Tertarik Semarak Bisnis Tempe di Mancanegara? Kenali Proses Pembuatan Tempe Berikut Ini!

Proses pengerjaan tempe berlangsung tidak cuma di Republic of Indonesia. Kini, kian banyak WNI yang menetap di negeri-negeri perantauan mulai melirik serunya bisnis tempe. Selain tentunya demi mengobati rasa kangen akan kampung halaman.


Kesuksesan para produsen tempe di Jepang, Amerika Serikat, Commonwealth of Australia, bahkan Timur Tengah begitu memberi gagasan, meski jauh dari negeri sendiri. Memulainya sering kali begitu sederhana – cuma dari usaha rumahan! Bahan bakunya ialah kacang kedelai, semakin gampang didapat dan harganya tidak mahal. Permintaan yang semakin tinggi juga memotivasi para WNI untuk membuka usaha tempe di luar negeri.


daun jati juga bisa dipakai sebagai pembungkus kedelai, sebagai salah satu tahap proses pembuatan tempe
Tempe dengan pembungkus daun pisang. (Foto: Shutterstock)

Prosesnya dimulai dari kacang kedelai yang direndam dan lalu diikat oleh jamur Rhizopus – seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer, atau Rhizopus arrhizus. Rhizopus oryzae ditemukan di bab belakang daun waru ataupun daun jati. Bahkan sekarang jamur pengikat tempe dijual dalam bentuk bubuk dan juga mampu didapat dari pembuatan tempe sebelumnya.


Adapun proses pembuatan tempe yang mampu dipelajari yaitu selaku berikut:



  • Seperti halnya proses pengerjaan susu kedelai, kacang kedelai harus direndam terlebih dahulu untuk menyerap air sebanyak mungkin. Pembuatan tempe memerlukan proses hidrasi ini setidaknya selama 12-eighteen jam. Proses ini juga membantu kulit kacang kedelai terlepas.

  • Setelah direndam, kacang kedelai harus melalui proses pengupasan, untuk lalu dibilas agar menghilangkan olfactory property langu.

  • Sesudahnya kacang kedelai dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Kedelai matang ini lalu diturunkan suhunya dengan cara dikipasi.

  • Lalu saatnya mencampur kedelai matang dengan jamurnya. Kedelai berjamur ini kemudian sudah mampu dikemas dalam plastik atau dedaunan pembungkus (daun pisang atau daun jati). Yang harus ditentukan yaitu kacang kedelai tertutupi merata dengan jamur.

  • Fermentasikan kedelai dalam suhu ruang selama ii hari.


tempe mendoan hasil dari mengetahui proses pembuatan tempe sendiri di rumah
Ngeteh sore akan makin seru jikalau sambil memakan tempe mendoan. (Foto: Shutterstock)

Kita bisa mengawali untuk membuat tempe sendiri di rumah selaku materi latihan dalam ukuran kecil. Jika sukses, maka resep cara membuat tempe bacem, tempe mendoan, atau bahkan burger tempe mampu dicicipi dari hasil bikinan sendiri di rumah. Seru, kan?


Kalau telah jago dengan tempe kacang kedelai, kita mampu membuat alternatif tempe kacang hijau atau tempe kacang kedelai hitam. Untuk sahabat MAHI yang tinggal di luar negeri, mampu jadi ini ialah pertimbangan untuk membuka bisnis tempe. Semakin banyak sekarang ini orang Republic of Indonesia yang bertualang dan tinggal di luar negeri.


Selamat menjajal !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel