Tips Menyiapkan dan Merancang Menu Masakan untuk Seminggu

Sulit meluangkan waktu untuk memasak sebab terlalu sibuk? Tidak bisa disangkal, mengolah masakan memerlukan waktu yang tak sebentar. Mulai dari menyiapkan bahan kuliner hingga mengolahnya, apalagi jikalau resep bill of fare masakan yang dipilih cukup kompleks.


Namun, tantangan tersebut tak datang tanpa solusi. Kita bisa menyiapkan carte masakan dari jauh-jauh hari. Istilah populernya adalah repast prep, yang merupakan kependekan dari meal preparation.


Persiapan bill of fare kuliner rupanya bisa dikerjakan untuk rentang satu minggu. Bagaimana cara melakukannya dan apa saja sih yang perlu diamati? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Tentukan carte du jour masakan


Sebelum membeli materi kuliner, tentu kita perlu tahu hidangan kuliner yang mau dibentuk. Jika kita mengolah makanan untuk sekeluarga, tanyakan juga terhadap anggota keluarga card apa yang mereka inginkan. Buat daftar hidangan untuk mengenali bahan-materi yang dibutuhkan dan pelajari kesukaan mereka.


Meskipun demikian, masakan setiap harinya tak mesti berlawanan banyak, kok. Untuk yang baru mengawali, tak perlu terlalu ambisius dalam menentukan bill of fare jikalau dirasa memberatkan. kita mampu mengulang carte yang serupa untuk beberapa hari, begitupun dengan mengendalikan tingkat kesulitannya. Kombinasikan resep simpel dengan resep yang agak rumit sehingga waktu mengolah masakan lebih terkendali.


2. Hitung jumlah bahan kuliner


Tangan perempuan memasukkan potongan buncis ke dalam food container.
Perhitungkan jumlah bahan masakan biar tidak kurang ataupun terbuang. (Foto: Shutterstock)

Setelah mengetahui materi makanan apa saja yang perlu dibeli, perhitungkan juga kuantitasnya. Esensi dari rancangan repast prep ialah tidak berlebihan. Pastikan takarannya sesuai dengan takaran makanan selama tujuh hari.


Takaran bahan masakan juga bergantung pada berapa anggota keluarga di rumah. Biasanya, meal prep dapat lebih gampang diaplikasikan pada keluarga kecil dengan jumlah takaran yang tak banyak. Namun, bila anggota keluarga di rumahmu cukup banyak, tentukan untuk mempunyai wadah yang biar besar untuk menyimpan materi makanan.


iii. Tidak sembarang mencuci sayur dan daging


Ketika materi-bahan sudah hingga di dapur. Tugas kita berikutnya adalah memilah sayuran, rempah, dan daging-dagingan. Kita bisa memotong sayuran sesuai dengan carte yang hendak dibentuk. Namun, semestinya jangan dicuci dulu sebab akan cepat layu.


Begitupun dengan daging sapi atau daging ayam. Setelah dipisahkan, kita mampu memotongnya namun tidak mencucinya. Ini dikarenakan air akan menciptakan basil lebih menyebar. Mencuci daging sapi apalagi dulu sebelum disimpan di lemari es juga akan membuat teksturnya berubah sesudah diolah.


Namun, jika ingin proses memasak lebih praktis, bisa saja kita mengungkep daging dan ayam terlebih dahulu. Tujuannya yakni semoga tekstur daging empuk saat dimasak di hari yang berbeda.


four. Persiapkan wadah yang sempurna


Empat mason jar besar berisi potongan sayuran, salah satunya terbuka.
Glass jar seperti ini juga mampu jadi opsi kondusif untuk menyimpan kuliner dalam waktu usang. (Foto: Shutterstock)

Pemilihan wadah untuk menyimpan masakan juga tak kalah pentingnya. Kita mampu menggunakan food container berbahan plastik, keramik, atau kaca dengan epilog rapat. Jika menggunakan bahan plastik, pastikan untuk menentukan wadah dengan label bebas bisphenol-A (BPA-Free) dan opsional, approved past FDA (Food in addition to Drug Administration dari Amerika Serikat).


Bahan plastik tidak seluruhnya kondusif dan ada berbagai macam yang cuma mampu digunakan sekali saja. Jika digunakan berulang dalam jangka waktu panjang, bahan plastik bisa mengeluarkan senyawa karsinogen atau pemicu kanker untuk badan.


5. Ide card masakan sepekan


Untuk yang masih kebingungan memasak apa untuk seminggu, ada beragam resep yang mampu didapatkan di laman MAHI. Kombinasikan protein, serat, dan karbohidrat dengan sebanding.


Misalnya saja, untuk hari Senin kita mampu memasak ayam goreng mentega dipadukan dengan tumis buncis udang dan perkedel jagung. Menggunakan bahan yang serupa, kita mampu menentukan resep ayam sambal matah dengan semur sayur campur. Pilihlah poly peptide dan sayuran sesuai kebutuhanmu dan Masak Apa Hari Ini akan memberikan solusinya.


Memang, diperlukan 2-iv jam dalam satu hari untuk mempersiapkan bahan kuliner untuk satu minggu. Namun, dengan antisipasi yang matang, acara sehari-hari jadi lebih mudah, bukan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel