan rasa menantang, saus dark pepper ialah pilihan selanjutnya.


Selain yang tiga, ada juga bermacam-macam opsi saus steak lainnya yang kondang di aneka macam penjuru dunia. Kita coba bahas beberapa di antaranya, yuk!


i. Saus BĂ©arnaise


Kalau kita mengenal banyak saus dalam kuliner Prancis, maka saus BĂ©arnaise adalah salah satu yang terkenal. Saus ini begitu tenar karena klasik dipakai pada menu steak semenjak kala kemudian. Secara mendasar, saus ini mampu digambarkan dari beberapa materi seperti mentega, putih telur, cuka, dan beberapa jenis herba. Satu bahan yang wajib hadir juga pada saus ini yaitu bawang merah. Inilah yang membedakannya dengan saus Hollandaise.


2. Saus Steak Diane


Sesuai penamaannya, saus ini dipakai untuk carte klasik yang dinamakan Steak Diane. Hidangan yang satu ini adalah pelopornya sajian steak daging gaya kedai makanan di Amerika Serikat semenjak permulaan abad xx. Sausnya terbuat dari paduan mentega, bawang merah, jamur, krim, mustard, kaldu, dan bahan lainnya.


three. Saus Ponzu


Sepiring saikoro steak dan sayuran.
Saikoro steak kian populer di Republic of Indonesia dan sering dipadukan dengan saus ponzu. (Foto: Shutterstock)

Cita rasa asam dihadirkan kultur Asia Timur untuk menu daging bakar. Adalah card Saikoro Steak asal Jepang yang populer menggunakan saus Ponzu. Jeruk yuzu dan beberapa varian yang lain mirip lemon, sudachi, kabosu, ataupun daidai mampu menjadi bahan dasarnya. Kemudian ada mirin, kecap asin, katsuobushi serta konbu sebagai bahan tambahannya. Segar!


iv. Saus Chimichurri


Banyak yang tidak mengira kalau steak juga terkenal di Argentine Republic dan punya sejarah panjang di sana. Menariknya, saus Chimichurri justru berasal dari para imigran Basque asal Semenanjung Iberia. Berbeda dengan saus pada umumnya, Chimichurri banyak menggunakan herba yang dipadukan dengan minyak. Bahan-bahannya berisikan bawang putih, peterseli, oregano, minyak zaitun, hingga ada juga yang menyertakan tomat dan paprika merah.


five. Saus Demi-Glace


Hotplate berisikan steak dan kentang goreng serta sayuran.
Salisbury steak ataupun Hamburg steak terkenal alasannya adalah pengunaan saus demi-glace. (Foto: Shutterstock)

Salah satu saus klasik yang hingga sekarang digunakan dalam banyak sekali kuliner adalah demi-glace. Terkadang saus ini lebih akrab dikenal sebagai brown sauce yang bahwasanya masih memiliki banyak turunan lainnya. Bisa dibilang masakan Jepang justru yang kini meneruskan popularitas saus jadul ini. Selain pada steak, saus ini juga mampu digunakan pada takoyaki sampai omurice.


Selain yang lima ini, dunia masih menyimpan banyak saus steak yang lain. Sebagai pencinta masakan yummy ini, tugasmu selanjutnya yakni mempelajari cara memasak steak, cara makan steak, dan juga bereksplorasi dengan sausnya. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel