Cara Memasak Bakwan Jagung Agar Tidak Mudah Benyek

Di antara banyak card pendamping, bakwan jagung masuk ke dalam daftar favorit. Gorengan berbahan dasar jagung ini memang punya rasa yang gurih. Cocok disandingkan dengan ragam kuliner, seperti ayam goreng atau tumis sayuran. Agar teksturnya tepat, ada beberapa cara mengolah makanan bakwan yang mampu kita kerjakan.


Meski terkesan sederhana, membuat bakwan jagung memang cukup menantang. Jika salah langkah, bakwan jagung akan gampang benyek, berminyak, atau bantet. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara mengolah masakan bakwan yang bisa kamu ikuti. Berikut ulasannya.


i. Cara memasak bakwan dengan mencampurkan terigu


Terigu yang dipakai untuk menciptakan bakwan memegang peranan penting. Campurkan tepung terigu protein sedang bersama tepung beras dengan perbandingannya kurang lebih four:one. Kaprikornus jikalau tepung terigunya 200 gram, gunakan 50 gram tepung beras.


Tepung terigu protein sedang akan meminimalkan kemungkinan bantet alasannya adalah mengandung lebih rendah gluten. Sedangkan tepung beras akan menjaga kerenyahan bakwan lebih usang dibanding tepung terigu.


two. Menggunakan putih telur


Telur memang menambah cita rasa gurih pada bakwan jagung. Namun, menyertakan telur akan membuat teksturnya gampang lembek. Jika ingin merekatkan adonan dengan telur, pilih putih telurnya saja.


Kuning telur mengandung lemak dan kolesterol lebih tinggi dibandingkan bab putihnya. Hal inilah yang menimbulkan bakwan cenderung lebih cepat benyek.


Beberapa bakwan jagung di atas piring kayu dengan sambal.
Bakwan jagung yang renyah bisa dijadikan makanan ringan atau sajian pendamping makan siang. (Foto: Shutterstock)

3. Tidak menyertakan air


Kamu juga boleh kok menghindari penambahan air pada adonan. Jangan takut, jagung memang akan mengeluarkan air secara alami. Jumlahnya cukup untuk menciptakan adonan tercampur rata.


Jika ingin menyertakan air, gunakan air es saja. Air masbodoh akan menghasilkan adonan yang lebih kering dikala digoreng. Penggunaan air es tidak cuma didedikasikan untuk bakwan jagung saja, tapi juga bakwan sayur hingga tempura.


four. Menggunakan teknik deep frying


Selain merencanakan gabungan, teknik mengolah masakan yaitu langkah selanjutnya yang perlu diamati. Agar seluruh permukaan bakwan matang tepat, masaklah dengan tata cara deep frying. Gunakan wajan yang bagian tengahnya cekung sehingga menampung banyak minyak.


Goreng bakwan dengan api sedang. Biarkan seluruh permukaannya terendam minyak secara merata. Pastikan minyak dalam keadaan panas saat memasukkan adonan bakwan ke dalam penggorengan.


5. Masukkan sayuran secara bertahap


Jagung yang sudah terkupas.
Selain jagung, kita juga bisa menciptakan bakwan tahu dan bakwan sayur. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah masakan bakwan berikutnya yang perlu diperhatikan ialah langkah memasukkan sayuran dan mengaduknya. Sebelum memasukkan sayuran, kita siapkan adonan tepung terlebih dahulu. Campurkan tepung, air es, dan putih telur lalu aduk. Nah, pengadukannya jangan terlalu besar lengan berkuasa ya sebab mampu menciptakan gluten aktif sehingga tekstur akhir bakwan jadi lembek.


Baru setelah itu, kita tambahkan sayuran bertahap kemudian aduk kembali. Sayuran ditambahkan dikala kita akan menggoreng bakwan agar teksturnya masih kriuk.


Lima cara mengolah masakan bakwan di atas bisa kau coba untuk menyajikan tekstur bakwan jagung terbaik. Lihat resep lengkap menciptakan bakwan jagung, dan coba juga resep bakwan tahu yang nikmat ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel