Kembang Goyang Keju


Kembang Goyang, salah satu camilan elok jadul yang ada di toples Idulfitri ya teman-teman. Kue ini enak, kriuk-kriuk renyah gurih ada kurang jelas sedikit manis. Versi jadul pakai tepung beras, rasanya khas kriuknya. Kalau jaman now, ada versi yang empuk, pakai terigu dan tapioka, kembang goyangnya terasa ringan krenyes. Tapi saya suka versi yang jadul..lebih terasa gigitannya dan lebih gurih menurutku pakai tepung beras hihi.


Membuat Kembang Goyang sebenernnya gampang saja sich, gabungan tinggal di aduk-aduk, kemudian celup cetakan ke adonan, goreng. Ada aneka macam bentuk cetakan Kembang Goyang. Aku punya beberapa macam. Favoritku yang saya pakai ini, alasannya ialah bentuk Kembangnya lebih rumit hihi.

Waktu mencelup adonan, cetakan jangan hingga karam ya teman-teman, cukup hingga batas tinggi cetakan saja, semoga kembang goyangnya gampang di lepas dikala di goreng hanya dengan cara di goyang-goyangkan. Itulah kenapa namanya kembang goyang mungkin ya teman-teman.

Waktu gabungan di masukkan ke minyak, minyak sudah panas ya semoga gabungan pribadi mengembang dan tidak mbeling. Jika sudah terlepas, api dapat di kecilkan sedikit semoga tidak gampang gosong. Sebelum cetakan di masukkan ke adonan, sebelumnya  di celup ke minyak panas dulu ya, semoga tidak lengket.

Oke, selamat mencoba ya...

Kembung Goyang Keju

Bahan :
300 gram tepung beras
75 gram gula pasir
2 butir telur
1 sdk teh garam
375 - 400 ml santan ( bila suka kembang goyang agak tebal renyah tekturenya, 375 ml, bila suka yang renyah tipis2 , santan 400 ml)
1/4 sdk teh vanili
75 - 100 gram keju, parut halus
Campur semua bahan
Aduk rata
Panaskan minyak
Celup cetakan kembang goyang ke minyak panas
Celup ke gabungan tepung, hingga tinggi cetakan saja, jangan terendam ya, semoga gampang lepas kuenya dikala di goreng
Goyang2 cetakan, semoga camilan elok lepas dari cetakan, goreng hingga matang dan kering, api kecil ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel