7 Variasi Resep Opor untuk Meriahkan Lebaran Tahun Ini

Lebaran kurang lengkap rasanya tanpa sajian ketupat dan opor. Meski tahun ini belum mampu pulang kampung, tak mempunyai arti kita tidak bisa meramaikan suasana Idul Fitri di rumah. Yuk, kita sajikan berbagai sajian Lebaran yang spesial! Untuk itu, kali ini tim MAHI mengembangkan variasi resep opor yang menawan untuk dicoba.


Kita bisa menghidangkan opor yang berlainan dari biasanya. Misalnya saja ada hidangan opor tahu atau opor tanpa santan. Seperti apa, ya, cara menjadikannya? Mari kita simak satu per satu!


i. Resep Opor Ayam Kuning


Kita mulai dengan opor ayam kuning yang paling umum ditemukan ketika Lebaran. Kuahnya kental, rasanya gurih, sehingga cocok dimakan bareng ketupat dan sambal goreng kentang. Selain saat Lebaran, sajian Istimewa ini juga bisa kok dicoba kapan saja – salah satunya untuk hidangan buka puasa. Intip resep lengkap opor ayam kuning dan hidangkan untuk keluarga tersayang.


ii. Resep Opor Ayam Kampung


Opor ayam kampung bakar
Sajikan opor ayam kampung selaku hidangan yang dirindukan keluarga. (Foto: MAHI)

Pemilihan jenis ayam sangat memengaruhi hasil tamat opor. Kamu juga mampu mencoba resep ayam kampung satu ini. Berbeda dari ayam negeri yang condong lebih empuk, ayam kampung punya rasa yang lebih gurih. Agar teksturnya tidak alot dan hidangannya sukses, lihat cara menciptakan opor ayam kampung ini, ya!


iii. Resep Opor Ayam Jamur


Twist selanjutnya yang mampu kau coba yaitu opor ayam jamur. Campuran ayam dan jamur merang jadi sajian yang sangat berlainan. Kali ini, kita tidak memakai kunyit sehingga warnanya cenderung lebih putih kecokelatan. Yuk, kita coba!


iv. Resep Opor Ayam Kecombrang


Suka busuk khas dari kecombrang? Kamu juga bisa, lho, memasukkan kecombrang pada sajian opor. Caranya mampu dilihat di resep lengkap opor ayam kecombrang ini. Tentunya, sajian opor akan jadi lebih segar. Jangan lupa, untuk menggunakan api kecil ketika memasaknya biar santan tak mudah pecah.


five. Resep Opor Ayam Tanpa Santan



Jika kamu ingin hidangan yang lebih sehat, kau mampu, lho, mengubah santan pada opor ayam. Agar rasanya tetap gurih, kau mampu menuangkan susu rendah lemak. Rasanya justru akan lebih Istimewa! Penasaran? Simak resep lengkap opor ayam tanpa santan ini!


vi. Resep Opor Ayam Khas Cepu


Sajikan opor ayam khas Cepu sebagai menu andalan minggu ini.
Opor ayam khas Cepu dengan bango Bumbu Kuliner Nusantara yang praktis dan sedap! (Foto: MAHI)

Di antara banyak resep opor, sajian opor ayam dari daerah Cepu punya rasa yang paling khas. Opor ayam dari Jawa Timur punya warna kemerahan dan lebih pedas. Aslinya, opor khas Cepu ini juga diolah di atas tungku menggunakan bara api. Wah, ingin tau dengan rasanya? Lihat resep opor ayam khas Cepu ini, yuk!


7. Resep Opor Telur


Jenis protein yang lain yang mampu dimasak dengan bumbu opor yaitu telur. Sebelum diproses, telurnya kita rebus terlebih dahulu hingga padat. Baru selanjutnya dimasak menggunakan bumbu opor. Langkahnya tak jauh berlainan kok dengan resep opor ayam biasa. Ayo, kita resep lengkap opor telur ini!


Demikian tujuh variasi resep opor yang bisa kamu coba di rumah. Aneka resep ini cukup mudah diikuti, lho. Kaprikornus, kamu yang pemula di dapur pun mampu masak opor sendiri di rumah. Selamat mengolah makanan, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel