Ragam Cara Menggoreng Ayam Sesuai dengan Resepnya

Dari sejumlah kuliner ayam goreng yang paling difavoritkan seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng kremes, atau ayam goreng cabe garam, semua punya belakang layar cara menggoreng ayam yang berlainan. Kunci keberhasilannya dimulai dari proses antisipasi sampai menggoreng yang punya trik tersendiri. Supaya kau mahir soal kuliner ayam yang digoreng, tips berikut ini dijamin mampu membantu kemampuan kau di dapur.


Ayam goreng yang diungkep


Ungkep daging ayam dengan memakai sedikit air atau bahkan tanpa sama sekali alasannya daging ayam sendiri sudah mengandung banyak air. Menggunakan air terlampau banyak akan menciptakan rasa gurih daging menyusut. Beri waktu bagi bumbu ungkep untuk meresap setidaknya berjam-jam atau bahkan semalaman dalam kulkas biar lebih mantap.


Jangan terlalu lama memasak daging pada proses mengungkep, terlebih jikalau kau menggunakan daging ayam negeri yang mau condong lebih cepat matang. Terlalu usang pada proses ungkep akan menciptakan daging lebih singkat hancur. Ini juga berlaku jikalau kau terlalu sering mengaduk daging ayam.


Proses menggoreng dengan durasi dan besar api yang sempurna juga menentukan tekstur dan warna yang sempurna. Agar tekstur daging ayam tidak keras, hindari menggorengnya terlalu usang. Gunakan api besar untuk menjadikannya garing dan berwarna cokelat keemasan. Proses mengungkep telah menjadikannya matang, jadi kau tak perlu menggorengnya terlalu lama.


cara menggoreng ayam
Sebelum digoreng, biarkan bumbu meresap apalagi dulu. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng berbalur tepung


Bumbui daging ayam dengan bumbu perendam. Jika kau masih pemula, pilih daging ayam yang tak terlalu besar dengan serpihan daging sekitar viii-12 potong per ekor. Potongan daging yang lebih kecil akan membantu daging ayam matang lebih singkat. Kesalahan menggoreng ayam goreng tepung biasanya adalah bab dalam yang belum matang, sementara bagian luarnya sudah berwarna cokelat gelap.


Beda dengan proses menggoreng ayam ungkep yang cuma sebentar saja, cara menggoreng ayam balur tepung yang benar memerlukan ‘permainan’ api  yang sempurna supaya matang merata dan lapisan tepung garing. Di tengah proses menggoreng, kecilkan api biar bab terdalam daging matang sempurna. Setelah daging nyaris matang, besarkan api sebentar untuk membuat tekstur kulit dan tepung menjadi renyah.


cara menggoreng ayam
Bersihkan minyak yang kotor sebab tepung sebelum menggoreng ayam goreng tepung yang baru. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng kremes


Yang paling tricky saat menggoreng ayam goreng kremes ialah tepung kremes yang digunakan. Gunakan air es untuk menciptakan campuran tepung agar hasil kremesan garing. Jika suhu adonan telah tidak dingin, tambahkan es serut. Hati-hati dikala menggoreng kremesan karena minyak panas akan meletup-letup. Untuk semua jenis ayam goreng, pastikan kamu memakai minyak banyak atau komposisi minyak yang merendam daging ayam agar daging matang merata.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel