Kegunaan Microwave untuk Memasak Sayur dengan Mudah

Sayur adalah materi makanan yang nutrisinya mudah hilang kalau terkena panas berlebih. Cara terbaik menjaga nutrisi sayur yaitu memasaknya dengan segera atau membatasi jumlah air yang dipakai. Nah, keduanya ini yaitu berkah kegunaan microwave yang mampu kamu manfaatkan. Kamu bisa mengimplementasikan beragam resep mudah sayuran di robot mini ini.


Macam-macam kegunaan microwave


Tidak mirip sistem mengolah masakan yang lain, microwave tidak memaparkan panas secara berlebih ke sayur sehingga vitamin dan nutrisi sayur tetap terjaga. Microwave sendiri adalah alat masak serba bisa, paling sesuai untuk kau yang mager ataupun tidak punya waktu mengolah masakan. Berikut yaitu beberapa cara memasak sayur dengan memakai microwave:


one. Memasak kol


kegunaan microwave
Beragam kol mampu diolah memakai microwave. (Foto: Shutterstock)

Suka makan siomay atau gado-gado dengan kol? Sayur dengan tekstur renyah ini punya banyak serat yang cantik untuk pencernaan kau. Dengan microwave, kau tidak usah repot lagi menggunakan panci dan kompor.


Potong kol sesuai selera, basuh bersih, kemudian tempatkan dalam mangkuk tahan panas dengan sedikit air. Tutup dan masak selama empat hingga enam menit. Keluarkan dari microwave dan biarkan selama dua sampai lima menit. Bumbui dengan garam dan lada atau sajikan bersama sayuran rebus yang lain.


ii. Memasak resep mudah tumisan


Kamu tidak salah baca kok! Betul, microwave bisa dipakai untuk ‘menumis’ sayur beserta bumbu lainnya. Saat ‘menumis’ sayur dengan microwave, sayuran akan tetap renyah. Jika kamu menumis menggunakan daging, tekstur daging yang diolah dalam microwave akan lebih lembut ketimbang yang diolah dengan wajan.


Keuntungan dari ‘menumis’ dalam microwave adalah cuma menggunakan sedikit minyak. Dapur juga terbebas dari asap atau amis bawang serta kau tidak butuhmengaduk bahan sesering mungkin.


Berikut yakni caranya:



  1. Campurkan minyak, bawang putih, dan bumbu yang lain dalam wadah tahan panas. Masak dalam microwave selama i menit.

  2. Masukkan sayuran yang waktu memasaknya paling lama seperti wortel, labu kuning atau kentang apalagi dahulu. Masak selama ii-3 menit

  3. Masukkan sayuran yang lebih singkat matang seperti buncis atau jamur. Masak selama two-three menit.

  4. Setelah matang, keluarkan dari microwave kemudian diamkan selama 3 menit. Sajikan bersama nasi atau lauk.


3. Memasak sayur beku


kegunaan microwave
Gunakan microwave untuk merebus sayuran beku. (Foto: Shutterstock)

Menggunakan sayuran beku untuk bill of fare oven daging seperti steak atau roast beef yakni satu hal yang biasa selain memakai kentang selaku pendampingnya. Salah satu cara mencairkan sayuran yang dibekukan yakni dengan menggunakan microwave.


Berikut adalah caranya:



  1. Masukkan sayuran beku ke dalam wadah tahan panas. Tambahkan air jika kamu mengolah masakan sayur bertekstur renyah seperti brussel sprouts, atau jika kau suka sayuran yang dimasak memiliki tekstur lembut.

  2. Masak dengan microwave selama 4-5 menit. Aduk-aduk. Ulangi proses mengolah makanan hingga dua kali. Sayuran harus panas namun masih berwarna cerah dan renyah.

  3. Ulangi proses memasak jikalau sayuran belum dirasa lunak.


4. Merebus sayur


Kegunaan microwave berikutnya bisa dimanfaatkan untuk kau yang mempunyai keterbatasan dapur atau perlengkapan memasak. Dengan microwave, walaupun ruangan kawasan tinggal kau terbatas, ternyata kita masih bisa masak makanan sehat dan juga lezat! Salah satu kegunaan microwave yaitu merebus sayur. Sebelum kamu menjajal sendiri di rumah, ingatlah untuk senantiasa menggunakan wadah tahan panas untuk mengolah makanan sayur.


Berikut ialah caranya:



  1. Siapkan sayuran, potong-potong berskala seragam biar sayur matang secara merata.

  2. Tata sayuran secara merata, semestinya gunakan mangkuk kaca. Bungkus mangkuk rapat dengan tutup tahan panas.

  3. Tempatkan wadah dalam microwave.

  4. Setel waktu mengolah masakan dan operasikan microwave. Waktu masak akan beraneka ragam berdasarkan setelan microwave serta berapa banyak sayuran yang kamu masak.

  5. Keluarkan wadah dari microwave dan buka tutupnya. Sajikan.


5. Membuat baked spud


kegunaan microwave
Baked murphy yang legendaris itu mampu diolah cuma dengan memakai microwave! (Foto: Shutterstock)

Ingin makan enak, namun di lemari es hanya ada kentang? Kamu bisa menciptakan baked Irish potato untuk makan malam! Di sinilah kegunaan microwave akan berfaedah untukmu!


Berikut adalah caranya:



  1. Cuci higienis kentang: Cuci dan gosok kentang di bawah air mengalir dan keringkan dengan lap.

  2. Tusuk dengan garpu: Tusuk kentang di setiap segi biar uap panas tidak terjebak di dalam kentang dan membuat kentang pecah.

  3. Lumuri kentang dengan minyak zaitun, garam, dan merica.

  4. Masak dalam microwave selama v menit: Tempatkan kentang di dalam wadah tahan panas dan masak dengan kekuatan penuh selama v menit.

  5. Balik kentang: Gunakan garpu atau jepitan untuk membalik kentang.

  6. Lanjutkan mengolah makanan kentang: Masak kembali selama 3 menit. Jika mengolah masakan dua kentang atau lebih, berikan pelengkap five menit waktu mengolah masakan.

  7. Periksa kentang: Setelah tamat, kentang mesti telah lunak / mudah ditusuk dengan pisau atau garpu. Lanjutkan mengolah masakan selama 1 menit atau sesuai kebutuhan sampai kentang matang. Gunakan sarung tangan untuk mengangkat wadah dari microwave.


Lima resep gampang di atas mampu kau olah dalam waktu relatif singkat, tidak hingga xxx menit! Memanfaatkan microwave untuk memasak sayur jadi solusi juga untukmu yang tak punya waktu lama untuk mengolah masakan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel