Ketahui Cara Memadankan Jenis-Jenis Pasta dengan Sausnya yang Tepat

Hari gini, siapa yang tak kenal dengan jenis-jenis pasta dan berbagai sausnya? Makanan khas Italian Republic ini populer sampai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia sehingga banyak restoran yang menjualnya. Jenisnya juga macam-macam, mulai dari spaghetti, fetuccine, fusilli, dengan beragam jenis saus seperti carbonara, bolognese, sampai aglio e olio.


Selain kesannya yang enak dan beragam, menciptakan beraneka sajian pasta juga rata-rata relatif gampang. Langkah-langkah mengolahnya tidak kompleks dan waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama. Tak heran, bila masakan dari negara yang populer dengan pemain sepakbolanya ini sering jadi pilihan untuk hidangan di rumah.


Meski membuat pasta tidak terlalu rumit, kau perlu tahu padanan jenis-jenis pasta dan saus yang tepat. Sebenarnya ini bukan teori yang wajib, namun tak ada salahnya kamu mengikuti kebiasaan orang Italian Republic dalam memadukan pasta dan saus yang tepat.


Berikut adalah paduan jenis-jenis pasta dan saus yang bisa kau praktikkan di rumah!


1. Spaghetti dan Saus Bolognese


Jenis-jenis pasta berupa spaghetti bolognese.
Siapa yang tidak memedulikan menu yang sungguh populer ini? (Foto: Shutterstock)

Pasta berjenis spaghetti dengan paduan saus bolognese adalah sajian yang paling familiar di Republic of Indonesia. Resep ini bahkan membuat banyak orang Indonesia menyebut semua jenis pasta sebagai spaghetti. Paduan lezatnya rasa bawang bombay, tomat, daging sapi, dan rempah lainnya pada saus bolognese jadi favorit seluruh dunia.


Padanan saus bolognese dan spaghetti memang lazim digunakan di negeri asalnya. Berbentuk mirip mie yang kita kenal sehari-hari, menjadikannya cocok dipadukan dengan saus tomat segar. Saus bolognese yang berasal dari kota Bologna di Italia juga tetap bisa diaplikasikan pada jenis pasta turunan spaghetti mirip angel hair contohnya.


2. Fettuccine dan Saus Carbonara


Rasa gurih dari saus carbonara berasal dari paduan keju parmesan dan kuning telur. Saus bertekstur kental ini cocok disuguhkan dengan pasta berjenis fettuccine.


Dalam Bahasa Italian Republic sendiri fettuccine memiliki arti pita kecil. Pasta fettuccine berbentuk panjang, pipih, dan lebih lebar dari spaghetti. Seolah ini mengingatkan orang Indonesia dengan kwetiau. Bentuknya yang lebih tebal dan lebar dinilai cocok disandingkan dengan saus yang kental atau creamy mirip carbonara.


iii. Fusilli dan Saus Pesto


Jenis-jenis pasta pesto fusilli.
Saus pesto yang segar ini cocok berpadu dengan fusilli. (Foto: Shutterstock)

Saus pesto yang berwarna hijau sering dipadukan dengan pasta berjenis fusilli. Saus berwarna hijau ini ialah adonan dari olive, daun basil, dan kacang pinus (pino nut). Kata pesto sendiri ini berasal dari bahasa Italian Republic, pestare yang memiliki arti menumbuk dan memang pembuatannya dijalankan demikian.


Pasta fusilli yang berbentuk spiral, pendek, dan memiliki banyak ruang kecil di dalamnya dianggap cocok jadi paduan saus pesto. Pasta yang berasal dari Italia selatan ini juga kerap disuguhkan dengan saus tomat ataupun ikan tuna.


four. Spaghetti Aglio e Olio


Sepiring pasta spaghetti aglio e olio.
Rasa aglio e olio yang ringan justru makin ingin membuat tambah terus. (Foto: Shutterstock)

Satu lagi hidangan pasta yang jadi favorit banyak orang, yaitu spaghetti aglio e olio. Untuk rasa pedas, orang Italian Republic kadang menyertakan juga bubuk cabai kering atau chili flakes yang disebut dalam bahasa Italy selaku  peperoncino.


Bahan wajibnya ialah minyak zaitun dan bawang putih, sesuai dengan namanya. Tambahannya mampu berupa peterseli serta keju parmesan atau pecorino. Alternatifnya, kita juga bisa memakai pasta jenis fettuccine.


five. Fettuccine dan Saus Alfredo


Sepiring pasta fettuccine alfredo.
Saus alfredo wajib menggunakan keju parmesan. (Foto: Shutterstock)

Sekilas, saus alfredo seperti dengan carbonara. Perbedaannya, saus alfredo menggunakan mentega dan keju parmesan untuk menyelimuti permukaan pastanya. Untuk itu, jenis pasta yang dipakai juga serupa dengan carbonara, ialah fettuccine. Hmmm, terbayang, kan, kelezatannya?


Selain pilihan klasik ini, Masak Apa Hari Ini telah mengembangkan beberapa hidangan pasta mirip spaghetti dengan bumbu rendang, ayam goreng renyah, ataupun dendeng dan cabai hijau. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel