6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost

Namanya saja anak kost, niscaya paling malas bila telah menyangkut urusan masak atau higienis-bersih. Tapi di bulan puasa ini justru anak kost mesti mencar ilmu menyisihkan waktu untuk mengolah masakan bill of fare sahur sendiri. Kenapa masak sendiri? Selain lebih hemat, kebersihan masakan telah pasti terjaga. Berikut yakni half dozen bill of fare makan sahur yang cukup dimasak dengan microwave untuk kau coba di bulan Ramadhan ini.


Potato soup


Ini adalah salah satu bill of fare makan sahur yang lezat dan membuatkenyang lebih lama. Untuk sup kentang ini kamu membutuhkan: air, kentang, bawang bombay, keju cheddar, tepung maizena, air kaldu ayam, susu, garam dan lada secukupnya.


Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:



  • Masukkan kentang dan air ke dalam mangkuk tahan panas berskala sedang. Masukkan ke microwave selama three-4 menit atau sampai kentang lunak. Tiriskan dan sisihkan.

  • Di dalam mangkuk berisi kentang, masukkan keju, bawang bombay dan tepung maizena. Masukkan air kaldu dan susu serta bumbui dengan garam dan merica. Masak dalam microwave selama 2 ½ – 3 menit. Sajikan selagi panas.


Coffee cup quiche


6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Kalau takut lapar, boleh kok memakai mangkuk supaya porsinya lebih besar. (Foto: Shutterstock)

Ingin sahur dengan quiche tapi tidak punya kompor? Tidak masalah! Khusus carte makan sahur ini kau hanya membutuhkan microwave dan materi-bahan mirip: telur, baking pulverisation, brokoli, daging ayam matang, bawang merah, keju parmesan parut, keju cheddar parut dan daun peterseli.


Untuk memasaknya cukup membutuhkan tiga langkah:



  • Masukkan telur ke dalam mangkuk besar. Tambah baking soda dan kocok sebentar sampai rata.

  • Masukan brokoli, bawang merah, keju parmesan, keju cheddar dan daun peterseli. Aduk sampai rata.

  • Masukkan adonan ke dalam mug kopi tahan panas. Taburi dengan keju cheddar parut.

  • Masak dalam microwave selama ii ½ menit dan santap selagi panas.


Risotto jamur


6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Makan risotto di resto bisa habis puluhan ribu, bila masak sendiri jauh lebih murah! (Foto: Shutterstock)

Risotto yakni kuliner nasi khas Italian Republic yang umum didapatkan di restoran. Hidangan ini memiliki tekstur creamy yang begitu lezat. Untuk carte ini kamu membutuhkan: mentega, daun bawang, bawang putih, beras jenis Arborio, air kaldu ayam, jamur kancing, keju parmesan parut dan daun peterseli.


Perlu empat langkah untuk memasak card ini.



  • Campurkan mentega, daun bawang dan bawang putih ke dalam mangkuk tahan panas berukuran sedang. Tutup mangkuk dan masak dalam microwave selama two menit atau sampai daun bawang lunak.

  • Keluarkan mangkuk dari microwave kemudian tambahkan beras. Aduk semoga beras tercampur rata dengan mentega. Masak kembali dengan microwave dan kali ini tanpa epilog selama ane menit.

  • Keluarkan dan masukkan 2 cangkir kaldu ayam. Masak kembali selama vii menit dalam fashion“High”, keluarkan dan masak lagi selama five menit dalam style “Medium”.

  • Masukkan jamur dan sisa air kaldu. Tutup dan masak di microwave selama seven menit dalam way “Medium”. Keluarkan dan taburi dengan keju parmesan parut.


Salmon teriyaki


6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Tambah nasi, pas kenyangnya! (Foto: Shutterstock)

Awal bulan yaitu saat yang tepat untuk memanjakan diri dengan masak ikan salmon! Salmon teriyaki ini gurih dan anggun, cocok dikonsumsi sebagai menu makan sahur. Untuk menu ini kau membutuhkan: fillet ikan salmon, soy sauce, air jeruk lemon, gula pasir, bawang putih, dan daun bawang.


Cara memasaknya:



  • Letakkan kulit salmon di segi bawah pada wadah tahan panas. Masukkan semua bahan, kecuali daun bawang, dan tuangkan di atas ikan. Tutup dengan bungkus plastik dan rendam di suhu kamar selama thirty hingga 60 menit.

  • Langkah kedua, masih dengan terbungkus plastik ketat, masak ikan dalam microwave dengan mode “High” selama seven menit. Keluarkan dan sajikan bareng nasi panas.


Garlic prawns


Ini ia lauk kesukaan aku, udang! Meski lezat, kalau masak udang sering kali aku gundah ingin dimasak bagaimana. Beruntung saya menemukan resep satu ini. Untuk carte du jour ini kamu membutuhkan: udang, minyak sayur, bawang putih, daun bawang, saus Tabasco, garam dan lada seperlunya.


Diperlukan empat langkah untuk menciptakan carte ini:



  • Kupas dan buang urat saraf udang. Masukkan udang ke dalam piring tahan panas.

  • Campurkan semua bahan yang lain dan tuangkan di atas udang.

  • Masak di dalam microwave selama five menit dengan way “High”. Sajikan bersama nasi atau mie.


Veggies & couscous


6 Menu Makan Sahur Microwave untuk Anak Kost
Rasa Couscous ini seperti dengan nasi, tetapi lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Menurut para andal gizi, di bulan rahmat penting mengonsumsi masakan kaya serat, salah satunya yakni couscous. Untuk resep ini kamu memerlukan: kaldu ayam, wortel, paprika debu, bawang bombay debu, bawang putih bubuk, saus sambal, bayam, couscous, air buah lemon, tomat ceri, keju parmesan, ketumbar kering dan keju mozzarella parut.


Diperlukan tiga langkah untuk membuat carte ini:



  • Dalam satu mangkuk tahan panas berskala sedang, aduk bersama kaldu, wortel, paprika bubuk, bawang bombay debu, bawang putih bubuk, dan saus sambal.

  • Masak dengan microwave dengan keadaan tertutup selama ii hingga 3 menit.

  • Keluarkan mangkuk dari microwave. Masukkan bayam, couscous, dan jus lemon. Tutup dan masak kembali dengan style “High” selama ane sampai 1 ane/ii menit. Angkat, masukkan tomat dan keju parmesan.


Bagaimana? Seru kan tentu saja. Ayo dicoba ya resep-resep tadi di bulan ampunan tahun ini!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel