Inilah 5 Jenis Roti Internasional yang Juga Populer di Indonesia, Sudah Tahu Bedanya?

Jika dahulu kita hanya mengenal roti tawar dioles mentega untuk sarapan di pagi hari, kini ada lebih banyak jenis roti yang tersedia di pasaran. Roti-rotian memang bukanlah masakan tradisional Indonesia, tetapi roti sudah hadir semenjak zaman baheula. Pengaruh ini dahulunya dibawa oleh bangsa Belanda.


Banyak sumber menawarkan bergotong-royong roti mulanya didapatkan di daerah Mesir sekitar 12 ribu tahun yang kemudian. Kala itu, masyarakatsetempat mengonsumsi gandum secara langsung. Kemudian, mereka memperoleh cara gres yaitu dengan mengolah gandum dan air sehingga menjadi pasta dan dikeringkan. Dan voila, jadilah roti, yang masa itu tentu tidak seempuk sekarang.


Seiring perkembangan zaman, roti-roti yang khas hadir di beragam negara – mulai dari Prancis, Italy, dan Republic of India. Serunya, beragam jenis roti dari negeri-negeri ini telah banyak dijual di Republic of Indonesia. Sebut saja dari roti prata hingga ciabatta. Sebelum membeli, kita cari tahu dahulu apa saja bedanya, yuk?


one. Jenis roti Baguette


Roti berbentuk panjang seperti tongkat ini sangat umum kita lihat di celluloid-film Barat. Di Prancis dan beberapa negara di Eropa lainnya, baguette disantap selaku kuliner sehari-hari. Roti dengan panjang sekitar 65 cm dengan diameter 5-half dozen cm ini punya tekstur renyah, meskipun sedikit keras.


Di Prancis, baguette dimakan ketika sarapan atau makan siang. Cara penyajiannya juga mampu beragam. Kita mampu menyantapnya pribadi menggunakan selai. Disajikan sebagai sandwich dengan isian keju dan daging juga jadi inspirasi menarik. Punya rasa yang tawar, jenis roti ini mampu dikreasikan ke dalam ragam resep. Menariknya di Vietnam, baguette dipadukan dengan banyak sekali materi setempat yang menjadikannya unik dan dinamai banh mi.


2. Sourdough


Sourdough berbentuk bulat dan seolah seperti batu. Tekstur kulitnya agak keras, tetapi cukup kenyal dan lembut di bab dalam. Adonannya punya cita rasa lebih asam dan harus dimasak di kawasan berair biar teksturnya sempurna. Untuk itu, sourdough kini kian gampang ditemukan Indonesia sebab iklimnya ternyata cocok.


Kita mampu menyantapnya pribadi bersama selai cokelat atau keju. Selain itu, sourdough juga cocok dijadikan seperti roti isi. Cita rasanya yang sedikit lebih asam dibanding baguette akan menunjukkan kekhasan tersendiri.


three. Ciabatta


Satu roti ciabatta dipotong-potong setengahnya di atas napkin abu dan didampingi buah zaitun..
Jenis roti ciabatta juga cocok dijadikan sandwich. (Foto: Shutterstock)

Jenis roti artisan dari Italia ini juga mulai banyak ditemukan di DKI Jakarta dan kota besar lainnya. Ciabatta pertama kali dibuat oleh seorang baker bernama Arnaldo Cavallari pada tahun 1982 yang tinggal di bersahabat kota Venezia. Sejak tahun 1990-an, ciabatta makin terkenal di Eropa dan sekarang mendunia.


Secara literal, ciabatta diartikan sebagai sandal. Hal ini alasannya bentuk roti ini ibarat sandal raksasa yakni agak pipih, lebar, dan panjang. Layaknya roti-roti Eropa lainnya, ciabatta cocok dijadikan selaku sandwich. Kita bisa memotongnya menjadi dua bab kemudian mengisi bab dalamnya dengan keju, irisan daging, dan sayuran.


iv. Bagel


Dua bagel dipotong bagian tengah dan diisi krim keju.
Bagel cocok dicicipi dengan krim keju. (Foto: Shutterstock)

Varian roti yang lain yang mulai tidak gila di Indonesia yakni bagel. Berbentuk bundar mirip cincin, bagel sekilas mirip donat. Namun, teksturnya jauh berlawanan lho ternyata. Jenis roti yang berasal dari Polandia ini punya tekstur yang cukup keras di bagian luar dan kenyal di dalam.


Untuk menikmati begel, kita mampu memotong bagian tengahnya dan mengisinya dengan krim keju. Inilah cara yang paling populer, ataupun bisa juga disertakan smoked salmon. Tapi kita juga bisa berkreasi dengan menimbulkan bagel sebagai sandwich dengan ragam isian seperti alpukat atau selai kacang.


five. Prata


Beralih dari roti-roti Eropa, roti prata asal Republic of India juga mulai makin terkenal di sini. Ya, roti ini populer sebab nikmat tersaji bersama semangkuk kari kambing. Bentuknya pipih, tetapi punya tekstur yang reyah di bab luar. Roti ini biasanya dibentuk bertumpuk dan jenis roti canai menjadi tipe yang paling terkenal. Padahal sejatinya berasal dari roti prata.


Menariknya, roti prata mampu juga disajikan dengan keju dan cokelat. Rasanya yang netral memang nikmati untuk dipadukan dengan macam-macam cita rasa. Kini, di Republic of Indonesia banyak yang memasarkan roti Maryam yang juga bentuknya sejenis serta dipadukan dengan kuah susu.


Masih banyak jenis roti dari luar negeri lainnya yang juga tenar di Indonesia yang tidak disebutkan di sini. Buat pencinta masakan, mulailah petualangannya dari kelima jenis ini dan berkreasi dengan macam-macam topping-nya, yuk!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel