5 Menu Buka Puasa Irit dan Lezat untukmu yang Sedang Berhemat

Menjelang Idulfitri, biasanya ada saja acara yang harus dipenuhi – mulai dari kirim-kirim bundle ke sanak saudara hingga berbelanja baju gres. Agar kantong tetap kondusif, mau tak mau kita mesti berhemat. Salah satu caranya adalah dengan memilih carte buka puasa hemat sedari dini.


Makanan ekonomis bukan bermakna tidak enak, lho. Begitupun soal nutrisi juga bukan memiliki arti minimalis. Sayuran kaya serat seperti kangkung, bayam, dan buncis justru punya harga yang murah meriah. Nah, kali ini kita akan membuatkan usulan menu buka puasa ekonomis untukmu!


1. Kangkung asam jawa, carte du jour buka puasa irit


Salah satu makanan sederhana yang punya kenikmatan tersendiri ialah tumis kangkung. Diolah dengan asam jawa, hidangan ini begitu memanggil selera. Apalagi kalau disajikan dengan nasi hangat dan sambal.


Kabar baiknya, cara mengolahnya tidak memerlukan waktu lebih dari 30 menit. Kita hanya membutuhkan sedikit bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit air asam. Jika ingin terasa lebih Istimewa, kau bisa tambahkan ikan teri. Makanan hemat, tetapi punya rasa selangit!


two. Jamur krispi saus kecap, opsi sempurna selaku bukaan


Tak lengkap memang jika tidak ada menu gorengan ketika berbuka puasa. Kita mampu menyajikan makanan spesial dengan harga ramah biaya semarak, ialah jamur krispi! Disajikan dengan cocolan saus kecap, jamur ini juga bisa jadi carte du jour kudapan ketika kudapan.


Jamur yang kita pilih yakni jamur tiram yang bentuknya lebar. Pastikan kau menentukan jamur yang masih segar, ya, alasannya akan memengaruhi rasanya. Agar jamur tidak lembap, keringkan jamur dengan tisu dapur sebelum diolah dengan tepung. Simak resep jamur krispi saus kecap dan hidangkan untuk yang tersayang di rumah!


three. Semur ati ayam, andalan dikala kekurangan wangsit


Semur ati ayam pedas tersaji.
Sajikan semur ati ayam pedas selaku carte du jour sehari-hari. (Foto: MAHI)

Kebutuhan poly peptide sekaligus zat besi bisa kita peroleh dari ati ayam. Harganya relatif lebih hemat biaya dibandingkan bab daging ayam. Meski banyak cara mengolah ati ampela, salah satu sajian yang sulit ditolak justru yaitu resep semur ati ayam satu ini.


Beberapa bumbu andalan untuk menciptakan semur ati ayam yaitu bawang merah, bawang putih, cabe keriting, tomat, jahe, dan merica. Jangan lupa untuk menuangkan Bango Kecap Manis, yang tak cuma menunjukkan warna hitam keemasan yang mempesona tapi juga rasa menggugah selera.


four. Tumis taoge ikan asin, card pendamping segala situasi


Aneka tumisan tauge di atas piring kayu.
Aneka tumisan yummy ini praktis dibuat, cocok untuk carte buka puasa praktis dan hemat. (Foto: Shutterstock)

Sayuran yang lain yang bisa kamu pilih untuk berhemat adalah taoge. Dengan harga yang ekonomis, taoge punya rasa yang tak kalah enak! Kamu mampu mengolah tumis taoge dengan suplemen ikan asin untuk rasa yang lebih nikmat.


Bumbu dasar yang kita butuhkan yaitu bawang putih, kucai, cabe, dan daun bawang. Cukup tumis sebentar taoge, lalu suguhkan dengan nasi hangat. Resep tumis taoge ini juga mudah untuk hidangan sahurmu.


v. Bakwan tahu, kudapan ketika di rumah aja


Protein nabati bisa kita peroleh dari tahu. Dari sekian banyak resep yang mampu dicoba, salah satu hidangan paling mudah tetapi punya rasa yang nikmat ialah resep bakwan tahu.


Sedikit berlawanan dengan aneka bakwan lainnya, tahu punya tekstur yang lebih basah sehingga lebih gampang hancur. Agar menempel sempurna, kita perlu pelengkap telur. Nah, biasanya tekstur bakwan memang agak lembek bila menggunakan telur. Sisasati dengan menggunakan air es untuk mengolah adonannya, ya.


Demikian lima carte buka puasa ekonomis yang bisa kau coba. Tak perlu takut berhemat, karena kita tetap mampu menyajikan kuliner yang lezat!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel