6 Menu Makanan Rumahan yang Cocok untuk Hangatkan Tubuh

Kala badan terasa lelah dan kurang sehat, tak jarang nafsu makan menurun. Padahal, di dikala tersebut tubuh kita memerlukan energi tambahan untuk melawan virus atau kuman yang menyerang. Jika anggota keluargamu ada dalam kondisi ini, sebaiknya suguhkan bill of fare masakan rumahan yang membantu hangatkan badan.


Ada beberapa rempah yang dipercaya bisa menghangatkan tubuh, mirip jahe [ane] dan lada [2]. Rempah tersebut bisa kita olah jadi hidangan yang tak cuma membuat badan lebih segar tapi juga memanjakan pengecap. Yuk, kita simak bill of fare kuliner rumahan apa saja yang mampu kamu coba di dapur!


i. Resep sop daging sapi, kesukaan baru di rumah


Hangatkan tubuhmu dengan sop daging sapi yang yummy. Kamu mampu menggunakan beberapa bagian daging sapi untuk sup. Misalnya saja bagian has dalam yang minim lemak, sehingga cocok untukmu yang ingin mempertahankan berat badan. Namun, jikalau ingin kuah yang lebih gurih, kau mampu menentukan daging bagian sandung lamur, daging iga, sengkel, atau kamu juga bisa menggunakan sumsum dan dengkul selaku bahan kuahnya.


Daging yang mengandung banyak lemak punya tekstur lebih kenyal. Salah satu kunci kelezatan sajian ini ialah merica atau lada. Selain menunjukkan imbas menghangatkan tubuh, mengonsumsi masakan mengandung lada dalam dosis tertentu juga bisa membantu atasi pilek [2]. Lihat materi-bahan lengkap dan cara menciptakan sop daging sapi, hidangkan dengan nasi hangat.


2. Resep sayur daun kelor bening, kaya akan khasiat


Sayur daun kelor bening tersaji dalam mangkuk putih di atas meja.
Yuk, siapkan sayur daun kelor bening yang menyehatkan ini! (Foto: MAHI)

Sayur bening yaitu salah satu masakan yang paling praktis untuk dimasak. Daun kelor yang begitu berlimpah di Indonesia adalah bahan yang sempurna untuk dipadukan dalam kuliner ini. Agar makin nutrisinya, perkaya dengan tambahan labu siam serta jagung pipil. Sup yang sederhana tetapi kaya khasiatnya untuk kesehatan ini ialah opsi sempurna untuk menghangatkan badan.


Biasanya sayur bening memanfaatkan juga beragam sayuran hijau yang cepat matang. Misalnya saja bayam, atau daun katuk yang banyak dikonsumsi ibu menyusui. Meski berlimpah, daun kelor memang belum setenar bayam ataupun daun katuk. Padahal di Bharat maupun Afrika, daun kelor kerap dipakai sebagai obat ataupun dalam masakan. Pastikan untuk mengetahui khasiat daun kelor secara lengkap di Masak Apa Hari Ini dan pelajari resep lengkap sayur daun kelor bening. Yuk, suguhkan yang sehat untuk hari ini!


3. Resep sup ayam makaroni yang hangat


Jika kau menginginkan card masakan rumahan yang lebih ringan dan cepat dimasak, resep sup ayam makaroni ini mampu jadi pilihan sempurna. Agar lebih sehat, kita bisa gunakan ayam kampung. Memang, ayam kampung perlu dimasak lebih lama alasannya adalah daging dan tulangnya tidak seempuk ayam negeri. Harganya pun relatif lebih mahal meski cita rasanya lebih gurih. Rempah yang kita pakai untuk membuat sup ayam tidak banyak.


Bumbu utamanya ialah bawang putih. Bawang putih mampu menolong atasi kelelahan dalam tubuh [3]. Seperti sop daging, kita juga menggunakan lada untuk memperkaya rasa sup ini. Yuk, kita coba membuatnya. Proses menjadikannya tak hingga satu jam, kok!


4. Resep sup krim brokoli yang menyehatkan


Semangkuk sup krim brokoli lezat.
Sup krim brokoli yang mampu dibentuk di rumah. (Foto: Shutterstock)

Coba juga menciptakan sup krim brokoli sendiri di rumah. Tekstur yang kental menciptakan sup krim ayam brokoli ini memperlihatkan tambahan gurih di pengecap. Bagian brokoli yang kita buat untuk resep ini yaitu bagian kuntumnya. Makara pastikan memilih brokoli yang masih segar. Proses menjadikannya juga semakin simpel dengan menggunakan Royco Sup Krim Ayam. Total proses memasaknya hanya sekitar thirty menit saja. Cocok ya untuk dihidangkan ketika sarapan? Yuk, kita simak resep sup krim ayam brokoli!


5. Resep kari bihun khas Medan


Kari Bihun khas Medan tersaji di atas mangkuk putih.
Kari Bihun mempunyai rasa dan kuah yang begitu kaya. (Foto: MAHI)

Saatnya menghidangkan hidangan kaya rempah. Resep yang bisa kamu coba yakni kari bihun, kuliner khas Medan. Masakan dengan kuah kental ini memakai aneka macam rempah, mulai dari kapulaga, cengkih, kayu manis, kunyit, dan jahe. Kamu juga bisa kok mengganti santan dengan susu UHT untuk sajian lebih rendah kolesterol.


Untuk kaldu yang lebih pekat, gunakan ceker ayam ke dalam air rebusan. Adapun untuk topping kari bihun, kamu bisa gunakan ayam suwir yang sebelumnya sudah direbus apalagi dulu. Sudah siap menciptakan bill of fare kuliner rumahan Istimewa ini? Resep kari bihun ini mampu kau racik dalam waktu sekitar satu jam.


six. Resep soto ayam kampung, menu masakan rumahan


Beruntungnya kita hidup di negara yang kaya akan hidangan sup dan soto. Setelah kari khas Medan, kita juga mampu menyuguhkan soto ayam dari banyak sekali kota dari Lamongan hingga Banyumas. Untuk card masakan rumahan yang lebih light, kita bisa hidangkan soto ayam kampung di rumah. Rempah yang kita perlukan untuk bumbunya yakni kemiri, kunyit, lada, serai, dan jahe.


Paduan lada dan jahe dapat menunjukkan kehangatan extra untuk tubuh. Intip resep lengkap soto ayam kampung dan suguhkan dengan nasi hangat, sambal cabai rawit, dan kerupuk. Yum, nikmatnya! Demikian lima carte kuliner rumahan yang bisa kamu coba di rumah. Selamat menjajal !




Referensi:


[one] Keiichiro Sugimoto Hiroaki Takeuchi, Kazuya Nakagawa, dan Yasuhiro Matsuoka. 2018. Hyperthermic Effect of Ginger ( Zingiber officinale ) Extract-Containing Beverage on Peripheral Skin Surface Temperature inwards Women. U.S.A. National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/. (diakses 16 Maret 2019)


[2] Chaitanya Pandit, S. Sai Latha, T. Usha Rani & chiliad. R. Anilakumar. 2018. Pepper as well as cinnamon meliorate common cold induced cognitive damage via increasing not-shivering thermogenesis; a study. https://www.researchgate.cyberspace/. (diakses xvi Maret 2019)


[three] Morihara N1, Nishihama T, Ushijima G, Ide northward, Takeda H, Hayama G. 2007. Garlic equally an antifatigue agent. the States National Library of Medicine National Institutes of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/. (diakses xvi Maret 2019)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel