Mengenal Lebih Dalam Boba Drink, Minuman Hits yang Bikin Antri Panjang

Siapa yang tak kenal boba drinkMinuman cantik dengan topping black pearl ini sedang hits di media sosial. Beberapa gerai boba potable di Jakarta, dipadati antrean mengular. Bahkan, ada yang rela mengantre lebih dari dua jam!


Boba drink merujuk pada minuman sejenis bubble tea yang terdiri dari racikan susu, teh, gula, dengan topping pearls yang terbuat dari tepung tapioka dan gula. Menariknya, boba drink bukanlah minuman yang baru diluncurkan karena telah ada di Taiwan semenjak tahun 1987!


Sajian boba yang diminati banyak orang.
Boba drinkable yang berasal dari Taiwan ini kian terkenal diseluruh dunia! (Foto: Shutterstock)

Penamaan Boba Drink


Boba bukan satu-satunya nama untuk racikan minuman anggun ini. Kita telah lebih dahulu mengenalnya dengan sebutan black pearl. Ada juga yang menyebutnya selaku tapioca tea, boba n acai, milk tea, dan pearl tea. Ada yang menyebut nama boba berasal dari Hongkong yang memiliki arti mutiara, ada pula yang menyebut boba berasal dari bahasa slang Communist China yang bermakna payudara. Warna boba juga tak selalu hitam. Di salah satu gerai bubble tea yang populer, topping dibentuk berwarna emas sehingga disebut aureate pearls.


Kandungan Boba Drink


Selain rasanya yang nikmat, boba punya segi lain yang disoroti yaitu kandungan kalorinya. Segelas boba potable mampu mengandung lebih dari l gram gula dan belum tergolong tepung tapioka yang mengandung banyak kalori. Jumlah kalori dalam segelas milk tea dan boba diestimasikan bisa mencapai 300 kkal!


Hal ini terasa ironis kalau daripada sepiring nasi yang hanya mempunyai sekitar 180 kkal saja. Kaprikornus, segelas boba bisa menyantap jatah makan nasi sebanyak satu sampai dua piring. Padahal, batas konsumsi gula yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan ialah 50 gram saja, atau sekitar empat sendok!


Untuk itu, tak sedikit pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminimalkan konsumsi boba. Jika disantap secara berlebihan, boba drink bisa mengganggu sistem pencernaan hingga menyebabkan penuaan dini.


Sepiring boba black pearl.
Black pearls atau boba yang rasanya bagus dan cocok dijadikan topping milk tea. (Foto: Shutterstock)

Popularitas Boba Drink


Ada aneka macam gerai boba drinkable di Taiwan. Kompetisinya pun cukup sengit alasannya minuman ini digadang-gadang sebagai minuman nasional negeri pulau tersebut. Tahun ninety-an, minuman ini masuk ke Amerika Serikat dan menjadi terkenal di sana. Meskipun trennya sempat turun, tren kembali naik di tahun ini alasannya adalah penemuan berbentukpenggunaan chocolate-brown saccharide dalam minumannya.


Sejumlah gerai boba asal Taiwan dan People's Republic of China sekarang dibuka di Indonesia. Antusiasme orang Indonesia juga tak kalah tinggi, antrian para pembeli boba mengular dari ketika jam mall gres buka. Padahal, racikan boba punya kemiripan dengan salah satu minuman tradisional Indonesia yaitu es cendol. Bedanya, es cendol menggunakan santan pada minumannya dengan topping cendol yang terbuat dari tepung beras dan daun pandan.


Jadi kalau kau, lebih senang boba atau es cendol?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel