5 Menu Takjil Buka Puasa untuk Jaga Kondisimu Sebelum Tarawih

Setelah menahan dahaga seharian, bill of fare takjil buka puasa jadi yang ditunggu-tunggu. Tak jarang kita merasa kalap dan mengumpulkan banyak masakan di meja hidangan untuk bukaan. Namun, untuk menjaga badan tetap agree selama berpuasa sebulan penuh, kita butuh sajian yang bernutrisi. Terlebih yang ingin melanjutkan ibadah panjang tarawih pada malam harinya, pasti perlu mempertahankan asupan agar tidak terlampau kenyang dan tubuh menjadi kelelahan.


Beberapa menu takjil buka puasa yang sering hadir di meja makan penduduk Republic of Indonesia yakni gorengan, es campur, dan es teh bagus. Nah, makanan tersebut mampu kita kembangkan menjadi lebih sehat. Berikut yakni ilham carte bukaan buka puasa!


1. Es buah pelangi, bill of fare tajil buka puasa mudah


Sop buah atau es buah jadi salah satu menu buka puasa yang sering dihadirkan di tengah keluarga. Menu ini cocok disajikan, sebab tak hanya menyegarkan tapi juga kaya serat. Kita bisa menyajikan berbagai macam buah dengan warna yang berlawanan seperti melon, mangga, stroberi, dan daging kelapa.



Setiap warna pada buah-buahan punya nutrisi yang berlawanan. Misalnya saja mangga, yang berwarna kuning mengandung vitamin C. Sedangkan melon yang berwarna hijau kekuningan, kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Kita olah, yuk, buah-buahan dengan resep es buah pelangi ini!


ii. Es cendol nangka, dingin dan menyegarkan


Satu lagi card yang menyegarkan dikala buka puasa, es cendol nangka! Nah, kita bisa menciptakan es cendol nangka model sendiri. Salah satu cara membuatnya lebih sehat adalah mencampurkan santan dan susu rendah lemak.


Agar lebih simpel, kita juga mampu membeli cendol siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Kaprikornus, kita tinggal mengolah sausnya! Yuk, intip resep es cendol nangka model MAHI!


iii. Bola ubi ungu, elok pedas berpadu harmonis


Nikmatnya bola ubi ungu sambal roa untuk berbuka. (Foto: Shutterstock)

Tak lengkap jikalau tak ada makanan asin di sajian buka puasa. Kita bisa menciptakan sesuatu yang berlawanan, yakni bola ubi ungu. Jika umumnya bola ubi ungu dibentuk kolak, kita sulap dengan isian sambal roa.


Unik, bukan? Ada beberapa proses yang harus kita lalui. Pertama, kita kukus ubi apalagi dulu. Lalu kita buat adonannya. Masukkan sambal roa di dalamnya, kemudian selimuti bola-bola dengan tepung panko. Goreng, deh! Lihat resep ubi ungu sambal roa versi MAHI untuk information selengkapnya.


four. Bubur kacang hijau, rasa klasik yang tak lekang waktu


Sajian klasik ini juga cocok jadi sajian tajil buka puasa. Ayo, kita olah resep bubur kacang hijau di rumah! Agar berlainan dengan bubur kacang hijau lainnya, kita mampu berkreasi dengan menambahkan sagu mutiara misalnya.


Atau, kita bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak atau susu almond untuk versi lebih sehatnya. Tentunya carte ini akan sulit ditolak!


five. Bakwan goreng enoki, gorengan superfood


Masih kurang lengkap tanpa gorengan? Tenang saja, kita bisa menyajikan bakwan model lebih bernutrisi. Caranya ialah dengan mengubah kol goreng dengan jamur enoki. Kenapa jamur enoki?


Jamur enoki digadang-gadang mausk ke dalam daftar superfood, atau kuliner dengan nutrisi tinggi. Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram jamur enoki terdapat 2,66 gram protein, 2,7 gram serat, dan 37 kcal. Intip resep bakwan enoki dan sajikan sebelum tarawih nanti.


Selain carte du jour takjil di atas, temukan opsi card sahur dan berbuka untuk anak kos yang praktis dibuat. Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel