5 Cara Menghilangkan Aroma Tanah Pada Ikan Air Tawar

Olahan ikan tawar seperti bawal, mujair, dan lele sudah sangat lazim kita santap. Meski tak segurih ikan laut, ikan air tawar bertekstur padat dan punya rasa yang khas. Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan ikan maritim.


Namun sayangnya, ikan air tawar condong anyir tanah atau busuk lumpur. Untuk itu, proses pengolahannya harus diamati, biar ketika disajikan telah tak ada lagi bacin yang mengusik. Setidaknya ada lima cara sederhana untuk menetralisir bau tanah pada ikan tawar. Berikut ulasannya.


ane. Buang jeroan


Salah satu sumber busuk pada ikan yakni jeroannya. Untuk itu, ketika membersihkan ikan, tentukan untuk mengambil jeroan dari dalam perutnya. Jika berbelanja ikan di pasar tradisional, kita bisa meminta penjual ikan untuk membersihkan sisik sekaligus memisahkan jeroannya. Jika tak ingin membuangnya, jeroan masih mampu diolah, kok. Kamu mampu menggorengnya hingga kering, atau dijadikan sebagai pepes.


ii. Lumuri dengan air jeruk nipis


Popularitas jeruk nipis selaku penetralisir bau telah bukan diam-diam lagi. Jeruk nipis mampu dipakai untuk menetralisir amis pada daging-dagingan, cumi, sampai ikan air tawar. Kekuatannya dalam menghilangkan bau wangi atau bacin lumpur dinilai lebih ampuh dibandingkan jeruk lemon, alasannya jeruk nipis punya anyir yang lebih berpengaruh.


Pertama, masukkan air perasan jeruk nipis bareng sedikit air dan garam dalam wadah. Kemudian masukkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam wadah tersebut. Diamkan kurang lebih selama 20 menit, setelah itu cuci kembali hingga higienis. Tekstur ikan akan lebih kesat, tampaksegar, dan tidak amis bau.


three. Lumuri ikan air tawar dengan garam


Bubuk garam pada sendok kayu dan tercecer hingga ke bawah.
Garam mampu dipakai untuk menetralisir busuk lumpur pada ikan air tawar. (Foto: Shutterstock)

Jika sedang tidak ada stok jeruk nipis, kita bisa memanfaatkan garam untuk menghilangkan anyir tanah pada ikan tawar. Langkahnya seperti dengan dua poin di atas. Bersihkan ikan apalagi dahulu, buang jeroannya, kemudian lumuri dengan garam hingga merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian, bersihkan kembali ikan pada air mengalir. Bau anyirnya akan menyusut dan ikan siap dibumbui.


iv. Lumuri dengan mentimun


Selain memakai jeruk nipis, kita juga bisa memanfaatkan mentimun untuk membersihkan ikan. Mentimun mempunyai kandungan yang dapat menetralisir bau. Tak heran, bila mentimun sering dipakai untuk menetralisir bau verbal. Untuk mengenyahkan bacin lumpur, kita bisa melumuri seluruh permukaan ikan yang sudah dibersihkan dengan cacahan mentimun. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas kembali hingga higienis.


five. Rendam dalam susu


Air susu putih digunakan untuk merendam ikan air tawar.
Susu segar mampu menetralisir busuk tanah pada ikan. (Foto: Shutterstock)

Bahan alami yang lain yang bisa kita pilih yaitu susu cair atau UHT. Susu mengandung kasein yang dapat mengikat trimetilamin oksida, zat kimia yang menimbulkan amis pada ikan tawar. Kita bisa merendam ikan yang sudah dibersihkan dengan susu apalagi dahulu sebelum kita bumbui. Rendam selama kurang lebih xxx menit. Kemudian, bilas ikan hingga bersih. Tak cuma menetralisir amis anyir, susu juga akan menyuntikkan rasa gurih pada ikan.


Sekarang, tak perlu ragu lagi untuk mengolah masakan ikan tawar di rumah. Dari ikan mujair hingga ikan bawal, mana yang kamu suka?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel