5 Masakan Gulai Lezat untuk Kamu Siapkan di Lebaran Tahun Ini

Idulfitri tahun ini mungkin terasa sungguh berlawanan. Kita belum bisa mudik menemui sanak saudara di kampung halaman dalam rangka mendukung plan PSBB. Namun, tak berarti kau tidak mampu memeriahkan Lebaran sendiri di rumah. Kamu tetap mampu menyajikan bill of fare Idulfitri yang lezat! Salah satunya dengan kuliner gulai yang senantiasa menggiurkan.


Gulai lazimnya dihidangkan selaku card utama atau mendampingi ketupat. Kuahnya yang kental memang sangat sesuai dikonsumsi dengan lontong atau ketupat. Ada ragam gulai yang bisa kamu olah, mulai dari gulai daging sampai gulai nangka. Berikut aneka kuliner gulai yang mampu kamu coba!


i. Masakan Gulai Sapi


Gulai sapi jadi salah satu sajian yang membuat meja makan istimewa ketika Idul Fitri. Agar rasanya makin spesial, kamu bisa memilih bab sanding lamur atau perut sapi yang bab lemaknya lumayan banyak. Nah, seimbangkan rasanya dengan rempah seperti bawang merah, cabe, kemiri, dan jintan.


Namun, jika kau ingin sajian yang lebih sehat. Pilih daging dengan bagian lemak yang lebih minim seperti has dalam. Mengganti santan dengan susu rendah lemak juga mampu jadi ide yang bagus! Yuk, kita coba resep gulai sapi ini!


ii. Resep Gulai Ayam Padang



Sajian gulai yang tak kalah populer adalah gulai ayam Padang. Jika biasanya kita harus ke kedai makanan Minang dulu untuk mencicipinya, sekarang kita coba sendiri resep gulai ayamnya.


Gulai ayam Padang rupanya terdiri dari rempah yang begitu kaya, mulai dari lengkuas, kayu manis, kemiri, kunyit, ketumbar, jahe, serai, dan cengkih. Hidangan kaya rempah ini cocok dipadukan baik dengan ketupat maupun nasi putih. Intip resep gulai ayam Padang yang mudah dibarengi ini!


3. Resep Gulai Nangka


Selain gulai ayam, gulai yang populer dari Padang yaitu gulai nangka. Yuk, kita racik juga resep gulai nangka satu ini! Untuk memudahkan proses pembuatannya, kau mampu memakai kari bubuk atau kari instan.


Pilih nangka muda yang masih empuk. Cirinya adalah kondisi biji yang tidak keras. Potong nangka dengan ukuran sedang, jangan terlalu kecil alasannya adalah bisa gampang hancur dikala diolah.


four. Gulai Daun Singkong


Seporsi gulai daun singkong tersaji dalam mangkuk dan didampingi alat makan emas.
Sajikan gulai daun singkong untuk Hari Raya. (Foto: Shutterstock)

Tak lengkap rasanya membahas gulai tanpa gulai daun singkong. Hidangan ini juga cocok menemani perayaan Idul Fitri di rumahmu. Nah, sebelum mencoba resepnya pastikan kamu memilih daun singkong yang masih muda, ya. Karena daun singkong muda condong lebih empuk dan rasanya tidak pahit.


Agar semakin nikmat, kita tambahkan ikan teri dalam racikannya. Kamu mampu memakai teri nasi atau teri Medan. Simak resep lengkap gulai daun singkong ikan teri untuk Idulfitri tahun ini!


v. Gulai Ikan Patin


Kamu sedang menghindari daging ayam dan sapi? Sajian ikan memang lebih sehat. Kamu tetap bisa menyajikan gulai dengan beragam jenis ikan, salah satunya ikan patin. Di Sumatera Barat, hidangan ini diketahui dengan nama gulai pengek masin.


Nah, biar ikan patin tidak berbau lumpur, lumuri ikan patin dengan jeruk nipis dikala mencucinya. Bersihkan rongga perutnya dengan optimal. Resep ikan patin ini mampu kamu coba di rumah!


Meski terkesan berat, hidangan gulai sebenarnya mampu dimasak oleh siapa pun tergolong pemula. Yuk, kita coba masak gulai sendiri untuk Lebaran tahun ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel