5 Masakan Oriental a la Restoran yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Ada kalanya kita jenuh dengan menu yang itu-itu saja di rumah. Menyegarkan daftar card harian di rumah dengan menu a la kedai makanan pasti bikin keluarga lebih semangat, kan?  Misalnya mendatangkan beberapa sajian masakan oriental di kedai makanan favorit yang biasa kamu pesan.


Kali ini, kami mengusulkan beberapa resep kuliner oriental yang cukup gampang dibuat di rumah. Pada dasarnya, hidangan a la Asia Timur ini tidak membutuhkan banyak langkah pembuatan. Bahan-bahannya pun cukup mudah didapatkan di supermarket ataupun e-commerce.


Inspirasi Masakan Oriental di Rumah


Mumpung punya banyak waktu luang di rumah, sibukkan diri kamu di dapur, yuk!  Beberapa inspirasi resep kuliner ini bukan hanya bikin lidah kau senang, namun juga seluruh anggota keluarga di rumah.


1. Fuyunghai


Masakan oriental yang umumnya disuguhkan di kedai makanan peranakan Tionghoa ini bisa kamu racik sendiri di rumah. Beda dengan telur dadar, fuyunghai lebih tebal dengan embel-embel sayuran dan poly peptide seperti seafood dan ayam. Untuk menjadikannya tebal dan mengembang, memang diharapkan trik khusus dikala menggoreng.


Selain minyak yang dipakai jauh lebih banyak ketimbang mengolah makanan telur dadar biasa, tentukan minyak  telah panas dikala kita memasukkan campuran fuyunghai. Trik ini berguna untuk membuat permukaan dadar isi yang kuat dan tidak gampang pecah. Baru sesudah itu, kita kecilkan api supaya isian fuyunghai matang sempurna. Jika ingin lebih padat, kamu mampu tambahkan tepung sagu ke dalam campuran. Lihat resep fuyunghai ini, ya, untuk information selengkapnya.


2. Siomay Dimsum


Resep dimsum ayam ini menerangkan jika kita juga bisa bikin sendiri dimsum seenak kedai makanan di rumah. Cara membuatnya juga ternyata nggak sesulit yang kamu bayangkan. Untuk menciptakan siomay dimsum ayam untuk iv porsi, kamu membutuhkan sekitar 400 gram daging ayam dan 150 gram udang kupas. Dengan begitu, rasanya jadi lebih gurih dan teksturnya lebih padat


Nah, agar rasanya lebih gurih dan teksturnya tidak kering, pilih  fillet ayam bab paha. Bagian ini mempunyai tekstur lebih moist dan juicy yang berasal dari kandungan lemaknya. Lihat resep lengkap menciptakan siomay ayam di sini dan suguhkan untuk keluarga tersayang.



three. Nasi Hainan


Kelezatan nasi Hainan juga bisa kamu hadirkan di rumah. Hidangan dari Singapur ini punya rasa gurih yang khas. Tidak terlalu banyak bumbu, namun cita rasa kaldunya begitu kental. Ada dua jenis protein hewani yang umumnya dimasak untuk menu ini, yaitu ayam dan angsa. Pengolahannya pun terbagi menjadi dua, yaitu dipanggang dan direbus.


Untuk menerima cita rasa yang pas, pastikan kamu menggunakan ayam atau belibis yang masih segar atau baru potong. Tingkat kematangannya pun harus diperhatikan, semoga tidak terlampau lembek dan hancur namun juga tetap lembut ketika digigit. Simak resep nasi ayam Hainan ini, ya!


4. Chicken Katsu


Satu piring chicken katsu dengan nasi dan kuah kari.
Chicken katsu bertabur kuah kari yang enak dari Jepang. (Foto: Shutterstock)

Beralih ke Jepang, salah satu sajian khas Negeri Sakura yang cukup gampang dibuat di rumah ialah Chicken Katsu dengan kuah kari. Hidangan ini mengingatkan kita pada kartun Doraemon di mana Nobita sungguh sering menyantap nasi kari bersama ibunya.


Membuat chicken katsu sendiri bantu-membantu cukup gampang. Kamu hanya membutuhkan daging ayam yang segar dengan racikan bumbu kari yang enteng. Simak resep lengkap chicken katsu dari MAHI ini, ya!


v. Ramen


Siapa yang bisa menolak kelezatan ramen? Masih dari Jepang, kali ini kita juga berbagi mie ramen yang gurih. Sebenarnya ada banyak jenis ramen, tergantung daerahnya. Begitupun dengan jenis kuahnya. Ada ramen shoyu yang cita rasa kecap asinnya kuat, ada pula miso ramen yang kuahnya khas rasa kedelai.


Kamu bisa membuat ramen model lebih sederhana dengan resep ramen a la MAHI ini. Hal yang penting dari hidangan ramen ialah kuah kaldunya. Pastikan kamu menyantapnya selagi hangat.


Sudah tak tabah meraciknya? Jika kamu telah menjajal resep di atas, jangan lupa posting di Instagram dan tag instagram @masakapahariini_id ya! Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel