Papeda hingga Ayam Tuturuga, Inilah Masakan Khas Indonesia Timur Wajib Coba

Salah satu kekayaan Republic of Indonesia yang pantas dibanggakan adalah keanekaragaman makanannya. Dari Sabang sampai Merauke, kita dianugerahi beragam jenis masakan enak kaya rempah. Tak cuma rendang dari Republic of Indonesia bagian barat, namun juga ada banyak masakan khas Republic of Indonesia Timur yang tak kalah menariknya. Sebut saja papeda, se’ane, rica-rica, brenebon, sampai ayam woku.


Dalam rangka merayakan Sumpah Pemuda, kali ini kita mengajak kau menjelajahi aneka kuliner khas Indonesia Timur. Makanan khas Indonesia Timur memang tak sepopuler kawasan Jawa dan Sumatera yang berada di Indonesia bab Barat. Namun, rasanya tak kalah kuat dan unik, lho. Yuk, kita simak satu persatu!


i. Papeda


Papua merupakan masakan pokok di tempat Papua, Maluku, dan terkenal di beberapa daerah di Sulawesi. Makanan yang juga disebut “dao” di Papua ini berbentuk mirip lem bening yang berasal dari sagu. Teksturnya kenyal seperti jelly dan rasanya tawar. Supaya enak, umumnya papeda selalu disajikan dengan ikan berbumbu kuah kuning.


Sebagai kuliner pokok, bubur sagu papeda sebab mengandung karbohidrat dan memberikan energi lebih seperti nasi. Selain di Papua, kini papeda juga dikreasikan jadi jajanan yaitu telur gulung papeda. Sudah pernah mencobanya?


two. Ayam Woku



Beralih ke Sulawesi Utara dan Gorontalo, kita juga punya Ayam Woku. Sajian ayam bumbu kuning ini begitu kaya rempah. Wangi aromatik dan pekat didapatkan dari percampuran daun pandan, daun kunyit, daun jeruk, dan daun kemangi.


Biasanya, ayam woku banyak disuguhkan di rumah makan khas Manado. Ayam yang digunakan adalah ayam negeri, potongannya besar, dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Kamu juga mampu, lho, menjajal menciptakan olahan ayam bumbu kuning spesial ini sendiri di rumah. Lihat resep ayam woku ini.


iii. Ayam Taliwang


ayam taliwang utuh siap santap di atas piring kayu
Ayam taliwang, sajian khas Lombok yang terkenal kelezatannya. (Foto: Shutterstock)

Sajian ayam yang satu ini mungkin sudah tak ajaib di telinga. Ayam taliwang yang populer di Lombok dan Sumbawa ini populer karena rasa pedasnya yang menggigit dan sensasi smokey-nya yang membuatmantap. Sajian ayam taliwang lazimnya menggunakan ayam kampung utuh yang gurih, sehingga tidak disuguhkan dalam belahan kecil.


Meski rasanya pekat, bumbu yang dipakai untuk mengolah ayam bakar ini sesungguhnya tidak terlampau rumit. Rempah utamanya yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan santan. Kamu mampu melihat cara menciptakan ayam taliwang ini. Sajikan ayam taliwang dengan nasi hangat dan plecing kangkung.


four. Ayam Tuturuga


Selain ayam woku, ayam tuturuga juga jadi salah satu hidangan khas Manado yang terkenal. Perpaduan rasa gurih, sedikit asam, dan pedas membuat sajian ini punya banyak penggemar. Sekilas, penampakannya mirip opor ayam alasannya berwarna kuning. Namun, rempah pada hidangan ini lebih kompleks.


Jika ingin menjajal menjadikannya, kau bisa mengikuti resep ayam tuturuga di MAHI. Kamu cuma butuh waktu 1 jam lebih untuk mengolahnya. Yuk, kita coba!


five. Ikan Bakar Manokwari


Sesuai namanya, sajian ikan bakar Istimewa ini berasal dari Manokwari, Papua. Jenis ikan yang biasanya dipakai yakni ikan tongkol. Namun, kamu boleh, kok, mengganti jenis ikannya dengan ikan favorit kau.


Ciri khas menu ini adalah bumbu pedas yang ditaburkan di atas ikan bakar. Bumbu tersebut merupakan sambal yang ditumbuk garang dan masih segar. Bahan yang dipakai tidaklah banyak, tetapi kesegaran sambal dan ikan yang menjadikannya istimewa.


half dozen. Sambal Colo Colo


Gurame bakar disajikan dengan sambal colo-colo.
Nikmati gurame bakar dengan sambal colo-colo ini bareng keluarga! (Foto: MAHI)

Beralih ke Maluku Utara, ada sambal colo-colo yang populer karena rasa pedas-segarnya. Sambal ini terdiri dari cabe rawit, bawang merah, tomat hijau, dan perasan jeruk nipis. Kita juga bisa menyertakan daun kemangi, kenari mentah, atau sedikit kecap. Rasanya segar dan aromatik.


Sambal colo-colo umumnya tidak diulek, melainkan diiris seperti sambal dabu-dabu dan sambal matah. Sambal ini cocok dijadikan pendamping ikan bakar dan nasi hangat. Lihat resep gurame sambal colo-colo ini ya untuk sajian spesial di rumah.


Nah, dari pilihan menu khas Republic of Indonesia Timur di atas, apa lagi yang jadi favoritmu? Intip resep berbagai masakan khas Republic of Indonesia hanya di Masak Apa Hari Ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel