5 Bumbu Rempah yang Wajib Hadir di Masakan Aceh

Kehadiran bumbu rempah di dapur Aceh sangatlah penting mirip halnya bawang merah dan bawang putih pada masakan Nusantara. Kuliner Aceh takkan lengkap tanpa kehadiran bumbu rempah seperti ketumbar, cengkih, kapulaga, dan yang lain. Begitu juga dengan aneka rempah daun, rimpang, atau batang – contohnya daun kari, daun jeruk, serai, lengkuas dan masih banyak lagi.


Macam-macam bumbu rempah wajib


Peran bumbu rempah dalam kulinernya salah satunya disebabkan berkat imbas jalur perdagangan Arab dan Bharat di kurun lampau. Ini yaitu beberapa bumbu dan rempah yang wajib ada di dapur Aceh:


one. Daun kari


Mangkuk kayu berisi sejumput daun kari.
Daun kari, paling unik tersaji ketika dipresentasikan pada kuliner ayam tangkap khas Aceh. (Foto: Shutterstock)

Daun rempah aromatik ini salah satu jenis rempah daun yang khas di dapur Serambi Mekah. Daun kari atau daun temurui berperan penting pada kuliner kari, ayam tangkap, dan gulai. Kita biasanya akan memperoleh daun kari di rumah tetangga yang memiliki darah Aceh atau di pasar tradisional. Cita rasa masakan Aceh takkan unik tanpa kedatangan daun yang juga disebut daun salam koja ini.


two. Cengkeh


Kuah kari yang lezat dan aromatik dihasilkan dari beberapa rempah kering. Salah satunya yang wajib hadir adalah cengkeh. Perpaduan cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa bumbu lainnya memegang peranan penting dalam masakan dengan saus kari.


iii. Asam sunti


Terbuat dari belimbing yang dikeringkan, asam sunti diumpamakan sebagai asam jawa di kuliner Jawa ataupun asam kandis pada masakan Minang. Kehadirannya menawarkan cita rasa unik yang menjadikan masakan kian sahih.


four. Pekak


Atau yang disebut juga bunga lawang sering dipakai untuk kuliner gulai dan kari mirip halnya kayu anggun. Bahan ini juga sering dipakai pada khazanah masakan Timur Tengah maupun Asia Selatan yang memberikan kontribusi besar pada masakan Aceh.


v. Kayu Manis


Presentasi macam-macam rempah yang berwarna-warni.
Koleksi rempah dan bumbu Asia Selatan banyak dipakai di banyak sekali kuliner Aceh. (Foto: Shutterstock)

Aceh sebagai salah satu pelabuhan jualan internasional menjadikannya sebagai persinggahan segala macam rempah yang ada di Indonesia. Dimulai dari cengkeh, kapulaga, merica, pala, dan termasuk kayu anggun yang juga dihasilkan di Aceh. Tidak cuma diaplikasikan pada kuliner, kayu anggun juga mampu menjadi satu bagian unik pada minuman negeri ini yang terkenal . Apalagi bila bukan teh tarik.


half-dozen. Jintan


Aroma yang khas dari jintan menyumbangkan sensasi aromatik, pedas, dan cantik. Jintan lazimditambahkan dalam gulai dan kari berbahan ikan atau daging. Tidak senantiasa diaplikasikan pada kuliner, jintan juga dipercaya memiliki bermacam-macam manfaat untuk kesehatan.


seven. Kapulaga


Tidak seperti kapulaga hijau yang dipakai di dapur India dan People's Republic of China, dapur Nusantara pada umumnya menggunakan kapulaga putih yang bentuknya bulat. Dari strukturnya berlainan dengan kapulaga hijau yang bentuknya lonjong dan pipih. Di dapur Aceh dan Jawa, kapulaga juga digunakan untuk menciptakan minuman hangat.


eight. Adas


Meski rupanya mirip dengan jintan, adas mempunyai aroma dan rasa yang berlainan dengan jintan. Kehadiran adas selaku salah satu rempah takkan mampu digantikan atau disubstitusi.


Setelah mengetahui bumbu rempah yang bersahabat di masakan Aceh, kita takkan ragu lagi untuk memasak ayam tangkap, gulai tongkol, atau kari belibis, kari kambing, dan kari ayam. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan masakan negeri di penghujung utara Pulau Sumatra ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel