5 Ide Menu Makan Siang Sederhana yang Kaya akan Nutrisi

Beragam cara untuk membuat carte makan siang sederhana namun kaya akan nutrisi. Mulai dari untuk disuguhkan di rumah hingga bekal ke sekolah ataupun kantor. Tidak perlu galau mencari-cari lagi, sebab Masak Apa Hari Ini telah mempersiapkan 5 inspirasi yang bisa dicoba satu per satu atau dikombinasikan secara keseluruhan.


Selamat menjajal !


Menu makan siang kuliner rumahan


1. Opor telur kuning



Inilah resep rumahan yang selalu hadir di segala kesempatan. Dari carte du jour harian hingga hari raya mirip Lebaran ataupun Idul Adha. Opor Telur Kuning mempunyai sedikit perbedaan dengan Opor Ayam, namun dari sisi rasa tentu tidak kalah dan warna tampilannya sesuai dengan namanya. Ini dikarenakan kehadiran berbagai rempah yang datang dari bumbu halusnya.


Tak hanya opor telur ataupun opor ayam, kita juga perlu menyandingkannya dengan bermacam-macam menu khas Eid lainnya. Sebut saja contohnya rendang, ketupat, ayam goreng, dan beragam sajian tradisional dari masing-masing tempat. Tentunya ada saja menu spesial yang jarang kita jumpai setiap tahunnya yang hanya ada di ketika Lebaran. Manfaatkan momen ini untuk menemani hidangan opor.


Simak resep lengkap Opor Telur Kuning.


2. Brokoli saus jamur


Memanfaatkan brokoli dan jamur champignon yang kini kian tersedia luas dan harganya makin terjangkau, maka menjadi suatu wangsit yang bagus pastinya untuk menggabungkan keduanya. Dengan cara dan waktu membuat yang begitu mudah dan singkat, maka card ini tepat tersaji baik selaku panganan utama ataupun pendamping yang sehat!


Resep simpel mirip ini pantas juga didampingi macam-macam hidangan utama lainnya, apalagi yang punya citarasa Peranakan. Sajikan dengan beragam hidangan berprotein hewani dari ayam sampai daging sapi. Semua tersedia lengkap di Masak Apa Hari Ini!


Simak resep lengkap Brokoli Saus Jamur.


three. Semur ayam kecap



Belum lengkap masakan Republic of Indonesia tanpa kedatangan semur. Karena gampang didapat, bernutrisi dan harganya terjangkau, ayam adalah opsi tepat untuk protein semur kali ini. Dengan bermacam-macam rempah dan kedatangan Bango Kecap Manis, resep yang satu ini wajib diingat semoga dapat dibuat dengan mudah di saat-waktu.


Masakan legendaris ini tidak hanya selalu dibentuk dengan ayam, lho. Kita bisa juga menyandingkannya dengan daging sapi sampai yang unik-unik seperti jamur, telur puyuh, hingga bahkan jengkol. Sajikan dengan nasi putih atau nasi uduk, niscaya kenikmatannya tiada tara!


Simak resep lengkap Semur Ayam Kecap.


iv. Suun goreng


Nasi hangat rasanya akan lebih lengkap kalau ditemani dengan mie goreng atau pada kesempatan ini, suun goreng. Berbekal bahan-materi dasar, suun rebus, dan proses tumis menumis, maka resep ini akan akhir diolah dalam tempo yang singkat. Ingin lebih spesial lagi? Tambahkan fillet dada ayam, jamur shiitake, sampai udang.


Tidak hanya nasi putih, kamu juga mampu memadukannya dengan banyak sekali nasi yang lain. Misalnya saja nasi uduk atau nasi kuning. Untuk kau yang terbiasa dengan nasi merah, suun goreng menunjukkan keseimbangan yang tepat biar karbo yang kamu santap tidak terlampau berlebihan. Kapan-kapan boleh coba lho dengan shirataki!


Simak resep lengkap Suun Goreng.


v. Sayur asam pedas


Sayur asam pedas dengan ikan peda tersaji.
Berbeda dengan sayur asam pada umumnya, kali ini kita memakai ikan peda. (Foto: Shutterstock)

Selain Opor Telur Kuning, tentunya orang Indonesia juga penyuka menu Sayur Asam. Rasanya yang menyegarkan dan segala nutrisi yang terkandung di dalamnya betul-betul menjadikannya menu yang tepat di segala situasi. Pada resep Sayur Asam kali ini, kita menyertakan ikan peda dan rasa pedas agar membuatnya lebih seru.


Tidak cuma dengan ikan peda, Masak Apa Hari Ini juga pernah menyajikan sajian serupa namun dengan iga sapi. Bahkan ada beberapa di antaranya yang memadukan sayur asam dengan ikan salmon! Dengan adanya poly peptide hewani yang unik ini, kita telah menjadikan sayur asam kian mod dan gampang diterima oleh dunia.


Simak resep lengkap Sayur Asam Pedas dengan Ikan Peda.




Dengan demikian, lengkap sudah carte du jour-sajian hari ini, bukan? Padankan Brokoli Saus Jamur dengan Suun Goreng, ataupun Opor Telur Kuning dengan Semur Ayam Kecap. Untuk besok lusa, cukup bermain-main dengan carte makan siang sederhana lainnya yang belum dicoba. Seru, kan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel