Inilah 5 Jajanan Lokal dan Kue Basah yang Jadi Inspirasi Dessert Kekinian

Kue lembap dan penganan tradisional memang takkan pernah surut peminatnya. Belakangan, justru kue lembap dan kue tradisional kian naik daun memberi inspirasi para chef muda untuk dibuat menjadi kudapan manis-kudapan manis yang unik. Tentu saja popularitas ini diviralkan oleh para penggiat sosmed.


Gerakan ini diawali oleh salah satu kedai makanan premium di Djakarta yang menyajikan cake bernuansa es teler. Unik, sebab dalam cake ini mengandung unsur nangka, alpukat, kelapa, dan wanginya pandan yang menjadi elemen penting untuk cita rasa es teler.


Disambut baik oleh para pencinta dessert, jajanan setempat lain lantas dijadikan ide berikutnya. Dikemas dengan menawan, para pastry chef lain kemudian membuat cake dan dessert yang juga tak kalah unik. Hal ini lantas menimbulkan momen bagi usahawan masakan lain untuk menantang diri dengan hidangan gres yang tak kalah menggodanya!


Selain es teler, beberapa jenis kue lembap dan penganan terkenal yang juga jadi pandangan baru baru yang unik yakni:


one. Kelepon


jajanan dan kue basah tradisional terkenal salah satunya adalah kelepon
Sulit menolak keunikan dan legitnya kelepon, terlebih saat dibentuk menjadi suatu cake yang unik! (Foto: Shutterstock)

Siapa yang tak kenal dengan kue basah berbahan tepung ketan yang diisi dengan gula merah ini? Salah satu kedai di Jakarta menyuguhkan gelato yang terbuat dari kekayaan bahan lokal Indonesia. Seru! Saat menyicip, rasakan bagian penting dalam sebuah kelepon, yaitu manisnya gula merah, harum daun pandan, dan sensasi legit khas dari kelapa!


2. Martabak


Godaan perpaduan meises, kacang, dan keju dalam sepotong martabak sungguh sulit untuk ditolak. Tiga materi taburan martabak ini menjadi tema dan pandangan baru dalam martabak cake yang dijual di beberapa cafe ataupun toko kudapan manis. Yang mempesona ialah satu hidangan kue yang dilapisi oleh cincangan kacang serta karamel. Sungguh istimewa, bukan?


iii. Lapis legit  


lapis legit adalah jajanan dan kue basah yang paling mewah di Indonesia
Bayangkan gelato dengan rasa lapis legit. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Meski sejatinya lapis legit yakni sebuah cake utuh, tetapi ada satu kedai makanan yang mendesain cake berlapis yang terinspirasi sajian tradisional ini. Agar berlainan, cake ini diberi sentuhan cokelat keping di dalam lapisannya. Saat melihatnya sekilas, pastinya ada imbuhan wajib berbentukbumbu spekoek selaku tanda rasa khas kudapan manis lapis legit yang mewah ini.


iv. Es Podeng


kue basah dan jajanan tradisional yang terkenal lagi adalah es podeng
Rasa es podeng yang begitu berwarna ternyata cocok dikala diadaptasi menjadi bentuk cake. (Foto: Shutterstock)

Taburan cokelat meises, alpukat, dan kelapa muda dengan kacang tanah cincang tampakdi atas sepotong es podeng cake. Selain itu es podeng juga dimodifikasi ke dalam bentuk puding dengan lapisaan warna-warna yang khas mirip es podeng.


five. Es Cendol


Beberapa tahun belakangan, es cendol semakin populer di kalangan millennial. Tak cuma disajikan secara klasik (es yang terdiri dari endol, santan dan gula merah), sajian ini juga mulai dimodifikasi dalam banyak sekali bentuk. Misalnya kandungan santan diganti menjadi susu cair. Nyatanya rasa es cendol tetap saja disenangi, terlebih dikala perpaduan tersebut ditambahkan durian atau nangka. Es cendol kini juga ditemukan dalam bentuk kue dan bahkan panna cotta!


Nah, selain penganan di atas, mungkin sobat MAHI akan terinspirasi untuk membuat menu gres. Ayo dapatkan inspirasinya! Siapa tahu ada yang mau menjadi viral di lalu hari?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel