8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Juga Kamu Kuasai

Teknik mengolah makanan apa yang sering kau aplikasikan di dapur? Menggoreng, atau merebus? Ada banyak teknik masak masakan yang mampu digunakan. Para chef profesional memakai istilah khusus untuk menamainya. Setiap teknik mempunyai perbedaan yang cukup rincian. Contohnya saja, teknik merebus yang terbagi menjadi berbagai macam, mirip simmering dan boiling. Apa ya perbedaannya?


Secara garis besar, teknik masak terbagi menjadi tiga, yaitu memasak dengan konveksi air, memasak dengan konveksi minyak, dan memasak dengan panas kering (dry rut). Di antara beragam jenis teknik mengolah masakan yang sering dipakai para chef profesional, setidaknya ada seven teknik masak yang terkenal dan penting untuk para ibu kuasai di rumah. Apa saja itu?


1. Teknik Memasak Boiling


Teknik mengolah makanan yang satu ini sungguh terkenal. Boiling ialah merebus kuliner memakai cairan seperti air, kaldu ayam, ataupun santan. Prosesnya dimulai ketika air dipanaskan mencapai suhu 100 derajat Celcius. Makanan yang direbus akan cepat matang dalam suhu tersebut. Panas dapat ditambahkan dengan menutup panci sehingga uap air tertahan dan menyebabkan panas. Teknik ini sering digunakan untuk mengolah masakan sup.


2. Teknik Memasak Simmering


Simmering yaitu teknik mengolah makanan dengan cara merebus seperti boiling, namun dengan suhu yang dijaga semoga tetap stabil di bawah 100 derajat Celcius dan di atas suhu poaching. Caranya adalah dengan mengecilkan api ketika air mulai mendidih. Biasanya teknik ini dilaksanakan untuk mendapatkan saripati mirip kaldu dari serpihan tulang daging.


iii. Teknik Memasak Poaching


Teknik memasak poaching telur.
Poached egg kini kian terkenal di Republic of Indonesia, walaupun cara memasaknya cukup menantang. (Foto: Shutterstock)

Mirip dengan boiling, poaching yakni teknik merebus dengan volume air yang tidak terlalu sarat cuma setinggi masakan yang direbus saja. Proses poaching berlangsung lebih lambat alasannya membutuhkan suhu yang lebih rendah adalah 92 – 96 derajat celcius. Contoh masakan yang diolah dengan teknik poaching adalah poached egg dan berbagai poly peptide yang lain. Banyak pula cara mengolah makanan telur dengan gaya modernistic lainnya.


4. Teknik Memasak Braising


Braising juga ialah teknik masak yang cukup terkenal dipakai oleh chef profesional. Ini ialah teknik mengolah masakan masakan dengan sedikit air mendidih. Bedanya, sebelum mematangkan masakan dengan air rebusan, masakan harus diolah apalagi dulu. Biasanya para chef mengkremasi atau memanggang bahan kuliner apalagi dahulu sampai warnanya kecokelatan lalu dibumbui atau dimarinasi. Baru kemudian dimasak kembali memakai sedikit air dalam wajan yang tertutup sehingga bumbu meresap tepat.


5. Teknik Memasak Steaming


Teknik memasak steaming pada sayuran.
Steaming sayuran makin diminati alasannya adalah sehat dan mempertahankan kandungan nutrisinya. (Foto: Shutterstock)

Istilah steaming tentu telah tidak abnormal di indera pendengaran kita. Ya, steaming yakni teknik mengukus masakan. Steaming memakai uap air panas untuk mematangkan makanan tanpa ada sentuhan pribadi dengan air. Teknik ini banyak dipakai untuk masak kuliner kudapan dim marrow.


half dozen. Teknik Memasak Sautéing


Sauté adalah proses menggoreng kuliner dengan sedikit minyak. Biasanya sautéing menggunakan wajan datar. Dibutuhkan suhu yang sangat panas untuk menyempurnakan proses ini. Biasanya makanan harus dimarinasi terlebih dulu sebelum dimasak dengan teknik ini. Proses penggorengan juga cukup sebentar, hanya hingga makanan berganti hingga kecokelatan.


7. Teknik Memasak Deep Frying


Berbeda dengan sauté, deep frying memerlukan minyak yang banyak dengan bentuk wajan yang lebih dalam. Sebelum memasukkan makanan, pastikan minyak telah benar-benar panas. Biasanya, teknik makanan ini digunakan untuk makanan yang membutuhkan kematangan yang rata seperti kentang goreng.


8. Teknik Memasak Baking


Teknik memasak baking kue.
Membuat kue alias baking kini menjadi semakin populer di Republic of Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Selain mengolah masakan dengan air dan minyak, ada pula teknik mengolah makanan dengan cuma memakai energi panas. Salah satu cara yang kita kenal ialah dengan memakai oven. Baking yakni salah satu teknik masak yang memakai energi panas dan sungguh populer digunakan untuk menciptakan kudapan manis.




Yuk, kenali juga lebih spesifik soal beragam cara mengolah makanan di atas tadi! Misalnya mirip cara mengolah makanan deep frying dengan hasil sempurna yang mampu kau terapkan misalnya untuk membuat donat kentang. Masak kuliner apapun jadi lebih mudah ketika kita tahu tekniknya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel