Kuliner Khas Semarang, Nasi Ayam Bu Pini



Hallo,

Maaf usang nggak update web teman-teman..hihi.

Dua ahad ini sibuk banget keponakan di sini menikah. Biasalah..pernikahan sopan santun Jawa, prosesnya panjang, dari dua ahad sebelum nikah udah ada hajatan, dll. Pokoknya waktu serasa kurang. Setelah itu lanjut ada syuting di rumah dengan majalah menu sedap, pulang kampung ke yogya, dll.


Semoga sebelum puasa dapat ada waktu update resep-resep gres yang ketinggalan belum saya upload di sini ya.

Sekarang aku  mau posting kulineran dulu ya. Kangen post kulineran. Karena banyak sahabat yang menanyakan masakan khas Semarang, di ig, saya post di sini aja ya..biar tercatat dan gampang di search.

Salah satu masakan Semarang yang paling legendaris, selain Nasi goreng babat, dll..adalah Nasi Ayam. Nasi Ayam ini bukan nasi pakai ayam goreng ya, tapi satu masakan khas yang merupakan satu paket masakan, dalam satu penyajian. Biasa di jual di pagi hari untuk sarapan atau makan malam. Khasnya di jual di warung-warung lesehan pinggir jalan kalau dulu, ibarat di sekitar Simpang Lima, dll. Tapi alasannya kini sudah di larang PKL di sekitar Simpang Lima, kini kalau mau cari Nasi Ayam yang gampang dan bersih, saya sarankan ke warung-warung khusus Nasi Ayam ini saja.

Ada beberapa warung Nasi ayam yang populer di Semarang, ada Bu Nyoto, Bu Wido, Kemuning, dan Bu Pini . Namun yang favoritku yaitu Bu Nyoto atau Bu Pini. Oke, kali ini saya ulas yang Bu Pini dulu ya. Nasi Ayam Bu Pini ini letaknya di tempat Gang Pinggir Pecinan. Kalau teman-teman mau main ke Pasar Gang Baru, nah sekalian dapat makan di sini. Buka pagi hari untuk sarapan.

Nasi ayam ini, nasinya gurih ya bersantan, kemudian di sajikan dengan telur pindang, sambal goreng labu siam dan krecek, ada opor ayam dan tahu. Kemudian di siram areh santan kental. Sedangkan lauknya ada aneka sate bumbu gurih atau bumbu kuning. Paling suka sich saya sate ususnya hihi. Ada warung yang menyajikan aneka sate rebusan opor, ada yang di ungkep bumbu kuning, kemudian di goreng sebentar. 

Rasa dari Nasi ayam ini untuk nasinya, gurih, untuk luaknya kombinasi gurih, pedes dan sedikit manis. Kalau aneka satenya cenderung gurih. Enak dech kalau pengecap Jawa ya cocok hihi. Oke, selamat mencoba ya teman-teman kalau lagi liburan ke Semarang. Nanti saya ulas masakan lain ya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel