5 Masakan Nusantara yang Cocok sebagai Menu Natal Kamu Sekeluarga

Suasana libur Natal sudah terasa, saatnya berkumpul dengan keluarga. Nah, carte du jour Natal apa yang kira-kira akan kau sajikan nanti? Jatuh di selesai tahun yang berudara hambar, menu Natal identik dengan card hangat mirip sup dan olahan daging.


Nah, bagaimana jika kali ini kita sajikan kuliner Nusantara? Ada bermacam-macam kuliner khas Indonesia yang dijamin membangkitkan selera dan gampang membuatnya. Berikut beberapa resep ajuan dari tim Masak Apa Hari Ini!


 i. Resep Sup Kacang Merah selaku Menu Natal


Siapa yang bisa menolak hangatnya semangkuk sup kacang merah? Terinspirasi dari menu mancanegara, makanan dari Sulawesi Utara ini membutuhkan proses cukup panjang untuk melembutkan kacang merah dan daging sapi bagian sengkel. Namun, inilah yang menjadi rahasia kelezatannya selain Royco Kaldu Sapi.


Intip resep lengkap Sup Kacang Merah yang terdiri dari bahan yang sederhana. Jangan lupa sertai bahan pelengkapnya, ya!


2. Resep Ayam Panggang Taoco


Talenan dengan ayam panggang di atasnya.
Ayam Panggang Taoco siap dinikmati untuk carte Natal. (Foto: Shutterstock)

Taoco adalah bumbu fermentasi kedelai yang terkenal di banyak tempat di Indonesia seperti Cianjur, Medan, Riau, dan Pekalongan. Memiliki rasa asin, asam, dan cantik; taoco mampu dipadukan dengan aneka macam makanan, termasuk ayam panggang. Selain taoco, carte ini juga menggunakan bumbu ngohiong, cuka, gula palem, maizena, dan Bango Kecap Manis. Citarasa oriental dari card ini dijamin mampu memeriahkan peringatan Natal bersama keluarga.


Yuk, segera siapkan materi-bahan untuk membuat Ayam Panggang Taoco selaku carte du jour utama Natal.


three. Resep Bistik Daging Khas Solo


Bistik daging alias Selat Solo menyuguhkan daging tumisan dengan sedikit kuah dan sayur perhiasan. Untuk dagingnya, kau mampu memilih bagian has dalam atau pengecap. Marinasi daging dengan merica dan Bango Kecap Manis, lalu diamkan sekitar i jam di kulkas. Sedangkan sayur pelengkapnya terdiri dari kentang, buncis, wortel, dan tomat. Tambahkan juga irisan telur rebus sebagai pelengkapnya.


Sajikan Bistik Daging Khas Solo di meja makan, maka kumpul keluargamu terasa sungguh Istimewa!


iv. Resep Kambing Bakar Khas Gorontalo


Kambing bakar khas Gorontalo di piring cokelat untuk menu Natal.
Kambing panggang, card mewah dan yummy untuk selebrasi simpulan tahun. (Foto: MAHI)

Ide cemerlang untuk menyajikan olahan kambing di libur Natal bareng keluarga. Salah satunya kambing bakar khas Gorontalo yang bercita rasa Timur Tengah. Ada perpaduan rempah mirip jintan, cengkih, kayu manis, dan kapulaga dalam bumbu halusnya. Masak daging kambing sampai bumbu meresap dan kuah mengering. Lalu hidangkan dengan nasi hangat bertabur bawang goreng serta acar mentimun. Dijamin, rasanya meledak di lisan dan akan terkenang sepanjang kurun!


Berikut resep Kambing Bakar Khas Gorontalo yang bisa kamu coba!


5. Resep Gurame Bakar Sambal Colo-Colo


Bisa dibayangkan nikmatnya gurame bakar disajikan sebagai bill of fare Natal. Jika biasanya gurame bakar disajikan dengan sambal kecap, kali ini kita lengkapi dengan sambal colo-colo. Sambal khas dari Maluku ini memperlihatkan rasa pedas, asam, dan segar sekaligus. Rasa pedas ini berjumpa dengan anggun dari gurame bakar berbumbu kecap, dijamin bikin kamu sekeluarga ketagihan menyantapnya.


Sajikan Gurame Bakar Sambal Colo-Colo dengan nasi hangat dan lalapan.


Sudah tahu akan menghidangkan apa saja selaku carte Natal? Jika masih resah, kau bisa menjajal seluruhnya. Selamat menikmati!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel