5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu

Memanggang kuliner tak mesti senantiasa menggunakan oven. Kita mampu berinovasi dan bereksplorasi dengan peralatan dapur yang ada. Beberapa masakan yang lazimnya dipanggang dengan panggangan seperti macaroni schotel, brownies sampai roasted chicken juga bisa lho diolah tanpa panggangan.


Bagaimana ya caranya? Kali ini, kita akan membuatkan 5 trik memanggang tanpa panggangan yang bisa kau kerjakan di rumah. Yuk, simak alat-alat yang bisa kamu gunakan berikut ini!


i. Wajan Antilengket


Wajan antilengket sebagai substitusi dari oven.
Gunakan wajan antilengket selaku pengganti oven. (Foto: Shutterstock)

Cara paling sederhana memanggang tanpa panggangan ialah dengan memakai wajan anti lengket. Beberapa makanan seperti roasted potato, pizza a la anak kosan, bahkan sayap ayam panggang mampu diolah menggunakan wajan.


Sebelum dipanggang, masakan sebaiknya dimasak apalagi dahulu. Misalnya, kalau kita ingin mengolah makanan roasted white potato, maka seharusnya kita rebus dulu kentangnya sampai matang kemudian dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Kemudian, panggang di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak sampai kulitnya berganti kecokelatan.


two. Double Pan


Ingin membuat roasted chicken yang juicy? Coba gunakan double pan atau wajan dua sisi yang mampu ditutup. Dengan bentuk yang tertutup, uap air akan tertahan dan menciptakan panas yang hendak menciptakan daging menjadi matang.


Agar hasil optimal, memanggang dengan double pan harus memakai api yang kecil. Contohnya bila kita ingin membuat roasted chicken, langkah pertama yaitu memarinasi ayam dalam satu malam. Kemudian kemasan ayam dengan aluminum foil dengan menambahkan beberapa rempah kemudian panaskan dengan double pan memakai api yang kecil selama sekitar 30 menit – one jam.


three. Blow Torch


Blow torch sebagai pengganti oven.
Adalah wangsit yang manis untuk berinvestasi berbelanja blow torch semoga menu di rumah tampil menawan . (Foto: Shutterstock)

Blow torch juga mampu mengambil alih panggangan untuk mematangkan kuliner dalam waktu singkat. Bentuk blow torch berupa tabung gas kecil dengan penyemprot api di bab ujungnya


Biasanya blow torch dipakai untuk melelehkan keju di atas kuliner, melelehkan gula menjadi karamel, hingga aben daging sehingga berwarna kecokelatan. Blow torch sangat cocok dipakai untuk makanan kontemporer mirip salmon mentai dan martabak mozzarella. Satu alat yang sangat erat kita lihat ketika mendatangi restoran sushi.


4. Rice Cooker


Rice cooker juga mempunyai fungsi yang bervariasi, salah satunya menggantikan fungsi oven untuk makanan tertentu. Beberapa masakan yang mampu kamu hasilkan dengan rice cooker yaitu macaroni schotel hingga brownies.


Namun, sedikit berlawanan dengan oven, hasil memanggang dengan rice cooker cenderung lebih lembap. Teksturnya juga menjadi lebih lembut dibandingkan masakan hasil dipanggang dengan oven. Untuk itu, kuliner dengan teksur yang lembap mirip macaroni schotel, cocok dimasak memakai rice cooker.


v. Panggangan Arang


Panggangan arang bisa menggantikan peranan oven.
Orang Republic of Indonesia pasti telah dekat dengan alat masak yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Sebelum kita mengenal oven, panggangan arang sudah lebih dahulu digunakan oleh nenek buyut kita. Kita juga bisa menggunakan cara klasik ini untuk memanggang kuliner mirip ayam bakar atau steak daging.


Berbeda dengan panggangan yang mempunyai panas merata, panggangan arang menawarkan panas dari satu sisi saja. Suhunya juga lebih tinggi sehingga  membuat kuliner memiliki imbas ‘hangus’ dengan rasa yang khas.


Nah, ternyata banyak cara yang bisa kita pakai dibandingkan dengan berinvestasi membeli alat masak yang satu ini. Simpan dulu keinginanmu dan menabung apalagi dahulu, sementara kita bersenang-bahagia memasak dengan aneka macam alat yang kita sudah miliki terlebih dulu!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel