Cara Mengasah Pisau Agar Memasak Semakin Mudah

Sudahkah kamu mengetahui cara mengasah pisau yang baik dan benar? Masak masakan dengan pisau tumpul lebih memerlukan waktu, tenaga ekstra, dan lebih beresiko. Selain pastinya proses memangkas bahan masakan menjadi tidak rapi. Agar hal itu tidak terjadi, tentukan kau mengetahui cara mengasah pisau dapur yang benar.


Sebelumnya, tim MAHI sudah menyebarkan tujuh jenis pisau yang memiliki fungsi berlawanan. Jika kamu sudah memiliki berbagai jenis pisau, tentu kamu ingin biar pisau-pisau itu tetap tajam dan terawat. Semakin sering digunakan, ketajaman pisau tentu takkan sama mirip dikala kita membelinya. Bagian bilah pisah pasti akan lebih tumpul dan butuh diasah agar kembali tajam.


Ada beberapa cara mengasah pisau yang mampu kamu pilih, mulai dari cara klasik hingga menggunakan alat mod. Berikut yakni ulasannya.


1. Menggunakan kerikil asah


Mengasah pisau dengan batu asah.
Batu asah populer sebagai salah satu cara mengasah pisau. (Foto: Shutterstock)

Cara mengasah pisau yang paling populer di Republic of Indonesia yaitu dengan memakai kerikil asah. Biasanya, kerikil asah ini dijual di pasar tradisional. Batu asah berbentuk segi empat panjang dengan ketebalan 3-5 cm.


Cara mengasah pisau menggunakan alat ini cukup sederhana. Pertama, rendam dahulu kerikil asah sebentar saja. Fungsinya yakni sebagai pelumas alami. Kemudian siapkan ganjal di bawah watu asah semoga tidak licin dan bergeser dikala kamu sedang mengasah. Kamu bisa memilih lap dapur sebagai alasnya dan asah pisau dapurmu secara perlahan dengan gerakan mirip mengoles mentega.


ii. Menggunakan mug


Tidak punya batu asah di rumah? Kamu bisa mempergunakan mug atau gelas berbahan keramik untuk mengasah pisau dapur. Caranya pun cukup sederhana. Pertama, gunakan bagian bawah mug, tepatnya pada garis ujung mug yang lazimnya berupa melingkar dan terlihat bergairah. Selain mug, kau juga mampu memakai bagian belakang mangkuk.


Asah pisau pada bab belakang mug yang bergairah tersebut dengan posisi miring xv derajat. Lakukan sampai pisau menjadi lebih tajam. Cara ini bisa kau pilih di dikala darurat, seperti contohnya ketika sedang berlibur di penginapan.


three. Menggunakan alat asah otomatis


alat asah otomatis atau knife sharpener
Ada beragam macam alat asah otomatis yang mampu kamu coba. (Foto: Shutterstock)

Butuh cara yang lebih efektif dan cepat? Kini telah tersedia aneka macam jenis alat asah instan. Alat tersebut terkenal dengan nama knife sharpener atau knife grinder. Bentuknya cukup beragam. Pastikan kau memilih produk dengan textile bermutu sebab sekarang sudah banyak alat pengasah otomatis tiruan yang kualitasnya kurang anggun.


Alat asah instan umumnya menggunakan daya dari baterei atau listrik sehingga mampu bergerak secara otomatis. Beberapa produk juga menyediakan fungsi asah untuk alat lain mirip gunting dan obeng. Harganya bermacam-macam dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.


four. Menggunakan honing steel


Sepintas, alat ini tidak mirip pengasah pisau. Bentuknya lebih mirip obeng, alasannya adalah panjang dan memiliki gagang. Honing steel pun terkenal dengan istilah sharpening steel, alasannya yang dibuat dari baja dan diperuntukkan untuk mengasah pisau.


Seorang chef mengasah pisau dengan honing steel
Alat asah yang satu ini kerap dipakai oleh chef. (Foto: Shutterstock)

Alat ini umumnya digunakan oleh para chef untuk mengasah pisau dapurnya. Tak hanya dibuat memakai materi dasar baja, honing steel juga banyak yang yang dibuat dari keramik.


v. Memanggil tukang asah keliling


Terakhir, kau juga mampu memakai cara paling uncomplicated, yakni memanggil tukang asah. Di beberapa kawasan, ada banyak tukang asah keliling. Atau kau juga mampu menemukan tukang asah yang lazimnya menanti pelanggannya di pasar tradisional.


Biasanya tukang asah keliling memakai alat asah yang digerakkan secara manual. Karena mereka sudah terbiasa mengasah pisau, mereka melakukannya dengan relatif cepat. Kita cuma perlu mengeluarkan uang jasanya saja. Ini cara efektif untuk kau yang tidak mempunyai alat asah sendiri.




Dari kelima cara mengasah pisau di atas, cara mana yang menurutmu paling mudah? Jangan lupa untuk memikirkan jenis dan mutu pisaumu, ya! Jangan sampai, pisaumu rusak sebab memilih cara mengasah yang salah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel