5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat

Di bulan rahmat tahun ini, Chef mau berbagi lima tips sahur sehat supaya puasa berpengaruh. Seperti yang kita tahu, selain penuh pesan tersirat, bulan berkat juga penuh godaan. Mulai dari godaan lapar hingga godaan yang datang dari aneka es cuek atau tajil yang menghiasi sudut jalanan. Agar puasa kau makin afdol, ayo coba lima tips dari aku berikut ini ya!


Kurangi makan gorengan dan bagus-cantik


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Berbuka dengan buah jauh lebih sehat dibandingkan gorengan. (Foto: Shutterstock)

Waduh, belum apa-apa telah disuruh mengurangi makan gorengan. Padahal gorengan yakni salah satu kuliner yang paling mudah ditemukan di Ramadan. Gorengan dan makanan elok memang yummy, tapi kedua makanan ini dapat mengembangkan gula darah kamu secara drastis! Gorengan dan masakan manis juga mengakibatkan kamu lebih singkat haus.


Solusinya? Dalam sepekan, coba dulu batasi konsumsi gorengan dan kuliner anggun kau. Selain lebih sehat, menjalani puasa juga akan jadi lebih mudah.


Ganti kopi dengan teh


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Teh juga enak kok! Tambah pecahan lemon semoga makin segar. (Foto: Shutterstock)

Namanya juga orang kantoran, niscaya rasanya lesu jikalau belum ketemu kopi. Sayangnya, ritual minum kopi ini dapat mempengaruhi puasa. Kopi mengandung kafein yang dapat memicu gejala penyakit maag. Kopi juga bersifat diuretik yang bermakna mampu menstimulasi kandung kemih, sehingga menjadikan buatan urine berlebih.


Solusinya? Kurangi konsumsi kopi kau dan ganti dengan teh. Meski sama-sama mengandung kafein, teh masih lebih ringan ketimbang kopi.


“Trik” perut kamu dengan cara ini


Sama seperti kalian, dikala-dikala menanti jam berbuka yaitu yang tersulit. Perut masih mampu diajak kompromi, tapi mata? Duh bawaannya ingin makan apa saja yang tampakdi depan mata! Lapar mata ini yaitu pemicu peningkatan berat badan di bulan puasa yang biasa terjadi. Ketika perut hanya bisa menampung satu mangkuk nasi, tetapi mata berkata lain. Alhasil mesti beli celana gres untuk Lebaran nanti.


Salah satu kiat sahur sehat biar puasa besar lengan berkuasa yaitu meredakan lapar mata. Pertama, sibukkan diri kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa kau lakukan supaya tetap produktif. Misalnya saja latihan ringan dengan berlangsung kaki di sekitaran kawasan kerja selama thirty menit. Kalau jalanan di sekitaran kantor kurang mencukupi, kau mampu melaksanakan hal lain mirip menyusun carte du jour sahur atau membaca buku. Intinya, sibukkan diri kau dengan cara yang produktif.


Rayakan dengan makan malam bersama keluarga


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Apapun makanannya, berbuka puasa bareng keluarga dijamin lebih lezat! (Foto: Shutterstock)

Tips sahur sehat agar puasa kuat yang satu ini yaitu favoritnya Chef! Kalian pastinya ingat kala-abad pertama kali menjalani puasa sarat saat kecil dulu. Agar puasanya tanpa gangguan, orang renta kita umumnya menunjukkan imbalan berupa kado atau masakan yummy.


Nah, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama? Agar puasa makin nikmat, ‘hadiahi’ diri sendiri dengan makan malam istimewa bersama keluarga di rumah. Meski menunya sederhana, berbuka puasa bareng keluarga akan jauh lebih lezat dan istimewa!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel