8 Jajanan Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan

Akhir pekan senantiasa jadi momen yang tepat untuk pelesir ke Kota Kembang dan berburu jajanan Bandung yang membangkitkan selera. Dimulai dari waktu sarapan hingga makan malam, Bandung seolah tak pernah mangkir menyuguhkan kue yummy. Yamin atau serabi untuk sarapan, siomay untuk jajanan siang menjelang sore bersama segelas es cendol, sampai menikmati roti bakar di malam hari. Seru!


Ini daftarnya!


ane. Batagor


Sambal kacang hampir senantiasa hadir pada hidangan gurih khas Bandung. Misalnya saja siomay, lotek, cireng, cilok, dan lainnya. Kunci kelezatan batagor yang lezat yakni materi baku ikan yang segar dan juga bumbu kacang yang pedas gurihnya pas.


jajanan bandung
Bukan cuma di Bandung, batagor juga terkenal di DKI Jakarta. (Foto: Shutterstock)

2. Siomay


Siomay telah menjadi hidangan yang sangat populer untuk banyak orang sehingga sungguh mudah juga didapatkan di ibu kota. Tapi saat sedang bermain ke Bandung, pasti dihentikan lupa untuk menjajal yang asli. Jangan lupa kucuri jeruk limau pada siomay dan bumbu kacang sebelum dihidangkan semoga cita rasanya kian mantap.


jajanan bandung
Bumbu kacang siomay senantiasa bikin kangen. (Foto: Shutterstock)

three. Yamin


Ini yakni mie ayam model Bandung yang selalu bikin kangen. Sentuhan kecap manis pada bumbu mi ayam menjadi ciri khas yamin. Ingin bikin sendiri? Tambahkan Bango Kecap Manis beserta bumbu mi ayam, aduk bareng mi telur segar.


jajanan bandung
Cita rasa cantik yang unik ciri khas yamin. (Foto: Shutterstock)

iv. Cilok


Tahukah kamu, banyak jajanan Bandung yang namanya ialah kependekan. Salah satunya yaitu cilok, adalah kependekan dari “aci dicolok” (perumpamaan bahasa Sunda untuk tepung kanji atau tapioka, bahan dasar cilok). Cilok dihidangkan bersama bumbu kacang dan dicicipi dengan tusuk satai.


jajanan bandung
Cilok model isi daging juga ada, loh. (Foto: Shutterstock)

5. Seblak


Satu lagi penganan unik Bandung, adalah seblak. Terbuat dari kerupuk yang dimasak bareng bumbu dan materi yang lain seperti telur, sosis, sayuran, atau ceker. Seblak paling nikmat dikala tersaji dengan rasa pedas!


jajanan bandung
Yuk, membuatseblak sendiri. (Foto: Shutterstock)

6. Cireng


Yang ini datang dari singkatan “aci digoreng”. Cireng khas Bandung biasanya diisi dengan sambal kacang yang tidak basah. Versi ini umumnya tidak lagi membutuhkan cocolan selaku pendampingnya.


jajanan bandung
Cireng lazimdijajakan polos atau dengan isi sambal kacang. (Foto: Shutterstock)

vii. Serabi


Ada dua model serabi yang banyak dijajakan di Bandung, ialah versi tradisional dan terbaru. Versi tradisional atau lawas ialah serabi oncom dan serabi kuah kinca. Saat ini banyak serabi yang dijajakan dengan modifikasi, contohnya serabi cokelat, serabi keju, serabi cokelat pisang, dan yang lain.


jajanan bandung
Kamu lebih suka yang mana? Serabi kinca atau serabi oncom? (Foto: Shutterstock)

8. Es Cendol


Selain es cendol khas Bandung, kawasan lain juga punya versi cendolnya sendiri. Misalnya daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur yang mengenal cendol dengan istilah dawet. Kamu dapat memperoleh es cendol dengan sangat mudah di manapun di kota Bandung. Yuk, kita jelajahi jajanan Bandung!


jajanan bandung
Es cendol pas sekali disuguhkan di siang hari. (Foto: Shutterstock)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel