5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat

Guten tag! Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman, salah satunya yakni pola hidup mereka yang sehat. Sebagai pola, orang Jerman lebih memilih naik sepeda ketimbang naik kendaraan beroda empat sebab lebih sehat dan juga menghemat ongkos parkir kendaraan beroda empat yang mahalnya minta ampun. Gaya hidup ini juga tercermin dari kebiasaan makan orang Jerman juga yang serba sehat.


Mau tahu apa aja kebiasaan makan sehat itu? Berikut adalah beberapa yang mampu dicontoh.


Pecinta Sauerkraut


kebiasaan makan orang Jerman adalah menikmati sauerkraut.
Asem-asem kecut tapi membuatnagih. Itulah serunya menikmati sauerkraut! (Foto: Shutterstock)

Sauerkraut ialah asinan kubis yang khas dan orang Jerman umummencicipinya sebagai makanan pendamping. Cita rasa sauerkraut ini masam sebab ada proses fermentasi alami. Tidak hanya kaya akan probiotik yang bagus untuk pencernaan, tetapi juga mengandung Vitamin A, B, C, dan east. Kalau ingin mencoba sauerkraut, bisa juga disantap sebagai isian pada roti atau sobat pendamping makan steak ataupun sosis.


Sarapan dengan Muesli


kebiasaan makan orang Jerman adalah menikmati serealia.
Mau dikonsumsi dengan susu atau yogurt, sama-sama yummy! (Foto: Shutterstock)

Apakah kita tergolong yang suka sarapan masakan “kelas berat” mirip mi ayam atau lontong sayur? Jika mengawali hari dengan makanan sarat karbo, umumnya kita gampang mengantuk. Kalau telah mengantuk, bisa-bisa hari itu menjadi tidak produktif!


Orang Jerman umumsarapan dengan muesli, yakni serealia kering yang dibentuk dari adonan oat, kacang, buah, dan gandum yang dipanggang hingga kering. Muesli ini mampu dikonsumsi dengan susu atau sebagai cemilan saat jam nanggung.


Kenapa muesli ini sehat? Kandungan seratnya sungguh tinggi dan gandum yang terkandung di dalamnya baik untuk tata cara pencernaan. Kombinasi gandum dan kacang-kacangan membuat perut kenyang lebih usang. Godaan untuk nyemil pun akan terhindari!


Nyemil roti kaya serat


Roti yang orang Jerman biasa konsumsi bukanlah roti tawar putih seperti biasanya. Jika ketimbang roti yang biasa kita makan, roti Jerman memiliki karakteristik lebih bernafsu dan berwarna cokelat. Kalau bertahun-tahun yang lalu kita sempat gempar dengan roti whole grain, orang Jerman justru sudah sedari dulu meninggalkan roti tawar putih. Alasannya? Roti dengan tekstur bernafsu mirip roti rye, whole grain, atau whole wheat mengandung lebih banyak serat yang bagus untuk pencernaan.


Tidak melewatkan sarapan


Sarapan bareng keluarga sudah menjadi salah satu kebiasaan makan orang Jerman. Sebagian besar keluarga di Jerman menikmati sarapan mereka dengan jus jeruk, kopi, atau susu bareng dengan roti atau telur rebus. Orang Jerman jarang berbicara satu sama lain ketika makan. Mereka umumnya tenang ketika menikmati makanan mereka tanpa buru-buru.


Gurkensalat


salah satu kebiasaan makan orang Jerman adalah mengonsumsi gurkensalat.
Gurkensalat ini renyah dan rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Selain sauerkraut, kebiasaan makan orang Jerman lainnya yaitu mengonsumsi gurkensalat atau selada mentimun. Gurkensalat ini populer di aneka macam kalangan umur, terutama bawah umur. Renyah dan nikmat dikonsumsi sebagai teman makan, gurkensalat juga kaya akan vitamin. Mentimun mengandung 95% air, sehingga memakan gurkensalat baik untuk menjaga hidrasi dan menciptakan perut kenyang lebih usang.


Meskipun tidak gampang menerapkan gaya hidup orang Jerman ini sepenuhnya di Republic of Indonesia, tentunya ada beberapa di antaranya yang bisa dicontoh. Dengan mengusahakan perpaduan pola hidup sehat dengan kuliner yang bergizi dijamin akan menciptakan mutu hidup kita semakin berkembangsetiap harinya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel