5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebagai Obat Kolesterol Alami

Karena selalu diasosiasikan dengan hal yang tidak sehat, orang-orang kini seolah berlomba untuk mampu menikmati berbagai pilihan obat kolesterol alami. Meskipun memang ada benarnya, pertama-tama perlu kita mengenali apalagi dulu apakah kolesterol itu.


Salah satu fungsi hati ialah untuk memproduksi kolesterol dan tersebar di seluruh badan “mengendarai” poly peptide melalui pembuluh darah. Mengapa demikian? Itu alasannya adalah kolesterol yaitu salah satu fondasi yang membangun membran sel dalam tubuh kita. Selain itu, fungsi yang lain ialah untuk memproduksi vitamin D, hormon, dan sebagai fasilitas untuk mengolah masakan yang berlemak.


Hanya saja gaya hidup kita yang menimbulkan badan memproduksi terlampau banyak kolesterol. Ketika menumpuk di pembuluh darah, di sinilah aneka macam persoalan akan dimulai. Karena menyumbat, kolesterol menjadi kontributor utama terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, sampai serangan jantung. Itulah sebabnya penting bagi kita mengenali obat kolesterol alami berupa kuliner-makanan sehat yang dapat meregulasi tingkat kolesterol dalam tubuh. Berikut yakni di antaranya:


one. Avokad


Avokad, obat kolesterol alami sebagai roti bakar.
Avocado toast, cara nikmat mengonsumsi “obat kolesterol alami” (Foto: Shutterstock)

Salah satu buah yang sungguh gampang didapatkan di Republic of Indonesia. Selain tekturnya yang seperti mentega dan mampu diolah menjadi aneka macam hal, avokad mempunyai nutrisi yang tinggi. Kandungan serat dan lemak tak jenuhnya dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat LDL dan menaikkan tingkat kolesterol baik HDL. Satu studi dari National Institutes of Health di Amerika Serikat menyebutkan satu studi bahwa orang remaja yang mengalami obesitas sukses menurunkan kolesterol LDL berkat mengonsumsi avokad setiap harinya.


two. Ikan salmon


Jenis ikan berlemak dan kaya omega-3 mirip ikan salmon mampu memaksimalkan tingkat kolesterol HDL dan mencegah inflamasi serta stroke. Popularitas ikan berlemak mirip salmon dan tuna memang sangat meningkat belakangan dan orang Indonesia telah semakin gampang mendapatkannya di swalayan. Hanya saja tentukan pengolahannya berupa proses kukus ataupun rebus. Proses penggorengan justru bisa membuatnya tidak sehat untuk tubuh kita. Pastikan untuk mengetahui cara mengolah ikan salmon dari Masak Apa Hari Ini.


iii. Cokelat


Dark chocolate tanpa gula.
Pilihan yang lebih sehat yaitu nighttime chocolate. (Foto: Shutterstock)

Sebelum terlalu senang, kita perlu memutuskan dulu bahwa cokelat yang dimakan yaitu tipe yang nighttime chocolate (75% – 85% kandungannya) dan minim gula. Seperti yang kita ketahui, cokelat susu atau white umumnya berisikan banyak kandungan gula yang justru tidak sehat. Satu studi menemukan bahwa konsumsi cokelat hitam mampu eksklusif menurunkan tingkat kolesterol LDL dan juga tekanan darah. Ini dikarenakan oleh kandungan flavonoid dari cokelat.


4. Okra, obat kolesterol alami


Sama halnya dengan terung, okra memiliki tingkat kalori yang rendah dan kandungan serat yang sungguh tinggi. Keduanya mudah didapatkan di pasar, tapi mungkin orang Republic of Indonesia lebih percaya diri mengolah terung. Padahal okra memiliki banyak cara untuk diolah. Kita mampu mengadopsi kuliner khas Republic of India ataupun Semenanjung Malaya untuk mengetahui cara mengolahnya yang sempurna.


five. Kacang kedelai


Soybean milk, obat kolesterol alami.
Susu kedelai tanpa gula, salah satu pilihan obat kolesterol alami yang menyehatkan. (Foto: Shutterstock)

Inilah teman sejati orang Indonesia. Di negeri ini, kita menemukan terlalu banyak olahan kacang kedelai yang sungguh yummy untuk dinikmati. Tidak hanya tempe, kita mampu mereguk kehebatannya lewat susu olahan kacang kedelai ataupun tahunya. Satu studi menyebutkan bahwa konsumsi olahan protein kedelai sebanyak 25 mg setiap harinya dapat berkontribusi untuk penurunan kolesterol LDL sebesar setidaknya 5% dalam tubuh.




Ternyata mudah ya mencari obat kolesterol alami setiap harinya di Republic of Indonesia. Satu hal yang perlu kita perhatikan selanjutnya yaitu mempertahankan asupan masakan dan minuman lainnya dan mempertahankan gaya hidup agar tetap sehat. Bila perlu, kita mampu juga mengikuti teladan diet atau olahraga tertentu yang sedang kontemporer dan terbukti hasilnya baik. Selamat menikmati hidup yang lebih sehat!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel