3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven a la Anak Kosan

Namanya anak kos, sudah menjadi keharusan bagi kamu untuk inovatif agar mampu bertahan hidup di segala kondisi. Apalagi ketika akhir bulan tiba. Duh, aku yang pernah ‘menjabat’ sebagai anak kos, tahu benar perjuangan ini! Contohnya, saat sedang ngidam makan pizza, anak kos mesti mencari cara bagaimana agar mampu mengolah makanan pizza sendiri di rumah tanpa keluar ongkos yang banyak. Agar hidup kamu kian gampang, berikut saya berikan tiga cara menciptakan pizza tanpa oven. Praktis, murah, dan rasanya tidak kalah dengan pizza yang ada di kedai makanan!


Pizza Kukus


3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven Ala Anak Kosan
Kukusan ini multi guna lho! Bisa kamu pakai untuk masak pepes, kue, hingga pudding. (Foto: Shutterstock)

Hah, pizza kok dikukus, memangnya enak? Heits, jangan pesimis dulu. Kalau kemarin brownis kukus sempat ngehits dan jadi cemilan nomor satu di ibu kota, pizza kukus mampu jadi cemilan ngehits selanjutnya! Meski cara masaknya berlainan, pizza kukus punya cita rasa yang serupa dengan pizza panggangan. Yang membedakan hanyalah rotinya saja yang lebih empuk.


Untuk membuat Pizza Kukus kau memerlukan: Tepung terigu, ragi instan, garam, mentega dan air hangat. Tahapan membuatnya: Campur tepung terigu, ragi, dan mentega. Aduk campuran sampai kalis dan bentuk lingkaran-bundar. Diamkan adonan hingga mengembang, lalu olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Kukus pizza selama ten-fifteen menit sambil terus ditutupi dengan kain agar air tidak menetes ke dalam pizza.


Pizza Rice Cooker


3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven Ala Anak Kosan
Rice cooker yang serba bisa. (Foto: Shutterstock)

Untuk anak kos, mengolah masakan dengan rice cooker ialah salah satu cara membuat pizza tanpa panggangan. Untuk Pizza Rice Cooker kau memerlukan: Tepung terigu, susu bubuk, minyak sayur, mentega, kaldu ayam debu, ragi, dan air. Tahapan membuatnya: Larutkan gula, kaldu ayam debu, garam dan ragi ke dalam air hangat. Aduk dan diamkan hingga berbuih.


Kemudian, di mangkuk berskala sedang, campur tepung, mentega, dan susu, aduk hingga rata. Di mangkuk berisi tepung, masukkan air adonan ragi. Uleni campuran hingga kalis. Kemudian diamkan gabungan yang ditutup dengan kain lembap selama thirty menit.


Setelah mengembang, masukan adonan pizza ke dalam wadah rice cooker. Tusuk-tusuk campuran memakai garpu gres kemudian olesi dengan saus dan topping pizza sesuai selera. Tutup dan tekan tombol ‘prepare’ dan masak selama five menit. Ketika tombol berpindah ‘warm’, tekan ‘make’ kembali. Ulangi selama three kali atau hingga pizza matang.


Pizza Teflon


3 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven Ala Anak Kosan
Pilih toppingnya sendiri. (Foto: Shutterstock)

Alat masak apa yang dimiliki sejuta umat? Jawabanya yakni panci teflon. Cara membuat pizza tanpa panggangan  yang paling gampang yakni dengan memakai panci tanpa lengket. Yuk lihat apa saja materi-bahan yang kamu perlukan.


Untuk menciptakan Pizza Teflon kau memerlukan: Tepung terigu, susu abu, minyak sayur, mentega, kaldu ayam debu, ragi, dan air. Cara menciptakan campuran Pizza Teflon persis sama dengan Pizza Rice Cooker. Yang membedakan yaitu setelah mengembang, gabungan dipindahkan ke teflon yang sudah diolesi minyak sayur. Kemudian, tusuk-tusuk adonan dengan garpu. Lalu kemudian olesi dengan saus tomat dan topping pizza sesuai selera kamu. Masak dengan api kecil sampai matang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel