Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tak Pahit

Di antara banyak hidangan berbahan dasar sayur di Indonesia, daun pepaya adalah opsi yang menawan. Meskipun demikian, olahan daun pepaya terkadang jadi tantangan alasannya adalah cita rasa yang pahit. Inilah yang kadang menjadikan kita menentukan untuk menghindari memanfaatkan daun pepaya yang kaya nutrisi.


Dari segi nutrisi, ada kandungan vitamin A, B1, C, serta poly peptide maupun kalsium. Untuk menyiasatinya rasa tidak yakin ini, ada kok ragam cara mengolah daun pepaya semoga tidak pahit yang bisa kita coba sendiri.


Cara mengolah daun pepaya supaya tidak pahit


Persiapkan diri dengan menentukan carte du jour yang sempurna dan berbelanja bahan-bahan yang segar. Selanjutnya, gunakan beberapa bahan yang mudah didapatkan, mulai dari garam hingga asam jawa. Saat sukses, maka ragam resep daun pepaya pun jadi lebih yummy.


Yuk, kita intip v triknya berikut ini!


1. Meremas daun pepaya dengan garam


Untuk menetralisir rasa pahitnya, jadikan garam sebagai kunciannya. Caranya tidak terlampau sukar, cukup remas daun papaya memakai garam seperlunya.


Remas-remas daun pepaya dengan lembut sehingga teksturnya tidak hancur. Diamkan selama sekitar lima menit sampai garam meresap. Gunakan daun pepaya di banyak masakan Manado ataupun gulai daun pepaya khas Padang yang yummy rasanya.


ii. Menggunakan kapur sirih


Selain garam, kapur sirih juga mampu jadi bab dari cara mengolah daun pepaya supaya tidak pahit. Kapur sirih memang tidak gampang ditemukan, tapi kita mampu menerimanya di pasar tradisional. Harganya juga terjangkau.


Cara menggunakannya tak berlainan dengan garam. Remas-remas daun pepaya dengan kapur sirih dan pastikan daunnya tidak hancur. Tunggu sekitar lima menit sebelum daun pepaya diolah dengan resep berikutnya.


3. Rebus dengan asam jawa


Dua buah asam jawa yang masih melekat dengan daunnya sebagai cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit.
Asam jawa selaku alternatif penghilang rasa pahit dari daun pepaya. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah daun pepaya supaya tidak pahit juga bisa menggunakan asam jawa. Bahan yang umum dipakai dalam masakan Republic of Indonesia ini tidak hanya menghilangkan rasa pahitnya, namun memperkaya aromanya.


Rebus daun pepaya terlebih dahulu sebelum ditumis. Masukkan sekitar lima biji asam jawa pada air rebusannya. Tunggu sebentar hingga daun matang, gres sesudahnya, kita olah sesuai resep yang dikehendaki.


iv. Rebus dengan daun jambu


Beberapa lembar daun jambu di atas piring kayu.
Rasa pahit daun pepaya dapat dikurangi dengan daun jambu. (Foto: Shutterstock)

Trik selanjutnya ialah dengan memakai daun jambu. Kandungan fenolik (tannin) pada daun ini mampu mengikat alkaloid pada daun pepaya sehingga mampu menetralisir rasa pahitnya. Pertama, remas-remas daun pepaya dengan daun jambu. Kembali pastikan daunnya tidak hancur. Kemudian, rebus daun pepaya dan daun jambu secara bersamaan. Tak perlu menunggu lama, angkat daun pepaya dan tiriskan.


Selain daun jambu, kita juga bisa memakai daun singkong. Cara mengolahnya sama persis dengan daun jambu. Perbandingannya yakni satu berbanding dua, yaitu satu daun pepaya dua daun jambu dalam satu panci.


5. Rebus berkali-kali


Tak punya materi-materi di atas? Cara mengolah daun pepaya supaya tidak pahit yang terakhir ialah dengan merebus daun pepaya berkali-kali tanpa tambahan apapun. Bagaimana caranya?


Pertama, masukkan daun pepaya pada rebusan pertama, angkat dan tiriskan. Ganti airnya, lalu rebus kembali daun pepaya. Begitu seterusnya sampai daun pepaya lebih empuk dan matang. Rasa pahit daun pepaya akan larut dalam air dan terbuang.


Satu keunggulan lainnya dari buah pepaya, daunnya juga mengandung enzim papain untuk melancarkan metode pencernaan. Kandungan seratnya juga dapat membantu menurunkan lemak dan kolesterol. Menjadikan daun pepaya untuk carte dietmu pun bisa jadi ilham yang baik!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel