Ragam Tips Merancang Menu Buka Puasa dan Sahur Sebulan

Pernah merasa galau menentukan bill of fare buka puasa dan sahur sebulan? Setiap hari di bulan bulan rahmat, biasanya kita dituntut untuk selalu menyuguhkan yang gres dan berlainan. Apalagi kini sedang berada dalam suasana dimana kita diusulkan untuk di rumah aja yang menciptakan agenda sekali-sekalinya belanja di luar mesti efektif. Supaya belanja keluar rumah efisien, maka perlu siasat dalam soal daftar belanja yang berasal dari daftar carte du jour buka puasa dan sahur sebulan.


Untuk itu, kali ini Tim MAHI membuatkan tips mudah mendesain menu buka puasa dan sahur sebulan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Yuk, coba kita lihat satu per satu!


1. Buat daftar bill of fare mingguan


Tangan wanita sedang menunjuk buku resep di atas meja dapur dan berserakan juga sayuran yang akan dipotong.
Rancang dulu bill of fare-card yang mau dimasak sebelum membeli bulanan. (Foto: Shutterstock)

Langkah pertama sebelum membeli ialah memilih card Ramadan yang akan kita sajikan. Dengan begitu, kita punya ajaran untuk memilih bahan kuliner di pasar maupun supermarket. Mulai dengan pertanyaan seperti, bill of fare-carte du jour apa yang diminati oleh anggota keluarga?


Pastikan untuk memasukkan bahan kuliner bernutrisi, seperti sayuran, buah, dan protein hewani seperti ikan dan ayam. Rencanakan sajian lauk  dan sayuran berselang-seling dalam sepekan supaya tak bosan. Misalnya Senin (daging ayam), Selasa (ikan), Rabu (daging sapi), Kamis (seafood), dan seterusnya hingga ahad ke-4. Pilih juga teknik kuliner yang bermacam-macam, dimulai dari goreng, kukus, tumis, rebus, dan bakar.


Penting juga dalam menyusun daftar carte ialah mengutamakan materi masakan yang mudah rusak. Misalnya sayuran seperti bayam, kangkung, selada, taoge, dan jamur-jamuran segar untuk permulaan ahad pertama.


2. Perbanyak bahan yang umur simpannya panjang


Mengurangi frekuensi belanja artinya mesti bijak dalam memilih bahan kuliner. Bahan yang umur simpannya panjang bisa dibeli dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Terlebih akan menjadi laba jika bahan tersebut bisa disimpan dalam suhu ruang. Misalnya kentang, ubi, singkong, kacang-kacangan kering, serta berbagai macam labu. Bahan-materi ini tak akan menyanggupi kulkas sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk yang yang lain.


three. Pilih carte simpel untuk sahur


Seorang wanita tengah menyiapkan meal prep di meja dapur
Merancang bill of fare simpel untuk sahur akan membuat lebih mudah keseharian kita. (Foto: Shutterstock)

Memasak dini hari untuk sahur tentunya menantang, bukan? Kita harus melawan kantuk untuk tetap bisa menghidangkan kuliner yang mengundang selera. Kami sarankan untuk memilih sajian mudah dengan maksimal tiga bill of fare dalam sekali hidang.


Kombinasikan carte du jour sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang yang dianjurkan Kementerian Kesehatan RI. Misalnya saja, keperluan serat mampu kita ambil dari carte du jour mirip capcay dan tumis taoge. Sedangkan kebutuhan poly peptide mampu kita ambil dari carte du jour semur tahu, ayam kuah, dan ikan kembung kukus.


Ingin lebih mudah lagi? Kita bisa menentukan jenis masakan yang mengandung sayur dan lauk sekaligus. Misalnya sup iga sayuran, soto ayam atau soto daging, hingga kari ayam sayuran.


iv. Racik bumbu dasar sebagai persediaan


Nah, semoga proses memasaknya lebih praktis, kita mampu membuat bumbu dasar. Ada tiga bumbu dasar yang mampu dipersiapkan. Pertama, bumbu dasar putih yang berisikan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan lengkuas. Bumbu dasar putih mampu digunakan untuk aneka tumisan, soto, sup, dan masakan opor.


Kedua, bumbu dasar merah yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih,dan tomat merah. Bumbu merah bisa kita gunakan untuk membuat aneka olahan balado, rendang, dan nasi goreng. Terakhir adalah bumbu dasar kuning yang berisikan bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, dan kunyit. Bumbu kuning mampu kita pakai untuk membuat gulai, pepes, soto, acar kuning, gulai, dan kari.


Buat bumbu dasar tersebut dalam jumlah besar. Porsikan ke dalam wadah tertutup dengan ukuran sekali masak, lalu bekukan dalam freezer. Dengan begitu kita tak memerlukan waktu lama untuk mencairkan bumbu dari freezer. Meracik bumbu dasar sekaligus banyak akan sangat mempersingkat waktu di dapur. Kita cuma perlu menyertakan beberapa jenis bumbu dan rempah saat akan memasak. Misalnya untuk soto, hanya tinggal menumis bumbu putih dengan tambahan serai, daun jeruk, daun salam, dan ketumbar.


5. Buat variasi hidangan buka puasa dan sahur sebulan dari bahan yang sama


Dalam mendesain carte mingguan, buat daftar menu yang bisa menggunakan satu materi untuk berbagai macam kuliner yang hendak dimasak di hari yang berlawanan. Misalnya wortel untuk sup, ikan acar kuning, capcay, hingga bakwan sayur.


Supaya mudah dalam membuat daftar carte du jour yang bermacam-macam, pilih bahan masakan yang fleksibel atau gampang divariasikan menjadi berbagai masakan. Misalnya tahu, tempe, buncis, labu siam, kentang, wortel, dan yang lain. Selain itu sediakan waktu juga untuk memasak hidangan yang tahan usang seperti lauk kering-keringan. Balado teri kacang, kering tempe kentang, keripik bayam, atau orek teri tempe akan jadi penolong di periode kekurangan bahan masakan atau bahkan dikala berdiri kesiangan menjelang sahur.


Demikian lima tips yang bisa kita kerjakan untul mendesain carte du jour buka puasa dan sahur sebulan. Semoga puasa tahun ini makin lancar, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel