6 Resep Soto untuk Menghangatkan Suasana Sahur di Rumah

Mencari pandangan baru sajian sahur memang cukup menantang. Kita perlu masakan yang memanggil selera tapi tetap bernutrisi untuk menjadi bekal selama berpuasa sehari penuh. Salah satu sajian yang bisa kau racik adalah resep soto. Sajian berkuah ini, punya rasa yang lezat dan menyegarkan untuk dimakan meski dini hari.


Menariknya, Indonesia punya berbagai jenis soto. Beda tempat, beda pula ciri khasnya. Sebut saja soto Kudus, soto Lamongan, sampai soto Madura. Apa saja perbedaannya? Sebelum menetapkan mau masak resep soto yang mana, kita intip satu persatu yuk cara menjadikannya!


i. Resep Soto Kudus


Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini punya kuah yang cukup ringan dibanding soto lainnya. Bumbu wajibnya hanya berisikan bawang merah, kemiri, merica, bawang putih, jahe, dan jintan. Kuahnya pun cenderung lebih gelap alasannya adalah menggunakan kecap. Biasanya soto Kudus disajikan dengan aneka sate mirip sate usus, telur puyuh, dan ati ampela.


Kamu bisa menyiapkan resep soto Kudus di malam hari sebelum tidur, supaya di waktu sahur tinggal menghangatkannya saja. Siapkan kuah kaldu, taoge rebus, suwiran ayam, dan telur rebus. Sebelum sahur tiba, hangatkan kaldu lalu siram soto hingga menjadi sajian yang nikmat.


2. Resep Soto Ayam Lamongan


Semangkuk sajian hasil dari resep soto ayam lamongan di meja cokelat siap disantap.
Resep soto ayam Lamongan asli Jawa Timur yang berkuah gurih bisa dibuat sendiri di rumah. (Foto: Shutterstock)

Masih dari tempat Jawa, soto yang tak kalah populernya yaitu Soto Ayam Lamongan. Perbedaan paling terlihat dari soto ini yakni komposisi kunyit yang lebih banyak, sehingga warnanya kuning dan khas.


Agar rasanya makin nikmat, gunakan ayam kampung. Olah kaldu dan ayam di malam hari, biar saat sahur kita hanya tinggal menyiapkannya saja. Selain ayam, isi soto Ayam Lamongan yaitu soun, kol, dan telur rebus. Yuk, simak resep soto Ayam Lamongan.


3. Resep Soto Ayam Banyumas


Soto atau sering juga disebut sroto asal Banyumas ini punya ciri khas disantap bareng ketupat. Soto Ayam Banyumas punya kuah yang lebih berempah. Beberapa rempah yang datang pada kuahnya yakni biji pala, ketumbar, bawang putih, dan serai.


Sama mirip ayam Lamongan, seharusnya gunakan ayam kampung untuk hidangan ini. Intip resep lengkap soto Banyumas untuk menu sahur yang membangkitkan selera.


iv. Resep Soto Madura



Beralih ke Madura, sajian sotonya memang tak boleh dilewatkan. Berbeda dengan tiga resep sebelumnya, kali ini kita menggunakan daging sapi selaku sumber proteinnya. Agar tetap sehat, gunakan daging has dalam yang minim lemak. Kandungan zat besi pada daging sapi juga baik dapat menghalangi munculnya anemia dikala berpuasa.


Warna pekat pada Soto Madura berasal dari kecap yang kental. Pilih kecap bermutu seperti Bango Kecap Manis biar gurih manisnya kian pas. Yuk, simak resep lengkap soto Madura ini!


five. Resep Soto Pekalongan


Daging has dalam juga mampu kita racik menjadi soto Pekalongan. Kamu mampu memakai bagian daging yang lain seperti sandung lamur atau brisket. Kuah kaldunya akan lebih pekat dan nikmat.


Kekhasan lainnya dari resep komplet soto Pekalongan adalah penggunaan taoco. Ini menjadi keunikan tersendiri alasannya adalah pengaruh Peranakan yang hadir di sejarah hidangan ini. Keberadaan kota Pekalongan di pesisir utara Jawa memungkinkan akulturasi ini terjadi dan melegenda.


six. Resep Soto Bandung


Tak lengkap rasanya jika membicarakan topik ini tanpa soto Bandung yang sangat unik. Berbeda dari lima resep di atas, kuahnya terasa lebih ringan dan menyegarkan. Rempahnya memang tidak sekuat soto Madura, tetapi meski begitu rasanya tak kalah yummy. Kehadiran lobak menjadi ciri tersendiri soto yang kuahnya bening ini.


Kuah yang cenderung lebih ringan ini tidak akan menciptakan perutmu terkejut dikala harus mengkonsumsi makan saat dini hari. Lihat resep lengkap soto Bandung lengkap dan hidangkan untuk keluarga tercinta.


Waktu sahurmu jadi lebih berselera dengan menu soto khas Nusantara. Selamat menjajal dan selamat berpuasa!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel