5 Sajian Diet Lebaran setelah Pesta Opor dan Gulai

Setelah memakan aneka masakan bersantan di Hari Raya, saatnya kita melaksanakan diet Lebaran. Sudah jadi rahasia lazim, bila tradisi Hari Raya Idul Fitri di Indonesia jadi momen makan-makan yang seru. Makanan yang tersaji biasanya didominasi oleh kuliner berat seperti opor dan gulai, juga makanan ringan yang mengandung banyak gula mirip kue nastar.


Agar badan tetap sehat juga berat tubuh tetap stabil, kita seimbangkan asupan dengan kuliner bergizi. Kali ini, tim MAHI menyebarkan beberapa hidangan sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah.


1. Nasi Goreng Kembang Kol


Komitmen pertama yang bisa kau buat untuk diet Lebaran yakni mengurangi gula. Gula tak hanya berasal dari makanan elok, tetapi juga nasi putih. Indeks glikemiknya yang tinggi mampu mengembangkan kadar gula darah. Kamu bisa mengakalinya dengan beberapa cara. Pertama, meminimalkan porsi nasi putih di piringmu. Kedua, mengganti nasi putih dengan nasi merah atau brown rice.


Nah, kamu juga mampu lho mengganti nasi dengan bahan kuliner lain untuk menu tertentu. Salah satunya adalah menciptakan nasi goreng menggunakan kembang kol. Rasa dari kembang kol yang patently ternyata cocok dipadukan dengan bumbu nasi goreng. Lihat resep nasi goreng kembang kol satu ini.


two. Gohu Ikan Salad Sayur


Gohu ikan asal Ternate ini sering disebut-sebut sebagai sashimi-nya Republic of Indonesia, lho. Pasalnya, sajian ini memang menyajikan ikan mentah. Bukan salmon, lazimnya gohu ikan terbuat dari cakalang atau ikan tuna. Rasanya segar dan lezat!


Kamu mampu memasukkan bill of fare ini ke dalam hidangan diet Lebaranmu. Padukan dengan salad sayur untuk memenuhi kebutuhan seratmu. Bagaimana cara menjadikannya? Intip video resep gohu ikan salad sayur ini ya.



3. Mun Tahu Vegetarian


Mun tahu, hidangan Peranakan yang kerap hadir di kedai makanan Chinese ini juga mampu jadi pilihan card sehatmu. Jika umumnya mun tahu dikombinasikan dengan udang dan ayam, kali ini kita ganti dengan protein non hewani yaitu jamur merang. Rasanya tak kalah menawan, lho!


Tahu yang dipakai pada sajian ini yakni tahu putih. Agar kuahnya kental, kita memakai larutan maizena. Simak resep lengkap mun tahu vegetarian ini dan hidangkan selagi hangat.


iv. Diet Lebaran dengan Gado-Gado


Gado-gado tersaji di atas daun pisang.
Inilah beliau, gado-gado sedap yang mampu dibentuk sendiri di rumah. (Foto: Shutterstock)

Sajian yang tak aneh di telinga, namun cukup padat gizi yaitu gado-gado. Ya, menu asal Betawi ini terdiri dari banyak sayuran mirip selada, kol, taoge, dan kentang.


Gado-gado juga dibuat tanpa proses pengolahan berlebih. Sayurannya masih segar, ditambah telur rebus yang lebih sehat dibandingkan telur goreng. Agar lebih tersadar kebersihannya, kau bisa menjajal sendiri resep gado-gado di rumah.


five. Jus Buah Tropikal


Selain makan besar, kudapan dan minuman pun mesti diamati semoga berat badan tak berlebih usai lebaran. Kamu mampu mengubah boba atau minuman anggun yang lain dengan jus buah.


Salah satu resep jus yang bisa kamu coba yakni jus buah tropikal yang terbuat dari buah chip. Buah ini kaya akan asam folat, serat, vitamin C, dan zat besi. Diminum ketika cuek, rasanya menyegarkan!


Lima hidangan di atas tetap mampu kamu nikmati meski sedang diet. Dengan mengolah kuliner dan minuman sendiri, kebersihannya pun lebih terjaga. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel