Tips Sukses Memasak Resep Aglio Olio dan Berbagai Variasinya

Kalau ingin mencoba mengolah masakan pasta sendiri di rumah, mungkin kita cenderung memulainya dengan mencari resep yang mudah. Salah satu di antara sekian hidangan pasta paling mudah ialah resep aglio olio. Tentunya sudah tidak aneh lagi, bukan? Ya, bermodalkan minyak zaitun dan bawang putih saja sudah siap sedia sajian legendaris ini. Namun, ternyata tidak itu saja. Banyak tips dan trik ataupun variasi yang mampu kau pahami lebih jauh di sini!


Esensi dari resep aglio olio


Pasta yang paling lazim digunakan untuk carte ini yaitu spaghetti. Tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin menjajal memakai jenis lainnya, tetapi idealnya bentukan masih mirip mirip mie. Misalnya saja angel hair atau versi spaghetti yang lebih ramping, serta pastinya fettuccine dan tagliatelle yang setipe dengan kwetiau.


Nama lengkap dari resep ini adalah spaghetti aglio e olio. Kadang tidak hanya dua materi itu, sebab ada juga yang menyertakan cabe segar sehingga lebih lengkapnya lagi dinamakan spaghetti aglio, olio e peperoncino. Jangan tertukar dengan pepperoni, ya, walaupun kau bisa saja menyertakan itu juga ke dalamnya sebagai variasi.


Asal mula sajian ini berasal dari Italy selatan, atau tepatnya dari kota Napoli. Sebuah kota yang bangga alasannya warisan budaya kulinernya yang kesohor ke seluruh penjuru dunia. Tak cuma resep aglio olio, kota ini juga dikenal sebagai asal awalnya pizza margherita, spaghetti alle vongole yang menggunakan kerang, zeppole, dan banyak yang lain. Satu anekdot menarik khusus untuk pizza margherita, kota Napoli telah mematenkan resep aslinya sehingga jika memakai cara atau bahan di luar ketentuannya maka dianggap tidak sahih.


Spaghetti disajikan bersama bahan-bahan lainnya.
Resep aglio alio ialah resep pasta dengan paling sedikit materi. (Foto: Shutterstock)

Tips mengolah masakan resep aglio olio


Tentunya tak hanya sekadar tumis menumis saja dan maka jadi sudah spaghetti aglio olio. Agar balasannya sempurna, kita perlu memperhatikan beberapa hal apalagi dulu. Meskipun semua bahan lengkap dan tersaji segar, mampu jadi hasil memasak kita tidak maksimal alasannya adalah melupakan beberapa titik kritis.


Pertama, rebus pasta apalagi dulu dengan menggunakan air yang telah ditaburi garam secukupnya. Prosedur yang seperti biasanya, bukan? Sementara merebuskita bisa mempersiapkan irisan bawang putih dan cabe apalagi dahulu. Panaskan wajan dan tumis bersama minyak zaitun. Perhatikan panas wajan dan penggunaan api karena akan potensial menyebabkan bawang putih gosong. Ini menjadi poin penting biar tidak terdapat rasa pahit dan hitam nantinya saat menikmati pasta.


Setelah pasta hampir siap menuju al dente, pindahkan secepatnya menuju wajan tumisan bawang tadi. Tambahkan sedikit air rebusan dan aduk sampai pasta terlumuri sepenuhnya dengan bumbu. Jangan menanti terlalu lama sampai semua bumbu tereduksi dan menimbulkan pasta menjadi terlalu berminyak. Bila terjadi demikian, maka tambahkan kembali air rebusan spaghetti dan sedikit siraman minyak zaitun.


Selesai telah mengolah masakan resep aglio olio yang paling orisinal. Opsional, kau mampu menambahkan parutan keju Parmesan ataupun irisan daun peterseli. Lakukan kedua hal tersebut sempurna terakhir di ketika pasta akan segera dihidangkan. Namun, kusarankan agar menjajal dahulu apa adanya, sehingga kita bisa mengetahui kelezatan rasa aslinya.


Seseorang tengah merebus pasta spaghetti.
Rebusan pasta ideal yakni pada tekstur al dente. (Foto: Shutterstock)

Variasi resep aglio olio


Kini kita telah mengenali kombinasi rasa aslinya yang hanya memakai bawang putih dan cabe. Maka variasi lainnya yaitu mirip yang sudah kujelaskan tadi, adalah memakai parutan keju serta daun peterseli. Ingin menambahkan poly peptide lain ke dalamnya? Tentu sah-sah saja. Kamu bisa memakai daging asap, sosis, ikan tuna kalengan, ataupun jenis daging yang lain.


Demikian kiat memasak pasti dariku yang bakal menjadi basis teknik untuk jenis hidangan pasta yang lain. Lain waktu, aku akan ceritakan sedikit juga soal pasta carbonara, yang triknya ialah menghindari semoga telur tidak hingga menjadi masak dan mirip telur dadar. See you next time!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel