Bingung Ingin Masak Apa? Cobalah 6 Resep Ikan Salmon yang Mudah Berikut Ini!

Sudah sering menjajal beragam resep, dari resep semur daging sampai ayam bakar? Saatnya menjajal hidangan ikan salmon. Resep ikan salmon yang cepat dan mudah selalu saja dicari para pecinta masakan abad kini. Ikan yang kini telah tersedia luas di pasaran makin meroket popularitasnya. Meskipun terkenal alasannya adalah penggunaannya selaku  sushi ataupun sashimi, sesungguhnya ikan salmon begitu fleksibel diolah dengan cara apapun.


Berikut yakni enam resep ikan salmon yang mampu segera diterapkan di rumah:


i. Honey Garlic Salmon


resep ikan salmon honey garlic salmon
Sisihkan setidaknya 15 menit waktu untuk merendam salmon dengan bumbu marinasi. Biarkan bumbu meresap ke dalam ikan. (Foto: Shutterstock)

Lembut dimasak bareng madu dan sedikit bawang putih. Wah, sepertinya inilah resep ikan salmon mudah yang dicari-cari selama ini!


Bahan-materi yang diharapkan: Madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam, daging ikan salmon fillet, lada hitam, dan minyak sayur.


Cara menjadikannya:



  1. Di dalam mangkuk kecil, campurkan madu, air perasan jeruk lemon, bawang putih, garam, dan lada secukupnya secara bumbu marinasi merata.

  2. Taruh daging ikan salmon fillet dalam kantong plastik dan tuangkan bumbu marinasi. Keluarkan udara sebanyak mungkin dan segel kantung plastik tersebut. Dengan lembut bolak-balikkan daging ikan salmon supaya seluruh permukaannya terlapisi bumbu secara merata. Diamkan selama xv menit.

  3. Panaskan wajan anti lengket pada suhu sedang dan tambahkan minyak sayur. Letakkan daging ikan salmon dengan kulit menghadap ke atas. Tutup dan masak selama 3 menit. Buka tutupnya dan masak kembali selama satu menit lagi. Kemudian balikkan ikan dan masak selama iii menit.

  4. Sajikan dengan tumisan brokoli atau salad semoga sajian menjadi lebih sehat lagi.


2. Resep Ikan Salmon Onigiri


resep ikan salmon onigiri
Dibalik bentuknya yang imut-imut, onigiri ini enak dan mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Lupakan kurun-era memandangi kuliner Jepang di TV tetapi tidak bisa mencobanya. Kini onigiri banyak tersedia dimana-mana dan tentunya, mampu juga dibentuk di rumah!


Bahan-bahan yang diharapkan: Daging ikan salmon fillet, beras jepang, nori (lembaran rumput bahari kering), katsuobushi (serutan ikan cakalang), acar buah plum, kecap asin, dan biji wijen.


Cara membuatnya:



  1. Marinasi ikan salmon dengan garam secukupnya secara merata dan diamkan selama ii jam.

  2. Sementara itu, basuh beras dengan air masbodoh setidaknya thirty sampai sixty menit sebelum mengolah masakan. Masak nasi dengan rice cooker hingga matang dan pulen.

  3. Panggang lembaran nori di atas api dan potong melintang menjadi selebar ane inci.

  4. Di dalam mangkuk berukuran sedang, campur katsuobushi dengan kecap asin secukupnya. Bilas garam berlebih dari salmon, sisihkan, dan masak di panci anti lengket selama three sampai five menit. Gunakan garpu untuk menghancurkan salmon menjadi belahan kecil.

  5. Sebelum membentuk onigiri, basahi tangan dengan air yang telah digarami sedikit supaya beras tidak lengket di tangan. Ambil ane/4 cangkir nasi dan bentuk nasi menjadi segitiga kecil memakai tangan.

  6. Setelah berbentuk segitiga, gunakan jempol untuk menciptakan cekungan di bagian tengahnya. Letakkan sesendok sarat isian di cekungan tersebut kemudian tutupi dengan nasi.

  7. Setelah onigiri siap, lapisi dengan lembaran nori.


iii. Salmon Curry


resep ikan salmon kari salmon
Paduan aneka bumbu yang berpengaruh dan legit, pas dipadukan dengan daging salmon yang lembut. Sedap! (Foto: Shutterstock)

Ternyata ada cara untuk membuat sajian kari hanya dalam kurang lebih thirty menit! Ayo simak caranya berikut ini.


Bahan-bahan yang diharapkan: Daging ikan salmon fillet, santan, jahe, gula merah, saus ikan, pasta kari merah, air jeruk nipis, daun kemangi, daun ketumbar, cabai merah, dan garam.


Cara membuatnya:



  1. Potong salmon menjadi dadu berskala sedang.

  2. Masukkan santan ke dalam panci dan tambahkan jahe, gula, saus ikan, pasta kari, dan air jeruk nipis.

  3. Aduk-aduk dan pastikan pasta kari larut dalam kuah. Masak hingga mendidih dan masukkan salmon.

  4. Masak ikan dengan lembut agar tidak hancur selama 5-seven menit. Sajikan bersama taburan daun ketumbar.


iv. Salmon Chowder


resep ikan salmon sup salmon chowder
Inilah menu yang cocok bagi yang kedinginan ataupun yang sedang dalam pemulihan. (Foto: Shutterstock)

Resep ikan salmon yang satu ini cocok untuk dimasak saat isu terkini hujan. Nikmati selagi hangat!


Bahan-materi yang diharapkan: Daging ikan salmon fillet, kentang, daun bawang, jagung, bawang putih, daun thyme, daun salam, cabai bubuk, susu, krim kental, garam, lada hitam, dan air perasan jeruk lemon.


Cara membuatnya:



  1. Potong kentang menjadi dadu kemudian masak sampai lunak. Tiriskan.

  2. Di panci berukuran sedang, tumis daun bawang, bawang putih, daun thyme, daun salam, dan debu cabai dengan mentega sekitar v menit. Kemudian tambahkan susu dan krim dan masak sampai mendidih.

  3. Kecilkan api kemudian tambahkan kentang, salmon, garam, dan merica dan masak sambil aduk perlahan hingga salmon matang.

  4. Tambahkan air perasan lemon dan garam dan lada seperlunya. Buang daun salam sebelum disuguhkan.


v. Salmon Spicy Salad


resep ikan salmon salad salmon
Segarnya salmon salad, cocok untuk segala suasana! (Foto: Shutterstock)

Cobalah resep ikan salmon ini di hari yang panas atau dikala memerlukan carte du jour pembuka yang yummy dan menyegarkan!


Bahan-bahan yang diharapkan: Daging ikan salmon sashimi grade atau secondalmon gravlax, bawang bombay, air perasan lemon, daun selada, mentimun, tomat ceri merah, garam, lada dan saus lemon (yang dibuat dari: air perasan lemon, cuka putih, minyak zaitun, debu cabe, parutan kulit lemon, garam dan lada).


Cara menjadikannya :



  1. Iris bawang bombai dengan bentuk tipis dan memanjang. Rendam bawang dalam air acuh taacuh selama xv menit. Tiriskan dan keringkan dengan kertas tisu. Sisihkan.

  2. Dalam mangkuk kecil, masukkan semua materi untuk saus lemon dan aduk sampai rata. Sisihkan.

  3. Sebarkan daun selada di atas piring bareng irisan bawang, belahan mentimun, tomat ceri merah dan daging ikan salmon. Bumbui dengan bubuk cabai dan garam sesuai selera.

  4. Sajikan bersama saus lemon.


eight. Grilled Salmon amongst Lemongrass


Bumbu yang satu ini memiliki rasa dan smell yang khas sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Olahan ikan salmon berikut cukup sederhana tetapi tetap yummy.


Bahan-bahan yang diperlukan: Daging ikan salmon fillet, kecap asin, minyak zaitun, cabe debu, parutan jahe, batang serai, dan gula aren debu.


Cara membuatnya:



  1. Kocok semua bahan marinasi dalam mangkuk kecuali daging ikan salmon.

  2. Tuang bahan marinasi di atas salmon, oleskan di kedua segi. Diamkan di dalam kulkas selama xxx menit.

  3. Sisihkan daging salmon dari bahan rendaman. Panggang selama four-6 menit di setiap sisinya dan buang sisa bumbu.

  4. Sajikan dengan nasi atau sayur.


Semoga resep-resep mudah ini mampu memberi gagasan sobat MAHI sekalian yang tidak mau berlama-lama di dapur tetapi ingin menciptakan sesuatu yang istimewa! Jangan lupa untuk senantiasa cek bagian resep kami untuk aneka macam kombinasi mengolah makanan ikan lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel