Penting, Ketahui Cara Menyimpan Ikan di Kulkas dengan Benar

Banyak mungkin yang mengira jika cara menyimpan ikan di kulkas cuma cukup dengan meletakkannya begitu saja. Sebetulnya ini bukan cara yang ideal walaupun terdengar praktis. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dikala permasalahan dapur kita berkaitan dengan simpan menyimpan. Tak hanya daging, sayur, ataupun buah, rupanya ikan juga punya penanganannya tersendiri.


Prinsip dasarnya ialah mengenali apalagi dulu bahwa kulkas lazimnya memiliki suhu yang berkisar di angka iii derajat Celsius. Ketika dia ditaruh begitu saja bersama materi masakan yang lain, apalagi kuliner sisa, maka kualitasnya akan menurun. Bukan berarti ikan tersebut tidak mampu dikonsumsi, hanya saja sudah tidak ideal dipakai untuk kuliner yang umumnya menggunakan ikan mentah. Misalnya saja untuk sushi, sashimi, atau ceviche. Beruntung kita di Republic of Indonesia tidak terlalu punya banyak resep olahan mentah seperti itu. Mungkin cuma gohu ikan saja dari Minahasa dan Halmahera.


Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu diamati soal menyimpan ikan. Ayo, simak ulasannya berikut ini!


i. Cuci ikan apalagi dahulu


Seseorang tengah mencuci ikan sebagai pembuka cara menyimpan ikan di kulkas.
Mencuci ikan sebelum disimpan atau diolah adalah mekanisme penting untuk membersihkannya dari kuman. (Foto: Shutterstock)

Ikan segar seharusnya dicuci terlebih dahulu dan dikeringkan dengan memakai tissue dapur. Hindari memakai air hangat untuk mencucinya, cukup gunakan air masbodoh saja. Manfaatnya mencuci di tahap ini yakni untuk biar membersihkan dari basil yang mungkin menempel saat kita membawanya pulang selepas belanja.


Pastikan juga tangan kita betul-betul higienis dikala melaksanakan pembersihan. Lanjutkan juga dengan memastikan bahwa sehabis dicuci, kita keringkan dengan baik. Adanya berair atau lembab mampu dengan gampang dimanfaatkan bakteri sehingga menimbulkan ikan cepat memburuk kondisinya.


ii. Cara menyimpan ikan dalam kulkas


Kulkas akan menjadi bau jika ikan disimpan tidak dalam kondisi rapat. Gunakan wadah kedap udara ataupun aluminium foil agar materi kuliner lainnya dalam kulkas tidak terkotori. Sebagai alternatifnya, bisa juga kita memakai nada lock bag atau kantung yang mampu kita rekatkan agar mampu tertutup baik.


3. Perhatikan masa penyimpanan


Seseorang tengah mengeluarkan wadah berisi ikan salmon dari kulkas.
Simpanlah ikan dalam wadah yang ditutup rapat. (Foto: Shutterstock)

Setelah mengerjakan dua mekanisme di atas tadi, kita mampu memasukkannya ke kulkas ataupun freezer. Khusus untuk kulkas, maka ikan segar secara biasa sebaiknya segera disantap dalam 2-3 hari. Namun amati juga kondisinya saat akan diolah. Kembali, cara kita mencuci dan menyimpannya, serta kondisi kulkas sendiri besar lengan berkuasa pada kualitas ikan tersebut.


Namun ini lain halnya dengan menyimpan dalam freezer. Karena suhunya yang lebih masbodoh, maka ikan bisa disimpan dalam jangka waktu lebih lama. Meskipun demikian, pastinya akan lebih ideal untuk segera diolah tidak terlalu usang setelah dibeli. Bila kita tetap memutuskannya untuk membekukan ikan, maka sebaiknya jadwalkan untuk mengolahnya tak lebih dari dua ahad. Tujuannya adalah biar nutrisinya masih utuh dan rasanya masih lezat.


four. Jenis ikan dan usang penyimpanannya


Dua hingga tiga hari adalah durasi biasa soal menyimpan ikan dalam kulkas. Tapi kalau kita ingin tahu lebih mendalam lagi, macam-macam ikan ternyata punya abad simpannya masing-masing. Ini dikarenakan mereka mempunyai keadaan tertentu yang membuatnya lebih cepat atau lebih tahan usang.


Misalnya untuk ikan berdaging putih mirip bounding main bass, kakap, dan sejenisnya, ataupun ikan tuna dan juga salmon, cocok disimpan selama three hari atau maksimal v hari. Berbeda dengan ikan yang berlemak mirip mackerel, sarden, atau mahi mahi, maka tiga hari sudah maksimal. Kalau ada di antara kita ada yang menggemari ikan pari, maka mesti dimasak hari itu juga. Ini dikarenakan tubuhnya memiliki konsentrasi urea sehingga akan membentuk amonia seiring berjalannya waktu.


Dengan mengenali cara menyimpan ikan, tentunya tidak ragu lagi untuk membelinya, bukan? Satu poly peptide hewani yang kaya nutrisi ini memang ada kesulitan tersendiri dalam mengolahnya, tetapi bukan bermakna kalah soal rasa dengan ayam ataupun daging. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel