5 Menu Sahur Sehat dan Nikmat Agar Puasa Makin Semangat

Sahur jadi momen penting untuk mempertahankan kebugaran badan selama berpuasa. Tentunya kita mesti menentukan bill of fare sahur sehat yang menyanggupi keperluan gizi harian mulai dari poly peptide, karbohidrat, dan serat.


Kali ini tim MAHI mengembangkan lima resep carte sahur sehat yang gampang diikuti. Kita bisa mempersiapkan makanan sahur dari satu malam sebelumnya, semoga saat dini hari tak perlu repot masak dari nol lagi. Menu apa saja yang mampu kita pilih? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!


ane. Ayam panggang ketumbar, istimewa saat sahur



Untuk menyanggupi kebutuhan poly peptide, kita mampu menyuguhkan olahan ayam. Kali ini, kami menganjurkan resep ayam panggang ketumbar. Ayam panggang ketumbar ini tidak lewat proses deep fried yang lazimnya menyerap minyak terlalu banyak.


Namun meski begitu, kita menggunakan sedikit minyak sayur untuk menumis bumbu sebelum proses ungkep. Ganti dengan minyak canola agar lebih sehat. Agar kian simpel, ungkep ayam apalagi dulu di malam hari. Jadi, saat dini hari kita cuma tinggal memanaskannya di wajan antilengket atau di panggangan.


two. Sayur bening daun kelor, carte du jour sahur sehat


Penuhi kebutuhan serat dan vitamin dengan daun kelor yang digadang-gadang masuk ke dalam daftar superfood. Dari sekian banyak cara untuk mengolah daun kelor atau moringa ini, sayur bening jadi salah satu sajian paling simpel. Makara, sajian ini cocok diolah di waktu sahur.


Kita mampu menyertakan labu siam dan jagung yang telah dipipil untuk memperkaya hidangan sayur bening ini. Rasa yang ringan dan segar mampu membuatmu tetap berselera meski mesti makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba resep sayur daun kelor ini!


iii. Capcay kuah udang, kaya akan nutrisi


Sepiring capcay kuah yang hangat.
Capcay kuah udang yang yummy dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Menu sayuran lainnya yang mampu kita olah ialah resep capcay kuah udang. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa capcay berisikan bermacam-macam jenis sayuran yang kaya serat. Sebut saja wortel, kembang kol, buncis, hingga brokoli.


Agar rasanya semakin spesial, kita mampu tambahkan poly peptide hewani ke dalamnya. Salah satunya yaitu udang. Makanan maritim ini juga relatif cepat matang, jadi kondusif untuk dimasak dalam waktu singkat. Simak resep capcay kuah udang untuk ciptakan carte sahur sehat penuh nutrisi.


4. Sapo tahu tiga jamur, begitu menghangatkan


Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang yummy. (Foto: MAHI)

Kandungan protein juga mampu kita peroleh dari tahu. Salah satu sajian yang jadi favorit tim MAHI yaitu resep sapo tahu jamur. Dalam resep ini, kita tambahkan bermacam-macam jenis jamur yang kaya nutrisi dan macam-macam sayuran yang lain.


Madu tak hanya menawarkan tekstur kental yang membuat masakan ini semakin nikmat, namun juga mengandung banyak nutrisi baik untuk badan. Sajikan sapo tahu jamur hangat di tengah meja makan, supaya anggota keluarga semakin semangat sahur.


five. Nasi tim merah, karbohidrat yang diharapkan


Salah satu kebutuhan tubuh yang tak kalah penting pastinya karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat mampu menawarkan energi untuk kita selama berpuasa. Namun, tentukan untuk memilih karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga membuat kita kenyang lebih usang.


Adalah nasi merah yang jadi misalnya. Ada banyak cara mengolah nasi merah semoga tidak terasa acuh taacuh, salah satunya yakni mengolahnya jadi nasi tim. Lihat resep nasi tim merah yang pernah kami ulas sebelumnya. Dengan tekstur yang lembut, olahan ini juga tidak akan membuatmu perutmu terkejut saat makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba!


Agar tidak cepat haus, hindari penambahan garam yang berlebihan. Seimbangkan nutrisi dalam makananmu biar puasa kian tanpa hambatan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel