3 Ide Menu Lebaran Spesial Khas Nusantara untuk Dicoba di Rumah

Menu lebaran apa yang selalu hadir di rumahmu? Beberapa masakan yang wajib disuguhkan dikala Hari Raya Idul Fitri adalah opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, atau rendang daging.


Nah, bila tahun ini kamu ingin merayakannya dengan lebih Istimewa, kami mempersiapkan tiga bill of fare lebaran yang berbeda. Tiga carte du jour ini berasal dari menu Nusantara yang masih cocok, lho, disuguhkan bareng ketupat. Apa saja itu? Yuk, kita intip satu per satu!



ane. Gulai Ayam Padang, Meriahkan Suasana Lebaran


Semangkuk gulal ayam khas Padang
Gulai Ayam khas Padang yang mampu disuguhkan ketika Lebaran. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal gurihnya gulai ayam khas Minang? Ya, biasa disuguhkan di rumah makan Padang, gulai ayam ini punya ciri khas berbeda dengan hidangan gulai lainnya. Warnanya yang kuning kemerahan juga santannya yang pekat membuatnya susah ditolak.


Hidangan ini mampu jadi pilihan carte idul fitri yang berlainan di rumahmu. Dengan tekstur yang sedikit lebih kental dari opor ayam, gulai ayam Padang tetap bisa dirasakan bareng ketupat ataupun sambal goreng kentang favoritmu.


Beberapa rempah yang menjadikannya berlawanan dengan opor antara lain yaitu jintan, asam Jawa, cengkih, dan kayu cantik. Rasa gulai ayam Padang juga terasa lebih segar alasannya adalah busuk daun jeruk. Intip resep lengkap gulai ayam Padang dan sajikan untuk keluarga tersayang.


ii. Opor Ayam, Menu Idulfitri Paling Wajib


Semangkuk opor ayam tanpa santan di atas napkin cokelat
Resep legendaris untuk hari raya ini ternyata bisa dibuat sehat! (Foto: MAHI)

Untukmu pecinta opor, hidangan ini mampu kita twist menjadi lebih spesial. Jika lazimnya opor ayam dimasak bareng santan, kali ini kita mengubah santan dengan susu rendah lemak. Teksturnya memang sedikit berbeda, namun tentunya lebih sehat dan rendah kolesterol.


Susu yang kita gunakan yaitu susu cair atau susu UHT rendah lemak. Cara memasaknya tak jauh berlawanan, kok, dengan opor ayam biasanya. Bedanya, cuma tekstur kuah yang terasa lebih ringan dari opor ayam santan.


Hidangan ini jadi penyelesaian untukmu yang ingin mengurangi menu bersantan di Hari Raya. Simak resep lengkap opor ayam tanpa santan, dan hidangkan dengan ketupat atau nasi hangat.


iii. Coto Makassar, Satu yang Khas dari Sulawesi


Coto Makassar siap dinikmati.
Coto Makassar untuk Lebaran lebih spesial. (Foto: MAHI)

Hidangan Nusantara selanjutnya yang bisa kamu hidangkan di Hari Raya yakni coto Makassar. Hidangan berkuah pekat ini juga cocok, lho, dimakan bersama ketupat. Bahkan, rasanya bisa lebih legit!


Makanan khas Sulawesi Selatan ini umumnya menggunanakan daging sapi bagian sandung lamur sehingga tak heran kalau lemaknya menunjukkan ekstra gurih pada kuah. Bahkan, makanan yang juga disebut sebagai coto mangkasara ini juga memakai tebang atau jeroan sapi hingga rasanya sungguh gurih. Tapi, kalau kamu ingin lebih sehat, kamu boleh, kok, menggunakan daging sapi khas dalam yang minim lemak.


Untuk menghasilkan rasa yang otentik dan spesial, kita bisa mengganti santan dengan air tajin atau air beras. Untuk itu rasanya lebih ringan tapi tetap gurih. Nah, jikalau kamu ingin resep lebih mudah, simak resep coto Makassar satu ini!


Tiga resep sajian Idulfitri khas Nusantara di atas memiliki rasa yang istimewa sehingga cocok untuk meramaikan Hari Raya. Hidangkan selagi hangat, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel