5 Ide Menu Sahur Pertama yang Mengundang Selera

Tak terasa Ramadan akan secepatnya tiba. Ada banyak yang perlu disediakan, mulai dari kesiapan mental untuk ibadah sampai carte makanan sahur dan berbuka. Nah, lazimnya sajian sahur pertama jadi sesuatu yang krusial. Tubuh belum sudah biasa untuk makan di jam tiga pagi, jadi kuliner yang dihidangkan sebaiknya mengundang selera.


Tak cuma lezat di lisan, sajian sahur pertama juga semestinya mengandung nutrisi yang bagus. Selama berpuasa, kita menahan lapar dan dahaga. Badan juga lazimnya masih membiasakan diri di hari-hari pertama, maka tak heran jika di permulaan-awal puasa umumnya ada rasa lemas. Maka, alangkah lebih baik jikalau kita menyiapkan energi agar badan tetap segar selama berpuasa.


Makanan apa saja yang bisa kita sajikan? Berikut ini yakni ilham bill of fare sahur pertama untukmu!


ane. Sup bola ayam, carte sahur pertama


Makanan berkuah yang yummy akan menolong mengembangkan selera makan dikala sahur pertama. Jika bosan dengan sup biasa, kau mampu berkreasi menciptakan sup bola ayam. Tak perlu takut ribet, kita mampu mempersiapkan bola-bola ayamnya sehari sebelumnya. Makara saat pagi, kau cuma perlu mengolah supnya saja.


Selain protein yang mampu kita dapatkan dari ayam, kita juga bisa menerima asupan serat dari sayuran. Masukkan wortel, buncis, atau brokoli ke dalam sup bola ayam. Lihat resep sup bola ayam, dan nikmati waktu sahur yang menyenangkan!


ii. Lumpia isi gado-gado, card sahur sehat dan unik


Sepiring lumpia isi gado-gado dengan saus kacang
Lumpia isi gado-gado, hidangan sehat dan praktis yang tak membosankan. (Foto: MAHI)

Resep gado-gado satu ini berlawanan dari umumnya. Bentuknya seperti lumpia, jadi lebih praktis untuk dimakan. Sajian ini jadi ide seru untukmu dan keluarga yang mungkin masih “malas makan” di pagi buta. Sekali gigit, kau tak hanya menerima rasa yang enak tetapi juga masakan kaya serat.


Dalam seporsi gado-gado terdapat mentimun, taoge, kol, kacang panjang, serta telur rebus. Kamu mampu mendapatkan poly peptide dari telur rebus, vitamin B dari taoge, dan folat dari kacang panjang. Meski bukan makan besar, hidangan ini bisa jadi andalanmu untuk card pertama yang praktis.


iii. Ayam kemangi, senantiasa mengundang selera


Ayam goreng masuk ke dalam daftar card yang disukai banyak orang. Agar makin Istimewa, kau mampu menyuntikkan cita rasa kemangi yang segar. Nah, agar mengolah hidangan sahur pertama ini lebih simpel, amu bisa ungkep ayam di malam hari, atau di sore hari sebelumnya. Jadi, kau tinggal menggorengnya ketika menjelang waktu sahur.


Padukan ayam goreng kemangi dengan hidangan sayuran, mirip tumisan atau sayur sop semoga keperluan serat tetap tercukupi. Yuk, kita simak resep ayam kemangi ini!


four. Tumis cuciwis, gampang dan menyenangkan



Tak lengkap jika tidak ada sajian tumis sayuran di meja hidang. Tumis cuciwis bisa jadi salah satu hidangan sahur yang seru. Jika lazimnya kita menumis taoge, kangkung, dan bayam, tak ada salahnya mencoba sayuran lain. Cuciwis mengandung asam folat yang tak kalah banyak dari brokoli dan bayam.


Teksturnya yang renyah cocok diolah dengan cara ditumis. Kita mampu menambahkan daging ayam untuk memberikan rasa extra gurih. Simak videonya dan coba resep tumis cuciwis ini!


5. Tumis buncis daging cincang, cepat dan yummy


Selain cuciwis, kamu juga menyajikan tumis buncis daging cincang. Sayuran yang kaya serat dan protein ini mampu jadi “modal” selama kau berpuasa sehari penuh. Menambahkan daging sapi cincang pada hidangan ini, tentunya akan menambah rasa lezatnya.


Kamu mampu berbelanja daging cincang pribadi di supermarket, atau menggiling sendiri menggunakan chopper. Persiapkan daging dari satu hari sebelumnya ya. Menumis tumis buncis daging ini cuma perlu waktu sekitar 30 menit saja. Makara, tetap simpel untuk waktu sahur. Yuk, coba resep tumis buncis daging ini!


Memang, sahur pertama lazimnya disajikan spesial. Selain sebab bentuk perayaan menyambut bulan puasa, hidangan yang yummy akan menciptakan kita lebih berselera untuk menyantap makanan di pagi buta. Selamat berpuasa!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel