5 Tips Diet Setelah Lebaran Agar Badan Tetap Bugar

Setelah menahan lapar dan dahaga selama sebulan, Lebaran memang jadi momen yang seru untuk makan-makan. Biasanya ada banyak camilan yang dihadirkan, sampai tak jarang kita menelan banyak kuliner tanpa pertimbangan. Agar tetap sehat dan bugar, kamu bisa melaksanakan pembatasan makanan setelah Idulfitri.


Kali ini tim MAHI berbagi kiat pembatasan makanan sehabis Lebaran yang akan menolong mengendalikan nafsu makanmu. Tenang, pembatasan makanan bisa kita lakukan pelan-pelan kok, jadi kamu tidak merasa terbebani. Mulai dari menertibkan takaran makan hingga apa hidangan apa saja yang direkomendasikan, beberapa tips berikut bisa kau ikuti!


i. Perbanyak sayuran


Makanan di Hari Raya biasanya didominasi oleh poly peptide hewani, misalnya saja opor ayam atau rendang daging. Tak sedikit pula yang sajian yang mengandung santan dan minyak. Agar tubuhmu menerima nutrisi seimbang, hidangkan carte du jour sayuran yang kaya serat.


Banyak hidangan sayuran yang bisa jadi pilihanmu. Jika kau kurang suka salad, atau raw food, kau bisa memulai pembatasan makanan sesudah Idulfitri dengan olahan sayuran yang lezat. Contohnya saja tumis brokoli, capcay, sup jamur, dan lain-lain.


2. Ganti camilan dengan buah


Deretan kue kering kaya rasa sangat menggoda selera, ya? Mencicipi aneka kue pasti sah-sah saja, namun atur porsinya, ya. Keinginan untuk mengemil yang anggun-cantik, mampu kau penuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan.


Sajikan pecahan buah segar untuk pengganti makanan ringan yang didominasi gula atau minyak. Kamu juga mampu mengolah buah menjadi jus segar. Minuman segar ini mampu jadi pengganti minuman bungkus yang mengandung gula tinggi. Resep jus mangga yogurt beri ini bisa jadi andalanmu. Rasanya tak kalah lezat, lho!



three. Mengatur takaran makan untuk pembatasan makanan sehabis idul fitri


Tak mampu dibantah, jikalau ada hidangan tertentu yang umumnya hanya disajikan ketika Idulfitri. Tentu kita tidak mau kehilangan momen itu cuma alasannya sedang diet. Salah satu kuncinya ialah dengan menertibkan porsi makanmu.


Dalam crusade yang dibuat Kemenerian Kesehatan RI, kita mengenal isilah “Piringku”. Menurut anjurannya, setengah piring mesti didominasi sayuran dan buah. Setengahnya lagi gres kamu isi dengan karbohidrat dan protein hewani. Kombinasi sebanding ini menjadi asupan yang baik untuk tubuhmu.


four. Mengunyah pelan-pelan


Tangan wanita menyendok makanan sehat.
Mengunyah dengan pelan tanpa buru-buru mampu menolong proses pencernaan (Foto: Shutterstock)

Kunci yang lain semoga kamu tetap bisa merasakan kuliner favoritmu usai Idulfitri, adalah dengan mengontrol cara mengunyah. Hindari makan dengan buru-buru. Kunyah sampai makanan bertekstur halus.


Mengunyah dengan pelan akan menciptakan delusi perut menjadi cepat kenyang. Selain itu, masakan yang dikunyah dengan baik akan lebih mudah dicerna oleh badan. Dengan begitu, nutrisinya lebih terserap maksimal.


v. Tetap aktif bergerak


Mengatur teladan makan saja tidak cukup. Badanmu harus tetap aktif bergerak. Kamu bisa berolahraga di rumah dengan memakai aplikasi workout atau melihat tutorialnya di Youtube. Kamu juga boleh kok jogging keliling komplek. Ada banyak kok cara untuk bergerak.


Selain mempertahankan berat badanmu, berolahraga juga mampu merangsang hormon endorphin yang membuat mood menjadi lebih baik. Lakukan dengan konsisten untuk hasil yang maksimal, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel