4 Resep Masakan Jawa Timur yang Legendaris

Masyarakat Republic of Indonesia niscaya mengenal yang namanya rawon, tahu telur, tahu campur, ataupun lontong balap. Ya, inilah empat di antara sekian banyak masakan Jawa Timur yang legendaris. Di video kali ini, keempatnya dapat kita ketahui cara menjadikannya. Ternyata tidak sesulit itu, kok, dan materi-bahannya terang gampang untuk didapatkan.


Nah, tak perlu menanti lebih usang lagi. Simak sedikit dongeng dan keempat resepnya berikut ini!



1. Rawon, masakan Jawa Timur yang khas


Memasak rawon mewajibkan kita untuk mengolah dagingnya biar empuk. Selebihnya, kita perlu mengolah kuahnya agar kian lezat. Siapkan bumbu rawon yang bercampur dengan kluwek sehingga warnanya menghitam. Gunakan Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis biar mengolah makanan menjadi lebih gampang. Hidangkan bareng nasi hangat, siapkan bahan embel-embel mirip taoge, dan final telah sajian makan yang menyenangkan untuk hari ini!


Berikut yakni resep rawon untuk kau coba!


ii. Tahu campur, favoritnya di waktu malam


Seporsi tahu campur dalam piring putih tengah dinikmati.
Nikmatnya tahu campur yang tersaji hangat! (Foto: MAHI)

Masakan yang umumnya timbul di banyak sekali tenda masakan Jawa Timur di malam hari ini memang istimewa. Berteman baik dengan tetangganya mirip tahu telur ataupun tahu thek. Meskipun munculnya di malam hari, bukan memiliki arti kamu dihentikan mencicipinya di siang hari, lho. Apalagi alasannya resepnya mudah untuk disertai.


Yuk, coba resep tahu campur yang satu ini!


iii. Tahu telur, cocok dengan menu apa saja


Sebuah sajian yang sederhana tetapi begitu kaya akan kisah. Apalagi jikalau bukan tahu telur. Bahan-bahannya mudah dicari dan  cara menjadikannya sungguh mudah. Serunya lagi, tahu telur senantiasa cocok dengan berbagai masakan Republic of Indonesia yang lain. Rasanya yang yummy dan berpadu dengan saus kacang yang dilengkapi Bango Kecap Manis ini memang memanjakan pengecap. Bahkan dengan bermodalkan nasi hangat saja, lengkap telah kebahagiaan yang didapat dari sini.


Simak resep tahu telur a la MAHI berikut ini!


four. Lontong balap, lengkap dengan lentho kian yummy


lontong balap
Menu klasik khas Surabaya ini kaya dengan rasa gurih dan elok juga pedas. Seru! (Foto: MAHI)

Berbeda dengan kerabat-saudaranya seperti kupat tahu ataupun ketoprak, lontong balap punya beberapa hal yang membuatnya unik. Salah satunya yakni lentho atau semacam perkedel yang yang dibuat dari singkong dan kacang tolo. Ketika dipadukan, maka lontong balap kian sempurna. Tambahkan sambal ataupun sate kerang, menu khas Surabaya yang satu ini bakal jadi favorit barumu.


Cari tahu cara memasak lontong balap, yuk!


Bagaimana keempat resep tadi? Pasti tertantang untuk membuatnya sendiri di rumah, bukan? Yuk, siapkan materi-bahannya dan mulai memasak!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel