Bukan Hanya Rendang, Inilah Makanan Tradisional Indonesia yang Semakin Mendunia!

Makanan tradisional Republic of Indonesia memang tak tertandingi dan tak tergantikan. Terbukti, beberapa makanan khas Nusantara sukses merebut hari para pencinta masakan di luar negeri dan mencuri perhatian dunia. Sebut saja mislanya rendang yang pernah dinobatkan selaku kuliner terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017. Menyusul lalu es cendol dan nasi goreng yang turut meramaikan ketenaran kuliner Nusantara di dunia.


Berikut adalah beberapa kuliner Indonesia yang sukses di dunia diaspora.


Satai


Siapa yang tidak baiklah bila Indonesia ialah gudangnya satai? Ada banyak sekali kombinasi satai Nusantara yang memperkaya gugusan jumlah kekayaan masakan Republic of Indonesia. Misalnya saja Satai Maranggi yang sukses menciptakan antrean pada ketika World Street Food Congress di Manila sementara waktu kemudian.


Begitu juga dengan satai ayam berbumbu kacang yang kerap mengisi daftar bill of fare kedai makanan Republic of Indonesia di mancanegara. Tapi tidak hanya itu, masih berbagai kombinasi satai di Indonesia, Misalnya saja ada satai Blora, satai sumsum, satai buntel, satai klathak, satai lilit, dan masih banyak lagi.


Rendang


Sejak dinobatkan selaku kuliner terenak di dunia oleh CNN di tahun 2017, rendang terus menikmati kepopulerannya. Menjadi sebuah kewajiban bagi para pelancong yang berkunjung ke tanah air untuk menjajal hidangan populer tanah Minang ini. Variasi rendang di tanah air pun tak terbatas hanya pada daging saja, melainkan ada juga rendang sayuran, rendang telur dan rendang ikan.


Rendang, makanan tradisional khas Minang yang juga populer di Indonesia.
Rendang, salah satu kuliner tradisional Indonesia yang melejit di dunia. (Foto: Shutterstock)

Es Kelapa


Bersyukurlah kita yang tinggal di negara tropis yang mempunyai kekayaan berlimpah. Es kelapa muda ternyata menempati posisi twenty besar dalam daftar fifty minuman terenak di dunia! Di Republic of Indonesia, kelapa digunakan sebagai materi baku untuk minuman, santan sampai kelapa kering. Air kelapa eksis berada di daftar minuman terenak di dunia bareng minuman terkenal lain, mirip misalnya mojito atau mango lassi.


Nasi Goreng


Saking terkenalnya nasi goreng di kelompok pelancong, para selebritas dunia kerap ingin tau dengan salah satu menu kaki lima terfavorit ini. Nasi goreng kerap jadi sajian ‘must-attempt‘ bagi para wisatawan mancanegara yang sedang berpelesir ke tanah Republic of Indonesia. Sejatinya, ilham menciptakan nasi goreng di masa lampau yaitu memanfaatkan nasi sisa semalam sebagai hidangan sarapan pagi. Kini nasi goreng juga kerap dihidangkan sebagai masakan praktis yang bisa dirasakan seharian dan bahkan acap kali disajikan sebagai bekal simpel.


Soto


Tahukah bahwa soto menjadi salah satu dari 5 masakan nasional pilihan Kementerian Pariwisata? Terpilihnya kuliner tradisional ini ialah alasannya Indonesia memiliki banyak jenis hidangan soto sehingga dikenal banyak golongan. Soto kerap hadir di pekan raya masakan Republic of Indonesia di luar negeri sehingga namanya mulai diketahui .


Hampir semua daerah memiliki model soto yang berlawanan. Sebut saja soto Betawi, soto Medan, soto Padang, soto Banjar, soto Lamongan, dan yang lain.


Es Cendol


Siapa yang tak jatuh cinta dengan perpaduan santan, gula merah dan cendol? Saking jadi minuman favorit, minuman es cendol divariasikan jadi banyak sekali versi. Misalnya saja cendol durian, cendol nangka, cendol avokad, hingga dimodifikasikan selaku dessert mirip parfait dan cake.


makanan tradisional di antaranya adalah cendol
Sebagai pencinta cendol, wajib kita tahu apa saja kombinasi es cendol kontemporer. (Foto: Shutterstock)

Dari semua daftar di atas, mana yang merupakan favoritmu? Yuk, coba juga resep Soto Betawi dan Nasi Goreng Rendang sebagai nasehat masakan tradisional minggu ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel