Mangut Tahu Cabe Hijau


Mangut, sajian kuliner bersantan pedas khas Semarang yang baisanya materi utama yaitu ikan asap. Di Semarang ikan asap melimpah, alasannya yaitu erat maritim ya teman-teman. Ikan Asap biasanya dari banyak sekali jenis ikan, namun yang dalam bentuk pecahan daging, biasanya daging ikan Manyung dan ikan Pari. Aku kenal ikan asap sehabis tinggal di Semarang. Awalnya kurang suka, alasannya yaitu aromanya. Tapi semakin usang tinggal di Semarang jadi semakin suka, hihi.


Ikan asap ini khas aromanya jikalau di masak santan. Dan nggak harus cuma ikan asap lho, macam-macam materi dapat kita cemplungin ke kuah mangut. Kadang saya malah kebalik, ikan asapnya cuma sedikit, yang banyak materi lain, misal tahu atau tempe, terong, dll. Makara ikan asapnya ini untuk nyumbang aroma dan menciptakan kuah makin gurih aja. Seperti yang saya buat kemaren, saya buat Mangut tapi lebih banyak tahunya daripada ikan asapnya, maka saya sebut Mangut Tahu aja ya teman-teman hihi. Walau tetap ada ikan asapnya ya.

Mangut  dapat pakai cabai merah atau hijau, ada yang bumbu iris, bumbu ulek, yummy semua sich, saya kalau buat suka-suka aja lagi kepengen yang versi mana. Makara di webku ini banyak ragam resep Mangut ya teman-teman, semua yummy kok, dan punya ciri khas tersendiri.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman, ini ia resepnya.

Mangut  Tahu Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak Manyung Asap ( dapat di ganti ikan asap lain )
200 gram  Tahu putih, potongkotak kecil
100 gram  cabai hijau, iris tipis serong
6 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit,biarkan utuh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis hingga harum. Masukkan santan , dan semua bumbu-bumbu lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak Manyung asap dan tahu. Masak hingga meresap api kecil. Cicipi rasanya. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel