Perbedaan Cara Menggunakan Blender dan Juicer yang Perlu Diketahui

Cara memakai blender dan juicer itu ternyata ada perbedaannya lho. Keduanya merupakan perkakas dapur yang memiliki bilah pisau yang berfungsi menghaluskan buah dan sayuran. Begitupun keduanya juga mengharuskan kita memotong kecil semua bahan masakan yang hendak dilumatkan.


Sekilas seperti, ternyata keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini meliputi bentuk, cara menggunakan, hasil olahan, sampai cara membersihkannya. Untuk detil perbedaannya, yuk kita cari tahu di bawah ini!


1. Perbedaan bentuk


Blender berisikan dua bagian yang terpisah yaitu mesin dan tabung dengan pegangan. Tabung blender ada yang terbuat dari kaca atau plastik. Bilah pisau blender terletak di bagian tabung ini, lalu ada penutup tabung dan sendok pengaduk sebagai pelengkapnya.


Sedangkan bentuk juicer relatif lebih besar dibandingkan blender. Pasalnya juicer terdiri dari tabung yang terbagi dua bagian adalah tabung sari masakan dan wadah ampas. Tabung ini dilengkapi dengan tongkat untuk mendorong bahan makanan. Selain itu, tabung juga dilengkapi dengan saringan yang berfungsi untuk memisahkan sari kuliner dan biji atau kulitnya.


ii. Cara memakai blender dan juicer


Seorang wanita tengah menggunakan blender untuk sayur dan apel.
Beragam opsi kecepatan bisa dipilih sesuai keperluan dikala menggunakan blender. (Foto: Shutterstock)

Fungsi utama blender adalah menghancurkan dan mencampur. Selain itu, cara menggunakan blender cukup gampang alasannya adalah kita mampu sekaligus memasukkan lebih dari ii jenis buah atau mencampur buah dengan sayuran dalam satu kali proses. Tambahkan cairan seperti air atau susu bahkan es kerikil untuk membuat lebih mudah proses menghaluskan bahan makanan.


Setelah semua bahan lengkap, tutup tabung blender. Nyala dan atur kecepatan mesin sesuai dengan tekstur minuman atau masakan yang diharapkan. Umumnya, ada 3 tingkat kecepatan yang dimiliki blender. Semakin tinggi kecepatan yang diseleksi, maka kian halus tekstur yang diperoleh.


Sedangkan fungsi utama juicer yakni memeras bahan masakan dan memisahkan ampasnya. Olahan yang dihasilkan oleh juicer disebut dengan jus, yaitu sari buah atau sayuran tanpa ampas (serat). Untuk menggunakannya, masukkan satu per satu potongan buah atau sayur ke tabung. Juicer tidak memerlukan cairan untuk prosesnya, cukup dorong dengan tongkat semoga semua bahan masuk ke pisau dan saringan. Secara otomatis sari kuliner dan ampas terpisah ke kanal masing-masing.


3. Karakteristik penggunaan


Berbagai jenis buah dan sayuran yang berserat halus mampu dilumatkan dengan blender. Misalnya saja pepaya, melon, tomat, semangka, romaine lettuce, dan mentimun. Sedangkan juicer sebaiknya untuk buah dan sayur yang berserat berangasan seperti nanas, apel, wortel, seledri, hingga brokoli.


iv. Hasil yang diperoleh


Pressed juicer mengeluarkan jus wortel ke dalam gelas bening dengan wortel utuh di belakangnya.
Hasil dari juicer yaitu sari sayuran yang cair dan terasa ringan karena tidak ada ampasnya. (Foto: Shutterstock)

Minuman yang dihasilkan dari blender disebut smoothies yang mengandung sari dan serat buah atau sayuran. Smoothies terasa lebih padat, kental, dan kita masih mampu merasakan buliran maupun serat halus dari materi-bahan kuliner yang dihaluskan.


Sedangkan minuman yang dihasilkan dari juicer lazimnya disebut dengan jus. Lebih ringan dan cair dikarenakan cuma mengandung sari murni (ekstrak) dari bahan kuliner yang dihaluskan. Kita pun tidak akan merasakan serat yang tertinggal dari buah atau sayuran yang dijus.


five. Cara membersihkan


Ternyata, tidak sulit membersihkan blender. Pertama, tuang air ke dalam tabung, tutup, lalu nyalakan blender. Proses ini membersihkan sisa-sisa kuliner yang menempel di sudut tabung dan mata pisau. Buang airnya, lalu basuh tabung dengan spons dan cairan pembersih. Keringkan, simpan blender dengan keadaan tertutup dan kering.


Untuk juicer, kita memerlukan waktu lebih lama untuk membersihkannya. Selain tabung dan dua salurannya, kita juga mesti membersihkan saringan di dalam tabung. Langkah pertama, rendam di dalam air hangat sekitar five menit untuk meluruhkan sisa-sisa bahan masakan yang menempel. Lalu cuci dengan spons dan cairan pembersih. Terakhir, bilas dengan air dan keringkan.



Satu tips lagi yang mampu kita praktikkan adalah basuh higienis sayuran yang hendak dihaluskan dengan blender atau juicer. Kupas dan buang biji dari buah yang digunakan untuk menghalangi rasa pahit.


Tidak susah bukan membedakan cara menggunakan blender dan juicer? Selain ini, kita juga bisa membedakan fungsi beragam pisau dan mengenal seven perlengkapan modern untuk dapur yang bisa memudahkanmu berkreasi di rumah.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel