5 Tips Masak Cepat Tumisan Sayur di Bawah 30 Menit

Pagi hari jadi waktu paling sibuk untuk para ibu, mulai dari menyiapkan peralatan anak sekolah hingga mengolah makanan bekal. Sudah bukan lagi rahasia jikalau para ibu membutuhkan resep kuliner yang simpel. Namun, meski simpel, kita tetap mesti memerhatikan nutrisi makanannya. Siapkan makanan kaya serat seperti tumisan sayur.


Tak perlu cemas, ada bermacam-macam cara mengolah makanan tumisan sayur semoga lebih singkat namun tetap yummy. Kali ini, tim MAHI membuatkan kiat mengolah tumisan sayur dalam waktu kurang lebih 30 menit. Cara ini cocok untuk mengolah masakan di pagi hari. Berikut ulasannya.


one. Pilih sayuran yang mudah matang


Langkah pertama yakni menentukan jenis sayuran yang akan dimasak. Semakin mudah matang, makin cepat proses memasaknya. Beberapa jenis sayuran yang mampu kau pilih yaitu bayam, kangkung, caisim, sawi, dan jamur.


Namun perhatikan juga ketahanan sayuran sesudah dimasak. Bayam dan kangkung condong cepat layu. Sayuran berwarna hijau juga kurang baik jikalau dihangatkan kembali alasannya adalah kandungan kimianya akan bermetamorfosis beracun. Makara, tumisan sayur ini baik dimakan pribadi setelah diolah.


ii. Siapkan materi tumisan sayur terlebih dulu


Tangan pria memotong wortel di atas talenan kayu dan di mejanya banyak sayuran
Potong sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu dan simpan dalam kulkas. (Foto: Shutterstock)

Bagian yang paling usang dari mengolah makanan tumisan sayur biasanya yaitu memotong materi kuliner. Langkah ini bisa kau dahulukan satu malam sebelumnya. Misalnya saja memotong wortel, buncis, dan kangkung. Namun, seharusnya jangan dicuci apalagi dulu alasannya adalah sayuran mampu layu.


Beberapa materi kuliner juga lebih baik dimasak langsung mirip bawang merah. Sebaiknya, bawang merah yang sudah dikupas tidak disimpan di sembarang tempat alasannya adalah akan menyerap kuman di sekitarnya.


three. Pilih resep yang sederhana


Resep juga sangat memengaruhi waktu memasak. Ada ragam resep sayuran yang mampu diolah kurang lebih dari xxx menit, sehingga langkah memasaknya juga tidaklah banyak.


Satu piring cah kangkung dan garpu di sampingnya.
Tumis kangkung yang relatif cepat dimasak. (Foto: Shutterstock)

Pertama, kita siapkan bahan masakan. Kemudian kita tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan protein seperti udang atau suwiran ayam. Baru kita masukkan sayuran, kemudian masak hingga matang. Waktunya tidak lebih dari thirty menit tergantung materi masakan yang diseleksi.


four. Pilih poly peptide yang cepat matang


Selain memilih jenis sayuran, pilih juga protein yang cepat matang. Daging sapi atau kambing cenderung lebih usang matangnya dibandingkan tahu, tempe, ayam, atau udang.


Untukmu yang tidak mempunyai banyak waktu mengolah masakan, sesuaikan resep tumisan sayur dengan protein yang gampang matang. Misalnya saja tumis taoge cumi asin atau tumis sawi suwir ayam.


5. Gunakan bumbu siap pakai


Menggunakan bumbu yang minim alasannya adalah tergesa-gesa akan memengaruhi rasanya. Tentu kita harus mencegah hal tersebut terjadi. Pilih bumbu siap pakai berkualitas terbaik mirip Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi.


Kamu juga bisa membuat bumbu halus, memasukkannya dalam wadah kaca tertutup, kemudian menyimpannya di kulkas semoga awet. Bagi berbagai macam bumbu halus, mirip bumbu kuning, bumbu putih, dan bumbu merah sesuai kebutuhan. Kamu tinggal mencampurkannya ketika memasak sesuai resep yang dibentuk.


Memasak mudah bukanlah sesuatu yang sulit, bukan? Asalkan kita lihai memilah materi masakan dan menyediakan waktu dari jauh-jauh hari. Dikejar waktu di pagi hari, jadi lebih ringkas. Yuk, mengolah makanan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel