5 Menu Buka Puasa Praktis untuk Anak Kosan

Sebagai anak kosan, acara mengolah makanan acap kali terbatas. Bisa jadi sebab dapur yang dipakai bareng membuat kita bergilir memakainya. Nah, untuk itu kali ini Tim MAHI berbagi ide carte du jour buka puasa praktis yang mampu dipilih oleh anak kos.


Agar tak bikin kantong bolong, kita pilih materi makanan hemat addition yang mudah ditemukan. Bahan kuliner pada resep berikut bisa kita dapatkan dari tukang sayur, pasar tradisional, atau swalayan terdekat. Yuk, kita coba satu persatu!


1. Martabak mie telur kornet, begitu memanjakan


Resep Martabak Mie Telur
Resep martabak mie telur kornet termasuk tidak sulit untuk dipraktekkan di dapur. (Foto: MAHI)

Untuk yang nggak sempat beli bahan masakan ke tukang sayur, hidangan buka puasa simpel ini bisa dicoba. Bahan-bahannya cuma berisikan telur, mie, kornet, dan kulit lumpia yang bisa ditemukan di supermarket terdekat. Cara menjadikannya relatif sederhana.


Kita olah dahulu bagian isinya yaitu mie, telur, kornet serta bumbu yang lain. Setelah itu, kita balut dengan kulit lumpia. Untuk merekatkannya, kita larutkan sedikit terigu dan air. Lihat resep martabak mie kornet, dan suguhkan dikala bedug magrib! Sajian ini mampu juga jadi carte camilan saat bukaan.


ii. Tumis bayam tahu, sehat dan gampang dibuat


Agar puasanya kian tanpa kendala, jangan lupa untuk memakan masakan bernutrisi. Salah satu bill of fare sayuran yang cukup gampang diolah yakni tumis bayam tahu. Makanan ini terdiri dari dua materi utama, yakni tahu kuning yang kita goreng terlebih dahulu serta seikat bayam.


Proses mengolah tumis bayam tahu cuma sekitar 30 menit sehingga tergolong sebagai resep singkat. Selain untuk buka puasa, tumis bayam tahu juga jadi pandangan baru yang sempurna untuk hidangan sahur. Yuk, kita lihat resep lengkap tumis bayam tahu!


3. Sup ayam makaroni, segar dan menghangatkan


Resep yang lain yang bisa dicoba di dapur kosan yakni sup ayam makaroni. Bumbu yang kita perlukan untuk membuat sup ayam mudah didapatkan, adalah bawang putih, bawang merah, dan lada. Agar semakin mantap rasanya, kita tambahkan Royco Kaldu Ayam.


Nah biar kian Istimewa, kita tambakan makaroni pada olahan ini. Dengan bahan-bahan yang gampang didapat, memasak jadi lebih praktis. Yuk, kita coba resep sup ayam makaroni ini dan suguhkan bareng nasi hangat!


4. Tahu isi sayuran, carte takjil favorit


Tahu isi sayuran asam manis tersaji di atas meja.
Sajikan tahu isi sayuran asam elok untuk kudapan di final pekan. (Foto: MAHI)

Siapa yang mampu menolak lezatnya tahu isi abad berbuka puasa? Meski bisa dibeli di luar, tak ada salahnya membuat tahu isi sendiri di rumah. Bahan-bahannya kita racik sendiri sehingga lebih bersih.


Tahu yang kita gunakan untuk resep ini yakni jenis tahu Sumedang. Bagian kulitnya yang tebal menunjukkan tekstur renyah ketika digoreng. Kita juga bisa lebih gampang memasukan tumisan sayur ke dalamnya. Lihat resep tahu isi sayuran ini, dan suguhkan sebagai carte du jour pendamping ataupun makanan ringan.


v. Oseng tempe, carte buka puasa simpel


Protein nabati yang gampang dan murah untuk diseleksi salah satunya ialah tempe. Bahan kuliner ini punya banyak opsi untuk diolah, salah satunya oseng tempe. Proses memasaknya berisikan dua tahap yaitu tempe digoreng apalagi dahulu kemudian dioseng menggunakan bumbu kecap.


Hal yang perlu diamati biar masakannya tidak gagal adalah proses menggorengnya. Jangan sampai tempe kurang matang, atau terlalu kering, ya. Setelah itu, baru kita tumis menggunakan bumbu kecap. Intip resep oseng tempe dan sajikan bersama aneka tumisan.


Demikian lima carte du jour buka puasa simpel untuk anak kos. Dengan materi yang mudah didapat, mengolah makanan pun tak perlu ribet! Yuk, kita coba sekarang!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel